Vitamin C sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, vitamin ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat memengaruhi fungsi sistem imunitas. Selain mengonsumsi sumber makanan alami yang kaya akan vitamin C, kamu juga bisa minum multivitamin tambahan bila perlu. Lalu, minum vitamin C sebaiknya kapan ya? Nah, supaya penyerapan vitamin ke tubuh lebih optimal, perhatikan panduan tentang waktu konsumsi vitamin C yang tepat berikut ini.

Kenapa Vitamin C Penting bagi Imunitas Tubuh?

Vitamin C adalah nutrisi yang wajib kamu penuhi karena berperan penting pada sistem kekebalan tubuh kita. Mengutip dari halaman Kementerian Kesehatan RI, vitamin C, atau nama lain adalah asam askorbat, merupakan vitamin larut air yang mudah rusak oleh panas. Selain dikenal baik untuk kekebalan tubuh, sejak lama vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Hemilia dan Chalker menemukan bahwa vitamin C dapat mencegah tingkat keparahan saluran pernapasan atas dan dapat mengurangi durasi infeksi.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang menyebabkan vitamin C dapat memperkuat daya tahan tubuh.

1. Antioksidan yang Kuat

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan berkontribusi terhadap perkembangan penyakit kronis serta penuaan dini.

2. Produksi Sel Imun

Vitamin C berperan dalam produksi dan fungsi sel darah putih, seperti limfosit dan fagosit, yang merupakan komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih membantu melawan infeksi dengan menyerang patogen berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

3. Peningkatan Fungsi Fagositik

Vitamin C meningkatkan kemampuan fagosit (jenis sel darah putih) untuk "menelan" dan menghancurkan mikroorganisme patogen, serta membantu dalam pembentukan zat kimia yang digunakan oleh fagosit untuk membunuh patogen tersebut.

4. Perbaikan Jaringan

Vitamin C berperan penting dalam sintesis kolagen, protein utama dalam jaringan ikat yang diperlukan untuk penyembuhan luka. Kolagen juga penting untuk menjaga integritas kulit, yang berfungsi sebagai penghalang pertama terhadap infeksi.

5. Penurunan Durasi dan Keparahan Infeksi

Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan infeksi saluran pernapasan, seperti pilek.

6. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati. Zat besi diperlukan untuk produksi hemoglobin, yang mengangkut oksigen dalam darah. Kekurangan zat besi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

7. Anti-inflamasi

Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan, yang dapat memengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh.

 

 

Minum Vitamin C Sebaiknya Kapan?

Untuk memaksimalkan penyerapan dan manfaat dari vitamin C, kamu harus tahu dosis yang sebaiknya diminum serta waktu terbaik minum vitamin C. Jadi, minum vitamin C sebaiknya kapan ya? Supaya tidak keliru, yuk simak panduannya berikut ini.

1. Setelah Sarapan atau Makan

Mengonsumsi vitamin C setelah makan bisa membantu mengurangi risiko gangguan pencernaan yang kadang-kadang bisa terjadi jika vitamin C diminum dalam keadaan perut kosong. Makanan juga bisa membantu meningkatkan penyerapan vitamin C.

2. Pagi Hari

Banyak orang memilih untuk mengonsumsi vitamin C di pagi hari bersamaan dengan sarapan. Ini bisa membantu memastikan asupan harian vitamin C terpenuhi sejak awal hari dan mungkin membantu meningkatkan energi dan fungsi sistem kekebalan tubuh sepanjang hari.

3. Bagi dalam Beberapa Dosis

Karena vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan tubuh tidak dapat menyimpannya dalam jumlah besar, mengonsumsi dalam dosis kecil beberapa kali sehari (misalnya, pagi dan sore) dapat membantu mempertahankan kadar vitamin C yang stabil dalam darah.

4. Menghindari Waktu Tidur

Sebaiknya hindari mengonsumsi dosis besar vitamin C tepat sebelum tidur karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau peningkatan energi yang mengganggu tidur.

Untuk memaksimalkan penyerapan dan manfaatnya, sebaiknya vitamin C dikonsumsi pada pagi hari, sekitar 30-45 menit sebelum sarapan. Pada saat perut kosong, vitamin C dapat lebih mudah diserap oleh tubuh. 

Namun, jika kamu memiliki masalah pencernaan saat mengonsumsi vitamin C sebelum makan, siasati hal ini dengan minum vitamin C bersamaan dengan makanan atau setelah makan.

 

 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengonsumsi Vitamin C

Meskipun vitamin C sangat baik bagi kesehatan, terutama pada sistem kekebalan tubuh, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsinya. Pastikan untuk mengonsumsi vitamin c dalam jumlah atau dosis yang tepat agar terhindar dari efek samping yang merugikan tubuh. Jadi, selain memahami waktu minum vitamin C sebaiknya kapan, pastikan untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Dosis yang Aman

Penting untuk tidak melebihi dosis yang direkomendasikan. Untuk kebanyakan orang dewasa, dosis harian vitamin C yang aman adalah hingga 2000 mg. Mengonsumsi lebih dari itu bisa menyebabkan efek samping seperti diare, mual, kram perut, dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Konsultasi dengan Dokter/Profesional Kesehatan Lainnya

Sebelum meningkatkan dosis vitamin C, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan yang mungkin berinteraksi dengan suplemen vitamin C.

