Perlu kamu ketahui bahwa jantung merupakan organ yang memiliki otot dan berperan memompa darah ke seluruh tubuh. Agar fungsinya maksimal, kesehatan jantung perlu didukung dengan menjalani gaya hidup sehat, salah satunya olahraga.

Ketika kamu berolahraga, maka jantung dapat bekerja lebih optimal sekaligus memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Selain itu, jika dilakukan secara teratur, maka olahraga akan membantu membakar kalori, mengurangi kolestrol jahat, menurunkan tekanan darah, hingga menjaga kesehatan pembuluh darah arteri dan lainnya.

Tapi, sebenarnya apa saja sih jenis olahraga yang dapat menjaga kesehatan jantung? Berikut ulasannya!

 

 

1. Aerobik

Credit Image - alodokter.com

Olahraga aerobik dapat meningkatkan sirkulasi, sehingga mampu mengontrol tekanan darah dan detak jantung lebih optimal.

Selain itu, aerobik meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh. Jika olahraga ini rutin dilakukan, maka kamu mendapatkan manfaat lainnya seperti membantu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, serta meningkatkan pernapasan.

Beberapa olahraga aerobik yang bisa dilakukan yaitu jalan kaki, jogging, lompat tali, bersepeda, dan mendayung. Lakukan latihan ini selama 30 menit setidaknya 5 hari dalam seminggu.

 

2. Peregangan

Olahraga jantung yang satu ini berguna untuk meregangkan otot-otot secara perlahan. Dengan meregangkan lengan dan kaki sebelum berolahraga bisa membantu mempersiapkan otot-otot untuk beraktivitas dan membantu mencegah cedera dan ketegangan otot, dan meningkatkan jangkauan gerak jika dilakukan setelah berolahraga.

Namun, jika kamu merasakan sakit di bagian dada, badan terasa lemah, kepala pusing, dan nyeri di dada, leher, lengan, rahang, atau bahu ketika berolahraga, segeralah tanyakan kondisi tersebut pada ahlinya, ya. Kamu juga bisa menanyakan tentang bentuk latihan olahraga jantung apa yang cocok untuk kamu, terutama jika kamu mengidap penyakit jantung.

 

3. Yoga

Credit Image - halodoc.com

Yoga menggabungkan teknik yakni peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Semua teknik tersebut baik bagi jantung. Lakukan yoga secara teratur maka dapat membantu mengurangi tingkat stres yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Dengan kata lain, yoga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

 

4. Tai Chi

Olahraga yang satu ini berasal dari Tiongkok kuno yang didasari pada seni bela diri yang menggabungkan gerakan lambat tubuh yang berirama dengan pernapasan dalam dan konsentrasi. Bila kamu secara rutin melakukan tai chi, maka membantu menjaga kesehatan pikiran dan tubuh, serta kesehatan jantung.

 

5. Zumba

Credit Image - fit19.com

Zumba juga dipercaya sebagai olahraga jantung. Bila kamu melakukan zumba secara teratur, maka dapat membakar 1.000 kalori selama satu jam, asalkan dilakukan dengan benar yaitu bergerak mengikuti irama musik dan membuat jantung memompa lebih cepat.

 

6. Cara Lainnya untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Selain olahraga, untuk menjaga kesehatan jantung, kamu perlu mengimbanginya dengan cara lainnya, seperti:

  • Mampu mengelola stres dengan baik.
  • Tidak merokok atau segera berhenti merokok.
  • Memperbanyak asupan sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, legum, dan ikan berlemak.
  • Menjaga berat badan tetap dalam kisaran sehat.

Dan, untuk menjaga kesehatan jantung, kamu juga dianjurkan rutin mendapat asupan vitamin B kompleks, lebih tepatnya vitamin B1 dan B2 yang memegang peran besar dalam mencegah timbulnya penyakit gagal jantung.

Vitamin B1 – atau dikenal juga sebagai tiamin bekerja dengan membantu produksi neurotransmitter aseltilkolin. Neurotransmitter adalah senyawa kimia yang menyampaikan sinyal pada sistem saraf. Pada persarafan jantung, asetilkolin menyampaikan sinyal antara saraf- saraf dan otot jantung agar jantung selalu berfungsi dengan baik.

Kekurangan asupan vitamin B kompleks ini berpengaruh untuk kesehatan jantung. Detak jantung menjadi tidak teratur sehingga lama kelamaan dapat mengganggu fungsi jantung dan membahayakan kesehatan.

Selain itu, kekurangan vitamin B1 juga dapat menyebabkan penyakit beri- beri. Dampaknya adalah pembesaran jantung, penumpukan cairan pada kaki, peningkatan tekanan pembuluh vena, kerusakan saraf, serta gagal jantung.

Kemudian, vitamin B2 juga berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Meskipun kasus kekurangan vitamin B2 terbilang jarang, dampaknya dapat mempengaruhi berbagai sistem tubuhmu. Gejala akibat kekurangan vitamin ini adalah gangguan kulit, hiperemia – atau kelebihan darah, penumpukan cairan pada mulut dan kerongkongan, masalah sistem reproduksi, serta gangguan pada hati dan sistem saraf.

Untuk mendapatkan asupan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B1 dan B2, kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut – dan rajin minum multivitamin Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas. Dan tentunya, kandungan vitamin B ini dapat membantu menjaga kesehatan jantungmu.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk organ jantung. Yuk, rutin berolahraga agar kondisi tubuh tetap prima hingga tua nanti!

 

 

Featured Image – self.com

Source – halodoc.com