Penderita diabetes memang harus pintar-pintar dalam memilih asupan makanan, kan? Pasalnya, salah mengonsumsi justru bisa semakin meningkatkan kadar gula di dalam darah, lho. Selain itu, makanan tepat pun akan membantu menjaga gula darah tetap normal dan stabil.

Menjaga pola makan merupakan hal yang penting dilakukan oleh siapa saja, termasuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan peningkatan gula darah pada penderita diabetes dapat berisiko menyebabkan masalah kesehatan, seperti kelelahan, kerusakan saraf, rentan terkena infeksi dan luka, hingga koma.

Lantas, apa saja sih makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes? Simak informasinya di bawah ini!

 

 

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Credit Image - medicalnewstoday.com

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, belum puas rasanya jika menu hidangan tidak dilengkapi dengan nasi putih. Padahal, bagi penderita diabetes, makanan pokok ini sebaiknya dihindari karena mengandung kadar gula yang tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya.

Selain nasi putih, ada beberapa jenis makanan lain yang harus dihindari agar kadar gula darah tetap terjaga, di antaranya:

  • Roti tawar putih.
  • Makanan yang terbuat dari tepung terigu.
  • Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak.
  • Buah-buahan kaleng yang mengandung banyak gula.
  • Sayuran kaleng yang mengandung garam tinggi.
  • Daging berlemak dan kulit ayam.
  • Produk susu tinggi lemak.
  • Makanan yang digoreng, seperti ayam goreng, ikan goreng, pisang goreng, dan kentang goreng.
  • Makanan dan minuman mengandung gula tinggi, seperti kue, sirop, dan soda.

 

Lalu, Apa Saja yang Baiknya Dikonsumsi?

Credit Image - healthline.com

Tidak hanya dengan mengonsumsi obat-obatan saja, namun diabetes juga perlu ditangani dengan mengikuti pola makan khusus yang disebut terapi nutrisi medis. Melalui terapi ini, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Berikut ini adalah beberapa contoh pilihan makanan yang baik untuk penderita diabetes:

  • Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks pengganti nasi putih, seperti nasi merah, ubi panggang, oatmeal, roti gandum,dan sereal dari biji-bijian utuh.
  • Daging tanpa lemak atau ayam tanpa kulit.
  • Sayuran, seperti brokoli dan bayam, serta diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau dikonsumsi mentah.
  • Buah-buahan segar dan bila ingin mengolahnya menjadi jus, sebaiknya jangan ditambah gula.
  • Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup, atau ditumis.
  • Telur.
  • Produk olahan susu rendah lemak, seperti yoghurt.
  • Berbagai jenis ikan, seperti tuna, salmon, sarden dan makarel, tetapi hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi,misalnya ikan tongkol.

Memang, sebaiknya penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang diolah sendiri. Dengan begitu, kamu pun lebih mudah untuk memantau bahan baku dan bahan tambahan yang digunakan.

 

Terus Terapkan Pola Hidup Sehat dan Aktif, Ya!

Credit Image - rumonsenglishcare.com

Dengan pola makan sehat, olahraga, dan penanganan yang tepat, maka kadar gula darah dapat lebih mudah terkontrol, sehingga risiko terkena komplikasi diabetes pun menjadi lebih rendah. Selain itu, memilih dan mengonsumsi makanan menjadi hal yang harus dilakukan secara teliti, lho.

Untuk menghindari risiko diabetes itu sendiri, kamu dapat memulainya dengan menerapkan pola hidup sehat dan aktif. Misalnya, dengan hal sederhana dahulu, seperti memilih berjalan kaki jika jarak tempuhnya pendek, atau mengagendakan olahraga bersama setiap minggunya.

Selain itu, ubah pola makan dengan membatasi asupan gula, garam, dan lemak. Kurangi juga makanan tinggi karbohidrat karena ujung-ujungnya jadi gula juga. Lalu, kurangi makanan cepat saji atau junk food karena akan menambah timbunan lemak dan membuat berat badan menjadi berlebih.

Yang terakhir, kamu disarankan mencukupi kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Keduanya memang bisa kamu peroleh dari sumber makanan bergizi, namun ini belum tentu bisa mencukupi kebutuhan hariannya, lho. Untuk itu, disarankan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Diabetes menjadi penyakit yang berbahaya, hingga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Untukmu yang menderita penyakit ini, ada baiknya terus hidup sehat dan aktif agar kadar gula darah tetap terkontrol dengan baik. Tapi, gaya hidup sehat tersebut juga wajib diterapkan siapa saja untuk menghindari penyakit berbahaya, ya!

 

 

Featured Image – eatthis.com

Source – alodokter.com