3. Sumber Makanan Alami

Jika memungkinkan, tambahkan asupan vitamin C dari sumber makanan alami seperti buah jeruk, stroberi, kiwi, paprika, dan sayuran hijau. Sumber alami vitamin C lebih baik diserap oleh tubuh dan juga menyediakan nutrisi tambahan yang bermanfaat.

4. Pendekatan Berimbang

Mengandalkan vitamin C saja mungkin tidak cukup untuk mempercepat penyembuhan saat sakit. Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup, minum banyak cairan, dan mengikuti rekomendasi perawatan medis lainnya.

 

 

Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Selain memenuhi kebutuhan vitamin C, kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kombinasi keduanya yang berimbang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

1. Konsumsi Makanan Seimbang

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Contohnya adalah jeruk, stroberi, bayam, dan brokoli. Penting juga untuk mencukupi asupan protein dari sumber pangan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu.

Tak hanya itu saja, konsumsi makanan yang kaya zat besi (seperti daging merah, kacang-kacangan) dan zinc (seperti biji-bijian, daging unggas) juga sangat baik bagi sistem imunitas.

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari.

3. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup (7-9 jam per malam untuk orang dewasa) sangat penting untuk kesehatan dan peningkatan kekebalan tubuh. Sebaliknya, jam tidur yang buruk dapat melemahkan fungsi imun.

4. Hindari Stres Berlebihan

Stres kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Lakukan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam untuk membantu mengelola stres.

5. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi. Jika sudah terlanjur, sebaiknya mulailah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

6. Menjaga Kebersihan 

Jagalah kebersihan dengan rajin cuci tangan memakai sabun secara rutin, terutama sebelum makan dan setelah batuk atau bersin. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran infeksi.

7. Minum Cukup Air

Pastikan untuk minum cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang penting bagi semua fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan.

8. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Cobalah untuk mendapatkan paparan sinar matahari secara aman selama 10-30 menit beberapa kali seminggu.

9. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan tetap ideal atau dalam kisaran sehat dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif.

10. Konsumsi Multivitamin/Suplemen Jika Diperlukan

Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral jika asupan dari makanan saja tidak mencukupi. Suplemen seperti vitamin C, vitamin D, dan zinc dapat mendukung kekebalan tubuh.


Nah, jangan sampai salah dalam memilih multivitamin/suplemen dan pastikan pilihanmu hanya pada Enervon. Ada 4 rekomendasi multivitamin dari Enervon yang bisa kamu konsumsi sesuai kebutuhan seperti Enervon-C Tablet, Enervon-C Effervescent, Enervon Active, dan Enervon Gold.

Enervon-C Tablet dan Enervon-C Effervescent memiliki kandungan vitamin C dan vitamin B-Kompleks yang efektif meningkatkan sistem imun dan membuatmu selalu bertenaga. 

Jika Enervon-C Tablet hadir dalam kemasan tablet biasa, hal ini berbeda dengan Enervon-C Effervescent yang berbentuk tablet effervescent dan bisa dilarutkan dalam air. Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya patuhi aturan minum Enervon-C Tablet maupun effervescent yaitu 1x sehari.

Bagi kamu kaum aktif yang memiliki aktivitas segudang, maka mengonsumsi Enervon Active menjadi pilihan yang tepat. Selain vitamin C dan B-Kompleks, di dalamnya juga terkandung mineral zinc yang akan membuatmu tidak mudah lelah.

Terakhir, Enervon juga punya produk unggulan untuk lansia di atas 50 tahun yaitu Enervon Gold. Semua nutrisi yang paling dibutuhkan lansia sudah ada di dalam Enervon Gold yaitu vitamin C, vitamin B-Kompleks, omega 3, asam folat, dan juga lutein yang pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan lansia secara menyeluruh.

Tunggu apalagi, pilih multivitamin dari Enervon sesuai kebutuhanmu dan klik tautan Tokopedia atau Shopee berikut untuk berbelanja secara online sekarang juga ya!

 

Referensi:

1. Kementerian Kesehatan RI. Vitamin C,D, E, dan Zinc; Mikronutrisi untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh. https://www.balaibaturaja.litbang.kemkes.go.id/read-vitamin-cd-e-dan-zinc-mikronutrisi-untuk-meningkatkan-kekebalan-tubuh

2. Lorraine Bunag, R.N. When's The Best Time To Drink Vitamin C? https://hellodoctor.com.ph/healthy-eating/healthy-eating-tips/the-best-time-to-drink-vitamin-c/#google_vignette