Sebagian besar orang pasti merasa ragu untuk mengonsumsi makanan sebelum berolahraga. Hal ini dikhawatirkan karena takut akan mengganggu pencernaan yang bisa timbul di tengah sesi olahraga hingga kenaikan berat badan.

Padahal, makan sangat penting dilakukan sebelum memulai aktivitas fisik, lho. Karena, tubuh membutuhkan nutrisi sebelum olahraga, terutama di pagi hari ketika gula darah berada pada skor yang rendah.

Untuk memaksimalkan sesi olahraga, dilansir dari Kompas, pakar menyarankan untuk mengisi perut 2-3 jam sebelum berolahraga. Namun, dalam kasus tertentu, kamu boleh makan 40-60 menit sebelum melakukan aktivitas fisik

Tak hanya memerhatikan waktu, tentunya kamu juga harus mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Lantas, apa saja sih makanan yang baiknya dikonsumsi sebelum olahraga? Berikut ini ulasannya.

 

 

Roti dengan Selai

Credit Image - lazzaris.com

Roti yang diisi dengan selai alami atau produksi sendiri dapat memberi rasa kenyang dan energi yang dibutuhkan otot tubuh selama berolahraga.

Selai kacang menambahkan dosis protein, yang membantu dalam melindungi dan membentuk otot. Selain itu, kacang dalam jumlah kecil dapat membantu mempertahankan berat badan. Namun, kalau kamu bukan penggemar kacang, selai buah-buahan, seperti strawberry, blueberry, atau nanas, juga dapat dijadikan pilihan karena memberi sensasi segar dan mengatasi gula darah rendah saat pagi hari.

 

Roti Gandum Utuh dan Telur

Karbohidrat dari roti dapat menyediakan energi selama olahraga, sementara seratnya dapat menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Sajikan roti gandum dengan telur untuk menambah nutrisi. Mengutip WebMD, telur adalah sumber protein lengkap dengan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot.

 

Smoothie Buah dengan Yogurt

Credit Image - lilluna.com

Smoothie buah merupakan salah satu asupan yang mudah dicerna, jadi kamu tidak akan merasa kekenyangan, ngantuk, atau lesu ketika berolahraga. Meski demikian smoothie yang dijual di toko kebanyakan mengandung gula tambahan.

Untuk itu, kamu dianjurkan menyiapkan sendiri smoothie dengan buah-buahan segar dan yoghurt. Jangan lupa untuk menambah air atau es agar membantu tubuh tetap terhidrasi selama olahraga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan cairan, terutama saat beraktivitas fisik dapat merusak kekuatan dan daya tahan tubuh.

 

Oatmeal dengan Susu dan Buah-buahan Berserat

Memulai pagi hari dengan konsumsi semangkok oatmeal gandum utuh dapat memberikan energi untuk melakukan sesi olahraga. Nah, kamu dapat memadukan oatmeal dengan susu rendah lemak dan buah-buah berserat tinggi demi menambah kenikmatan di sesi makan sebelum olahraga.

Buah-buahan berserat tinggi juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat menjadi glukosa sehingga menjaga gula darah tetap stabli. Sementara itu, susu rendah lemak dapat memberi manfaat berupa protein dan kalsium untuk pembentukan tulang.

 

Buah Pisang

Credit Image - livescience.com

Untuk kamu yang hanya memiliki sedikit sisa waktu menjelang olahraga, maka direkomendasikan mengonsumsi pisang.

Diketahui, pisang kaya akan karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh. Pisang juga kaya akan antioksidan dan potasium (kalium) yang baik, serta mineral untuk mencegah klam otot. Setelah makan pisang, jangan lupa minum air putih agar tubuh semakin segar dan terhindar dari dehidrasi.

 

Maksimalkan Olahraga dengan Pola Makan Ini!

Selain asupannya, kamu juga perlu memaksimalkan olahraga dengan pola makan yang sehat agar manfaat aktivitas fisik dapat semakin maksimal. Selain itu, pola makan tersebut tentu berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuhmu juga, kan?

Cobalah untuk sarapan yang sehat sebelum beraktivitas, perhatikan porsi makan, konsumsi camilan secukupnya – dan disarankan ngemil yang sehat, serta pastikan kamu menyantap makanan sesuai olahraga untuk membantu otot cepat pulih.

Selain itu, cukupi pula kebutuhan cairan tubuh yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Dilansir dari American College of Sports Medicine, direkomendasikan agar mencukupi kebutuhan cairan dengan rincian berikut:

  • Minum 2-3 cangkir air selama dua hingga tiga jam sebelum olahraga
  • Minum sekitar 1/2 hingga 1 cangkir air setiap 15 hingga 20 menit selama berolahraga.
  • Minum 1-3 cangkir air setelah olahraga untuk mengganti cairan yang hilang selama aktivitas fisik.

Dan yang tak kalah pentingnya, agar kegiatan fisik semakin maksimal, kamu juga perlu menjaga energi tubuh dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral. Keduanya berperan penting dalam proses metabolisme untuk membentuk energi, lho.

Tak hanya dari makanan, vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!


jadi, itulah berbagai jenis makanan yang disarankan dikonsumsi sebelum olahraga untuk memberikan energi yang cukup.

 

 

Featured Image – inspiredtaste.net

Source – kompas.com