Corona dapat Serang Jantung Hingga Ginjal, Jangan Diremehin!

Corona dapat Serang Jantung Hingga Ginjal, Jangan Diremehin!

font size A Ǎ

Hingga kini pandemi Covid-19 masih belum usai. Bahkan, subvarian terbaru terus bermunculan seiring berjalannya waktu. Tak hanya soal gejala yang ditimbulkan saja, namun dampak buruk dari virus ini terus dikhawatirkan.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada, karena risiko dari paparan Covid-19 memang nyata adanya. Selain mengganggu saluran pernapasan, tetapi organ tubuh lainnya dapat ikut terkena dampaknya. Dari ujung kepala hingga kaki, Covid-19 lama-lama bisa menggerogoti.

 

 

Covid-19 dapat Serang Hampir Seluruh Organ Tubuh!

Corona dapat Serang Jantung Hingga Ginjal, Jangan Diremehin!

Credit Image - klikdokter.com

Dilansir dari CNN Indonesia, menurut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi meminta masyarakat untuk tetap waspada. Apalagi infeksi virus yang sempat melandai kini kembali meningkat.

Ingat, Covid-19 tak hanya menyerang saluran pernapasan saja, tetapi organ tubuh lainnya. Reseptor dari virus corona ini juga dapat bersarang di saluran cerna, makanya ada gejala diare yang kerap dialami pasiennya.

Selain itu, ketika terjadi badai sitokin, Covid-19 dapat mengganggu organ tubuh vital, seperti jantung hingga ginjal. Untuk tu, tak heran jika ada kondisi gagal ginjal yang tiba-tiba terjadi akibat virus tersebut.

Untuk menghindari risiko buruknya, masyarakat diminta memenuhi cakupan vaksinasi. Mulai dari dosis pertama, kedua, hingga booster. Vaksin memang tak seutuhnya bisa menahan seseorang agar tidak terpapar Covid-19, tetapi setidaknya dapat mengurangi risiko gejala buruk.

 

Untuk itu, Prokes Masih Harus Dijalani

Corona dapat Serang Jantung Hingga Ginjal, Jangan Diremehin!

Credit Image - insider.com

Saat ini, subvarian yang tengah mendominasi kasus positif Covid-19 di Indonesia, yaitu XBB lebih cepat menular. Meski demikian, risiko risiko kematiannya tidak lebih parah dari Omicron aslinya.

Meski disebut memiliki risiko rendah, namun ingatlah bahwa negara belum dapat dikatakan aman dari pandemi Covid-19.

Untuk itu, masyarakat harus tetap waspada agar terhindar dari virus corona dan variannya. Nah, ada beberapa cara pencegahan infeksi subvarian XBB yang tidak berbeda jauh dengan pencegahan Covid-19 varian lainnya, yaitu:

  • Memakai masker dengan benar
  • Menghindari kerumunan
  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun
  • Melakukan testing jika mengalami tanda dan gejala Covid-19 
  • Segera melakukan vaksinasi Covid-19 untuk meningkatkan proteksi terhadap virusnya

 

Menguatkan Imunitas Tubuh Tak Boleh Ketinggalan

Corona dapat Serang Jantung Hingga Ginjal, Jangan Diremehin!

Credit Image - etechgs.com

Selain dengan menjalani protokol kesehatan, masyarakat juga perlu untuk menguatkan kekebalan tubuh, sehingga risiko infeksi Covid-19 berserta subvariannya dapat dihindari. Ingat, imunitas merupakan senjata utama dalam menghalau penyakit, lho!

Optimalkan kekebalan tubuh dengan menerapkan pola makan sehat yang dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Serta, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C sekaligus zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, Covid-19 tak hanya memengaruhi kondisi saluran pernapasan saja, melainkan bisa menyebabkan dampak buruk pada hampir setiap organ tubuh. Untuk menghindari risiko buruknya, tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga kekebalan tubuh, sehingga infeksi virus dapat diminimalisir.

 

 

Featured Image – berita.99.co

Source – cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!