Sudah bukan rahasia lagi kalau anak usia dini berada dalam fase di mana sedang aktif untuk bermain dan bereksplorasi. Moms dan dads, untuk menyalurkan masa aktif Si Kecil, kamu pun bisa memberikannya media belajar – yang bisa dibuat dengan kreasi do it yourself alias DIY.

Bermain sembari belajar dapat melatih motorik kasar dan motorik halus anak, mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan lain sebagainya.

Nah, biasanya, Si Kecil yang berusia 4 sampai 6 tahun sudah bisa memilih mainan sendiri, tetapi moms dan dads pun wajib memberikan mainan yang bisa menjadi media belajar dan mendukung perkembangannya.

Berikut ini media belajar dengan kreasi DIY yang dapat moms dan dads buat bersama Si Kecil. Tenang, bahan dan cara membuatnya mudah ditiru, kok!

 

 

1. Melukis dengan Lem Basah dan Pewarna Makanan

Credit Image - sehatq.com

Kegiatan melukis dapat menjadi media belajar yang bermanfaat mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak. Selain itu, anak akan belajar mengenai berbagai warna yang ada dan warna baru yang muncul dari campuran dua warna atau lebih. Tidak perlu modal mahal, kamu dapat membuat media dan alat lukis bagi Si Kecil dari barang-barang di sekitar.

Cat warna bisa dibuat dari lem basah yang dicampurkan dengan pewarna makanan. Penggunaan cat warna buatan ini lebih ramah anak. Bagian media lukisnya bisa menggunakan lempengan kardus bekas sebagai pengganti kanvas. Anak dapat menggunakan tangannya sendiri sebagai pengganti kuas.

 

2. Bangunan Susun dari Bahan Styrofoam

Moms dan dads, jika kamu memiliki styrofoam bekas alat elektronik atau yang lainnya, styrofoam tersebut bisa dibuat bangunan yang sederhana. Buatlah potongan-potongan yang kemudian harus disusun untuk menjadi sebuah bangunan. Kreasi DIY ini akan membuat anak belajar dalam menyusun sesuatu.

 

3. Puzzle dari Kardus Bekas

Credit Image - jeshitapassat.blogspot.com

Media belajar anak berikutnya yang dapat moms dan dads kreasikan di rumah, yaitu membuat puzzle dari kardus bekas.

Permainan puzzle sangat bermanfaat untuk melatih kecerdasan anak. Anak akan berpikir untuk bisa menyatukan semua puzzle dengan benar. Jika tidak mau membeli, kamu bisa membuat puzzle dari kardus bekas dan alat untuk menggambar.

Buatlah gambar yang sederhana agar pembuatan puzzle lebih mudah. Buat pola puzzle di kardus lalu potong kardus sesuai dengan pola puzzle yang sudah dibuat.

 

4. Karung Goni untuk Menjahit atau Menyulam

Jika mempunyai karung goni yang sudah tidak dipakai, maka gunakan kembali untuk media pembelajaran anak. Karung goni bisa dijadikan kreasi DIY untuk belajar menjahit atau menyulam.

Namun, moms dan dads perlu mempunyai jarum mainan yang terbuat dari plastik yang aman untuk anak-anak. Lalu, gunakan benang wol untuk kegiatan menjahit atau menyulam tersebut. Buatlah pola yang mudah di awal-awal, lalu biarkan anak berkreasi sendiri jika dia lebih senang seperti itu.

 

5. Lakban Berwarna untuk Trek Mobil

Credit Image - universitas123.com

Bagi anak yang menyukai permainan mobil-mobilan, moms dan dads dapat membuatkan trek mobil di lantai dengan lakban yang berwarna. Buatlah trek yang agak luas agar anak bermain lebih bebas dan tidak mudah bosan. Ini bisa menjadi media belajar yang tak kalah menyenangkan, lho.

Fungsi lakban berwarna agar anak-anak lebih antusias ketika bermain mobil-mobilan. Trek mobil ini dapat mengajarkan anak untuk mengikuti sebuah jalan/arus dan belajar belok ke kanan dan ke kiri. Kreasi DIY yang hanya membutuhkan satu alat dan mudah dibuat, tetapi memberikan manfaat yang cukup bagus untuk perkembangan anak.

 

6. Robot Versi Do It Yourself

Bagi anak yang hobi bermain robotik, mainan DIY untuk merakit robot sangat cocok sebagai media belajar dalam mengembangkan kemampuan merakit dan imajinasinya. Meskipun mainan ini lebih baik dibeli secara langsung, tetapi merakitnya tetap dilakukan oleh anak dengan bantuan orang tua.

Jika ingin membuat sendiri, moms dan dads bisa membuat robot dari barang-barang bekas di rumah dan melibatkan anak dalam proses pembuatannya. Namun, hanya robot biasa yang bisa dibuat karena cukup sulit membuat robot rakitan yang bisa lepas pasang seperti di pasaran.

 

7. Menggambar Kaos

Credit Image - pixabay.com

Jika anak kamu hobi menggambar, selain melukis dengan cat warna buatan seperti di atas, menggambar di kaos putih dapat menjadi media kreasi lainnya. Pewarna yang digunakan bisa cat warna buatan atau krayon. Anak akan lebih senang ketika hasil gambarnya bisa dipakai oleh dirinya sendiri.

 

Moms dan dads, itulah berbagai kreasi do it yourself yang dapat dijadikan media belajar Si Kecil di rumah. Aktivitas ini bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas sekaligus potensi anak sejak ia berusia dini, lho.

Jadi, yuk, coba Si Kecil untuk membuat sejumlah kreasi tersebut!

 

 

Featured Image – mediaindonesia.com

Source - yd.blog.um.ac.id