Saat ini, belajar meditasi tengah digandrungi oleh kalangan masyarakat. Manfaat aktivitas ini pun sudah terbukti secara ilmiah, seperti membantu menjaga kesehatan fisik dan juga mental. Nah, untuk kamu pemula, tips meditasi di bawah ini jangan sampai kelewatan, ya!

Memang terlihat mudah, namun meditasi seringkali terbilang tricky untuk dijalani apalagi bagi pemula. Dikarenakan umumnya orang tak mendapat instruksi yang formal dan tepat mengenai meditasi – dan malah melakukan hal-hal yang menyulitkan untuk hidup secara meditatif.

Agar kamu tepat dalam menjalani meditasi, berikut ini tips yang wajib diterapkan. Simak informasinya sampai habis, ya!

 

 

1. Tekankan Prinsip Hanya Sadar Saja

Credit Image - helpguide.org

Tujuan dari melakukan meditasi sebenarnya adalah hanya sadar saja. Ya, hanya sadar saja secara alamiah. Apa sih maksudnya? Kamu umumnya menjalani hidup dengan kurang sadar. Pikiran terhanyut ke masa lalu ataupun masa depan, kamu tidak benar-benar hadir di saat ini.

Demikian esensi belajar meditasi adalah mengemballikan Kesadaran kita untuk beristirahat menikmati saat ini. Ketika sedang makan, maka sadari saja aktivitas makan.

Ketika sedang minum, sadari saja aktivitas minum. Kemudian ketika kita bernapas, sesekali cobalah untuk menyadari napas. Apa pun aktivitas yang dijalani, ini dapat menjadi media untuk berlatih kesadaran. Apa pun yang sedang terjadi, sadari saja. Itulah meditasi.

 

2. Pendek-pendek Tapi Sering

Ketika bermeditasi, pikiran akan mengembara ke sana kemari. Pengenalan dirimu akan kesadaran tidak akan bertahan lama, itu tidak apa-apa.

Salah satu instruksi yang cukup inti dalam belajar meditasi adalah pendek-pendek tetapi sering. Wajar bahwa pikiran kita akan ke mana-mana. Yang perlu dilakukan adalah kembali menyadari apa yang kita lakukan, meskipun hanya satu detik atau dua detik, tidak apa-apa.

Kamu hanya perlu kembali kepada napas, atau kembali mengistirahatkan batin pada terdengarnya suara. Atau kamu hanya perlu kembali pada proses menyadari bagaimana telapak kaki menempel pada tanah, dan kegiatan apa pun yang sedang berlangsung di saat ini dan di sini.

 

3. Tak Perlu Mengosongkan Pikiran, Kok!

Credit Image - richmond-news.com

Salah satu tips belajar meditasi yang jarang diketahui orang adalah bahwa kamu tidak perlu mengosongkan pikiran. Atau, kamu juga tidak perlu untuk menolak arus perasaan. Justru belajar meditasi adalah sarana bagi diri untuk mengekspresikan secara sadar apa yang perlu diekspresikan oleh batin.

Apabila ada pikiran, sadari saja dan sesekali kembali istirahatkan perhatianmu pada nafas. Bahkan mengistirahatkan perhatian pada pikiran itu sendiri juga boleh. Kamu tidak hanyut kepadanya, justru kamu berpikir secara sadar. Menyadari pikiran sebagai bagian dari arus hidup.

Apabila ada perasaan apa pun yang muncul juga seperti itu. Kamu hanya menyadari saja bahwa perasaan itu muncul. Kamu tidak hanyut kepadanya maupun tidak menolaknya. Menyadari apa adanya di sini dan di saat ini. Melalui berbagai jembatan sederhana seperti menyadari napas, menyadari suara, ataupun menyadari langkah kaki ketika berjalan.

 

4. Dapat Dilakukan Kapan dan di Mana Saja

Salah satu keistimewaan dalam belajar meditasi adalah bahwa keilmuan ini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Benar-benar tidak ada yang bisa menghalangi metode meditasi. Karena meditasi pada esensinya adalah mengenal kesadaran, yakni bagian terbaik dari dirimu yang memungkinkan terjadinya segala pengalaman-pengalaman.

Kuncinya sekali lagi adalah "hanya sadar saja" dan "pendek-pendek tetapi sering". Ketika mengantuk, kamu bisa menyadari proses mengantuk. Ketika capek, juga kita bisa menyadari proses capek yang ada di tubuh. Pada faktanya, itu akan menyehatkan tubuh kita dan merilekskan tubuhmu juga.

Semua kegiatan baik eksternal maupun internal benar-benar dapat digunakan untuk sarana belajar meditasi. Kuncinya hanya menyadarinya saja, dan memang kesadaran itu awalnya tidak akan bertahan lama dan perlu untuk direpetisi sesering mungkin.

 

5. Manfaat dari Meditasi

Credit Image - naturalbody.com

Dengan melakukan latihan belajar meditasi yang sangat sederhana di atas, kamu sebenarnya telah mau untuk menyentuh bagian terbaik dari diri sendiri. Karena esensi meditasi itu adalah mengenal kesadaran. Sedangkan kesadaran inilah yang memungkinkan terjadinya berbagai pengalaman. Kesadaran inilah adalah sumber segala arus energi yang baik seperti cinta kasih dan welas asih.

Selain itu, berlatih kesadaran juga membuatmu membuka ruang yang lebih luas agar tidak terhanyut dengan arus neurotik pikiran dan perasaan. Dengan berlatih kesadaran ada jeda antara arus pikiran dan perasaan, sehingga kamu memiliki pilihan-pilihan yang lebih luas ketika bertindak.

 

6. Optimalkan Kesehatan Fisik dan Mental dengan Cara Ini!

Meditasi dapat membawa manfaat baik bagi kesehatan tubuh, namun untuk memaksimalkannya, pastikan kamu sudah mengimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan, dan rutin memperoleh asupan vitamin dan mineral.

Baik vitamin dan mineral memang bisa kamu peroleh dari sumber makanan bergizi, namun ini belum tentu bisa mencukupi kebutuhan hariannya, lho. Untuk itu, disarankan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

Selain dapat menjaga imun, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi bagi tubuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, yuk, segera klik di sini, ya!

 

Bagi kamu yang pemula dalam melakukan meditasi, jangan khawatir, meditasi bisa menjadi lebih mudah dengan menerapkan tips di atas, lho. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – blog.alomoves.com

Source – idntimes.com