Ingin sukses dalam wawancara kerja? Kesalahan ini wajib banget kamu hindari, ya!

Bagi kamu yang baru atau sudah lama berkecimpung di dunia kerja, pasti tahu bahwa proses wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang harus dijalani apabila ingin diterima bekerja di suatu perusahaan.

Jangan dianggap remeh, interview kerja merupakan proses krusial yang akan menentukan kelayakan seseorang untuk maju ke tahap selanjutnya. Memang tidak mudah, kan? Karena, harus dilewati dengan baik dan penuh persiapan.

Sayangnya, tidak jarang pula calon pekerja yang malah gagal diterima kerja, sebab ada berbagai kesalahan yang dilakukan. Apa saja kesalahan tersebut? Berikut ini 6 di antaranya – dan pastikan kamu menghindarinya, ya!

 

 

1. Kurang Yakin – atau Terlalu Gugup dalam Menjawab Pertanyaan

Credit Image - lokerjogja.id

Merasa gugup saat melakukan sesi wawancara merupakan hal yang sangat wajar. Namun, hal tersebut bisa menjadi bumerang tersendiri, sebab akan berpengaruh terhadap setiap jawaban yang akan kamu berikan.

Cobalah berusaha untuk merileksasikan diri sebelum mengikuti wawancara, sehingga tidak terlalu grogi. Gugup yang sulit dikontrol akan membuatmu memberikan jawaban yang justru kurang meyakinkan dan hal ini tentunya akan memengaruhi pertimbangan HRD dalam menerimamu.

 

2. Kurang Jelas dalam Menjabarkan Visi Misi dalam Bekerja

Hayoo, siapa di sini yang masih suka melakukan kesalahan satu ini? Seperti diketahui, ada beberapa pertanyaan seputar dirimu yang mungkin akan dibahas selama sesi wawancara. Salah satunya adalah mengenai visi dan misimu dalam bekerja di perusahaan tersebut.

Meski mungkin dianggap sebagai pertanyaan dasar dan sepele, namun nyatanya tetap sulit dijawab. Tak heran apabila hal ini membuat banyak calon pegawai jadi tidak jelas dalam menjabarkan visi dan misinya, sehingga berisiko mengalami kegagalan.

 

3. Jangan Sampai Kamu Tak Mengetahui Latar Belakang Perusahaan Tersebut!

Credit Image - liputan6.com

Ada satu tugas penting yang perlu kamu lakukan sebelum mengikuti wawancara kerja. Tugas tersebut adalah dengan bagaimana caranya mengetahui dan mengenal latar belakang dari perusahaan yang akan dilamar.

Justru akan sangat disayangkan apabila kamu lupa dalam mengenal perusahaan tersebut, sehingga membuatmu tak bisa menjawab saat ditanya. Hal ini hanya akan membuatmu berisiko ditolak dalam bekerja.

Jadi, jangan sampai kamu melakukan kesalahan ini. Bisa fatal, lho!

 

4. Kurang Mempersiapkan Diri dengan Matang

Sekali lagi, kamu harus ingat bahwa wawancara kerja bukanlah tahapan yang sepele, apalagi kamu juga akan bertemu langsung dengan perwakilan dari perusahaan. Tak heran apabila kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan jelas, termasuk tentang berbagai kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan.

Jika kamu tak mempersiapkan semuanya dengan baik dan justru asal-asalan, maka akan berdampak pada kemungkinanmu dalam diterima. Oleh sebab itu, selalu persiapkan semuanya, sebab tidak ada hasil baik yang berasal dari proses instan.

 

5. Gelagat dan Cara Bicara yang Kurang Baik? It’s a Big No!

Credit Image - cariloker.id

Pada sesi wawancara kerja, pihak perusahaan tak hanya akan memperhatikan CV atau jawabanmu saja. Namun, ada hal-hal lain yang turut diperhatikan seperti gelagat, cara berbicara, hingga attitude, sehingga kamu juga harus menjaga sikap dengan baik.

Tak sedikit calon pegawai yang ditolak, sebab menunjukan gaya bicara dan attitude yang tak sopan. Apalagi jika mereka juga turut berbicara kejelekan mengenai perusahaan tempat bekerja sebelumnya. Maka jelas akan diberikan nilai minus tersendiri.

 

6. Kurang Fokus Saat Menjawab Pertanyaan Wawancara

Yang terakhir, tidak fokus saat menjawab pertanyaan wawancara juga menjadi kesalahan yang wajib banget kamu hindari, lho. Pasalnya, kamu menjadi lebih sulit untuk menjawab pertanyaan dengan baik dan benar, lalu pewawancara pun bingung dengan jawaban yang kamu berikan tersebut.

Untuk itu, sebelum wawancara kerja, pastikan kamu sudah istirahat yang cukup di malam harinya, ya. Kemudian, jangan lupa untuk sarapan sebelum pergi ke lokasi wawancara, sehingga kamu memiliki energi dan perut tak mudah lapar. Dan cukupi juga kebutuhan cairan tubuh.

Pastikan pula kamu datang lebih awal, agar tidak terburu-buru saat di jalan. Terlambat datang juga bisa menjadi faktor konsentrasimu mudah buyar, lho.

Yang terakhir, kamu juga perlu mendapatkan asupan vitamin dan mineral – keduanya berperan penting dalam menjaga energi tubuh. Selain dari sumber makanan bernutrisi, kamu bisa memperolehnya dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Kalau kamu akan melakukan wawancara dalam waktu dekat, ingatlah untuk mempersiapkan diri dengan baik. Lalu, jangan lupa hindari deretan kesalahan di atas!n

 

 

Featured Image – 30menit.com

Source – idntimes.com