6 Tips Mencegah Serangan Penyakit, Tetap Sehat Hingga Nanti!

6 Tips Mencegah Serangan Penyakit, Tetap Sehat Hingga Nanti!

font size A Ǎ

Siapa di sini yang lagi rentan terkena penyakit? Wah, permasalahan satu ini sepertinya hampir dialami banyak orang, ya. Kalau begitu, sudah saatnya untuk kembali menguatkan daya tahan tubuh agar tak gampang jatuh sakit lagi!

Ketika sakit, aktivitas dan pekerjaan pun dapat terganggu. Hal ini juga berlaku ketika kamu terkena penyakit langganan, seperti flu, batuk, masuk angin, dan diare. Jadi, apa yang dapat dilakukan untuk menghindarinya?

Berikut tips menjaga daya tahan tubuh dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat. Bantu kamu terlindungi dari penyakit, lho!

 

 

1. Rutin Cuci Tangan Menjadi Kunci Utamanya

6 Tips Mencegah Serangan Penyakit, Tetap Sehat Hingga Nanti!

Credit Image - 59mdw.af.mil

Tahukah kamu kalau tangan adalah tempat virus dan bakteri? Yap, dari sini kamu bisa saja tiba-tiba terserang flu, lho. Sebab mikroorganisme penyebab penyakit ada di mana pun termasuk tangan, sehingga kamu perlu lebih sering mencuci tangan.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan ke dalam tubuh.

Cuci tanganlah secara benar, yaitu menggosok seluruh permukaan tangan, jari dan kuku menggunakan sabun dengan waktu minimal 20 detik. Dengan kondisi tangan yang bersih maka kebersihan diri serta kesehatanmu akan terjaga.

 

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Hal lainnya yang harus dihindari, yaitu nyamuk. Untuk itu, kamu sbaiknya rutin membersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit.

Yang bisa kamu lakukan ialah basmi segala tempat berkembang biaknya nyamuk. Bersihkan seluruh celah dan sudut tempat air tersumbat yang membuat air tergenang dan bisa menjadi berkembang biaknya jentik nyamuk.

Selain itu, terapkan juga sistem 3M (menutup, mengubur, menguras) pada perlengkapan yang tidak berguna lagi.

 

3. Mandi dengan Sabun yang Tepat

6 Tips Mencegah Serangan Penyakit, Tetap Sehat Hingga Nanti!

Credit Image - insider.com

Setelah beraktivitas di luar rumah yang harus kamu lakukan ialah segera mandi dengan air hangat dan memakai sabun antiseptik. Selain itu, mandi menggunakan air hangat dapat menghangatkan tubuh yang kedinginan dan mampu menyingkirkan semua kuman.

Sedangkan fungsi dari sabun antiseptik itu sendiri membantu tubuhmu terhindar dari risiko terkena penyakit oleh serangan kuman atau bakteri tak terlihat. Sabun antiseptik juga dapat membersihkan dan melindungi kulit kamu agar terasa higienis serta bersih.

 

4. Pastikan Kamu Sudah Tidur yang Cukup!

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah menjaga kualitas tidurmu. Sebab tidur merupakan waktu di mana tubuh dapat memulihkan seluruh organ setelah beraktivitas seharian.

Sebisa mungkin, kamu harus tidur tepat waktu. Untuk anak prasekolah (3-5 tahun), waktu tidur yang ideal adalah antara 10-13 jam sehari. Kemudian, adapun untuk remaja (14-17 tahun) waktu tidur ideal antara 8-10 jam sehari) dan bagi orang dewasa waktu tidur idealnya sekitar antara 7-9 jam.

 

5. Rajin Berolahraga

6 Tips Mencegah Serangan Penyakit, Tetap Sehat Hingga Nanti!

Credit Image - puregym.com

Aktivitas olah fisik selama musim hujan terbukti memperkuat sistem imunitas, lho. Olahraga merupakan cara sederhana yang bisa kamu lakukan dan dapatkan berbagai manfaatnya. Jadi ada baiknya kamu luangkan sedikit waktu untuk berolahraga mengeluarkan keringat.

Lakukan latihan fisik seperti jogging atau bersepeda selama 30 menit saja sudah cukup kok. Usahakan 5 kali dalam seminggu untuk menangkal serangan penyakit dan mengaktifkan sel darah putih.

 

6. Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Menjaga Imun Tubuh

Kalau kamu sudah menjalani pola hidup bersih dan sehat di atas, maka optimalkan juga daya tahan tubuhmu dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Jangan salah, nutrisi juga berperan besar dalam menguatkan imunitas, apalagi vitamin dan mineral.

Baik vitamin dan mineral dapat diperoleh dengan menerapkan pola makan sehat. Selain itu, agar lebih mudah, kamu juga baiknya mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Apakah akhir-akhir ini kamu menjadi rentan sakit? Yuk, mulai sekarang, terapkan pola hidup bersih dan sehat di atas agar tubuh tetap sehat!

 

 

Featured Image – fimela.com

Source – popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!