Ada yang beneran produktif, namun ada juga yang sok sibuk. Tapi, apa sih perbedannya?

Sayangnya memang masih banyak sekali orang yang keliru dalam membedakan pengertian antara orang yang benar-benar produktif dengan yang sok sibuk dalam bekerja. Bahkan, orang yang terlihat sibuk disebut sebagai bagian dari produktivitas.

Nyatanya hal tersebut salah besar, lho!

Baik itu memang produktif atau sok sibuk punya makna yang sangat berbeda. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara membedakannya, berikut informasi yang wajib kamu simak sampai habis, ya!

 

 

Memilih Pekerjaan

Credit Image - ilmu-ekonomi-id.com

Saat bekerja, orang yang benar-benar produktif akan menyelesaikan pekerjaannya satu per satu. Tujuannya untuk meminimalisir risiko kesalahan dalam bekerja. Menyelesaikan pekerjaan satu per satu dapat menjaga pikiran tetap fokus, sehingga hasil yang diperoleh bisa maksimal.

Sedangkan orang yang sok sibuk akan menerima dan berusaha menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan kepadanya. Bukannya pekerjaan cepat selesai, malah yang ada konsentrasinya akan terganggu. Risiko kesalahan yang dia lakukan juga semakin besar.

 

Cara Bekerja pun Berbeda, Lho!

Cara seseorang menyelesaikan pekerjaan juga dapat membedakan mana yang produktif dan mana yang terlihat sok sibuk. Orang-orang yang produktif biasanya akan mengkombinasikan kerja keras dan kerja cerdas saat mengerjakan sesuatu. Tujuannya tentu saja agar mereka mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebaliknya, orang-orang yang sok sibuk hanya mengandalkan upaya kerja keras. Jadi, tidak ada inovasi yang mereka lakukan. Orang-orang seperti ini juga cenderung tidak mau mempelajari hal-hal baru untuk menunjang pekerjaan mereka.

 

Standar Bekerja Si Produktif vs Sok Sibuk

Credit Image - intisari.grid.id

Memiliki standar tersendiri dalam bekerja seharusnya ada dalam diri setiap orang. Standar bekerja yang dimiliki oleh orang-orang produktif selalu disesuaikan dengan tujuan hidup yang ingin mereka raih.

Hal tersebut tentu saja tidak berlaku bagi orang-orang yang hanya ingin terlihat sok sibuk. Mereka biasanya hanya terpaku dengan standar kerja orang lain yang mungkin saja tidak sesuai dengan kepribadiannya. Dampaknya membuat pekerjaan mereka mengalami hambatan.

 

Tujuan Bekerjanya

Goals atau tujuan bekerja merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh orang-orang yang produktif. Mereka selalu berusaha melakukan yang terbaik karena ingin berkembang. Bekerja bagi mereka juga menjadi sarana pembelajaran untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi demi meraih impian karier yang lebih baik.

Tapi, berbeda dengan orang yang sok sibuk. Bagi mereka, tujuan bekerja semata-mata hanyalah untuk mendapatkan upah. Sama sekali tidak ada target atau impian yang menjadi tujuan hidup mereka.

 

Kerja Sama dalam Tim

Credit Image - betterup.com

Bekerja sama dalam tim dilakukan agar pekerjaan cepat selesai. Dengan bekerja sama berarti memanfaatkan semua sumber daya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Orang yang sok sibuk merasa bahwa dirinya mampu mengerjakan banyak hal. Mereka pun enggan melakukan kerja sama tim karena besarnya keinginan dianggap bisa menyelesaikan semua pekerjaan. Padahal mereka hanya tampak sibuk semata saja tanpa ada hasil yang memuaskan.

 

Ingin Jadi Pribadi yang Produktif? Lakukan Hal Ini!

Agar kamu menjadi seseorang yang produktif beneran – alias bukan sekedar sok sibuk saja, ada beberapa tips yang patut untuk diterapkan, nih, yaitu:

  • Buatlah jadwal harian
  • Pastikan kamu sudah menerapkan manajemen waktu yang tepat
  • Miliki ruang kerja sendiri biar lebih berkonsentrasi
  • Bangun tidur di pagi hari
  • Sempatkan diri untuk berolahraga dan jangan lupa sarapan, ya.
  • Ketika kurang bersemangat, cobalah temukan motivasimu

Yang tak kalah pentingnya, pastikan kamu menjadi sosok yang produktif dengan tetap memerhatikan kondisi tubuh. Misalnya, miliki energi yang cukup dengan  beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, kamu si beneran produktif atau hanya sok sibuk saja, nih? Diharapkan kamu benar-benar termasuk seseorang yang produktif. Dan untuk menjaga produktivitas harian, kamu bisa menerapkan trik di atas, lho!

 

 

Featured Image – entrepreneur.com

Source – idntimes.com