Selain olahraga dan gaya hidup sehat, makanan tentu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Untuk itu, penting untuk selalu memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tidak sedikit orang yang mengira sudah mengonsumsi makanan ‘sehat’, tetapi ternyata makanan tersebut malah masuk kategori makanan tidak sehat, lho.

Lalu, apa saja makanan yang masuk ke dalam kategori tersebut? Yuk, intip ulasannya berikut ini.

1. Energy bars

Credit: runnersworld.com

Makanan yang satu ini sering sekali dijadikan camilan untuk orang yang sedang berdiet atau dikonsumsi sebelum olahraga. Meskipun tidak mengandung lemak, sebagian besar energy bars ternyata mengandung sirup fruktosa dan kandungan pemanis lainnya yang cukup tinggi.

Hal ini membuat energy bars mengandung 300-400 kalori. Wah ternyata tidak terlalu sehat juga ya!

2. Smoothie bowl

Credit: blog.barre3.com

Makanan yang sedang menjadi tren ini sering dianggap sehat karena mengandung berbagai macam buah dan sayuran. Tapi, perpaduan berbagai macam buah ini ternyata bisa menyebabkan reaksi gula yang bisa memicu meningkatnya kadar insulin dalam tubuh.

3. Roti gandum

Credit: merokirana.com

Tidak semua roti gandum mengandung whole grain, bahkan produk yang berlabel “multi-grain” masih bisa mengandung tepung terigu olahan. Gandum olahan sudah melalui banyak proses pabrik, yang menyebabkan makanan ini hanya mengandung karbohidrat yang bisa menaikkan berat badan.

Selain itu, banyak roti gandum yang mengandung minyak hidrogenasi, pemanis buatan, fruktosa, pengawet, dan pewarna.

4. Salad

Credit: aggieskitchen.com

Salad yang terbuat dari sayur- sayuran memang nikmat dan sehat. Namun, yang membuatnya jadi tidak sehat adalah dressing yang kamu gunakan. Misalnya, thousand island atau mayones yang mengandung lemak jenuh, dan malah membuat kalori dalam salad jadi semakin tinggi.

Sebagai gantinya, pakailah minyak zaitun. Walaupun kalorinya lebih tinggi, namun kandungan lemak di dalamnya adalah lemak tak jenuh yang baik untuk pencernaan.

5. Yogurt kemasaan

Credit: grid.id

Yogurt memang baik untuk sistem pencernaan tubuhmu, namun itu jika yogurt yang kamu konsumsi benar- benar alami. Namun sayangnya, sebagian besar yogurt yang dijual di pasaran malah mengandung banyak gula, serta sedikit vitamin dan nutrisi.

6. Susu skim dan rendah lemak

Credit: jawapos.com

Susu skim dan rendah lemak mengandung kalori lebih sedikit, tetapi susu sapi segar mengandung lebih banyak lemak jenuh dan tidak jenuh tunggal yang membuatmu kenyang lebih lama.

Susu skim biasanya juga sudah ditambahkan bubuk susu untuk menyamakan teksturnya dengan susu sapi yang baru saja diperah. Penambahakan bubuk susu ini melibatkan kolesterol yang teroksidasi, yang lebih bisa merusak arteri tubuhmu dibanding kolesterol pada umumnya.

 

Bahkan, susu skim dan rendah lemak dapat mengakibatkan risiko yang lebih tinggi terhadap obesitas anak dibanding susu sapi biasa.

 

Itu tadi enam makanan yang sering dianggap sehat, namun ternyata tidak sehat dan kurang baik untuk tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara terus menerus. Jadi, mulai sekarang kamu bisa mengurangi konsumsi makanan- makanan diatas, dan menggantinya dengan makanan yang benar- benar sehat.

 

Featured Image - kingarthurflour.com