Ingin sukses di dunia kerja? Kalau begitu, ada berbagai skill yang wajib kamu tingkatkan, salah satunya kombinasi verbal yang efektif. Kemampuan ini digunakan dengan tujuan berbagi informasi dengan orang lain, baik itu dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Nah, berbeda dengan komunikasi non-verbal, ya, yang hanya fokus pada penggunaan bahasa tubuh, kontak mata, hingga ekspresi wajah.

Memang, baik itu komunikasi verbal maupun non-verbal sangat diperlukan di dunia kerja. Mengingat kamu harus berkomunikasi atau berdiskusi setiap harinya dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kali ini, Enervon bakal ngasih trik jitu meningkatkan komunikasi verbal di dunia kerja yang penting kamu simak sampai habis. Yuk, lanjut bahasannya di bawah, ya!

 

 

1. Persiapkan Kata-kata Terlebih Dahulu

Credit Image - ekrut.com

Cara pertama untuk meningkatkan komunikasi verbal adalah dengan selalu mempersiapkan kata-kata sebelum memulai percakapan. Misalnya kamu melihat teman kerja yang sedang muram. Kemudian kamu ingin ngobrol dengannya dan berharap ia akan kembali semangat.

Supaya upayamu menghibur dia berhasil, sebaiknya persiapan kata-kata yang tepat. Jangan sampai kamu malah mengucapkan hal-hal yang malah menyakiti hatinya. Dikutip dari Glints, memilih kosakata yang akan diucapkan sangatlah penting agar mudah dipahami oleh orang lain dan tidak terjadi kesalahpahaman.

 

2. Bicara dengan Jelas!

Selain mempersiapkan kata-kata yang tepat, kamu juga perlu berbicara dengan jelas saat berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, perhatikan kecepatan bicaramu. Apalagi saat kamu harus berdiskusi atau sedang melakukan presentasi, maka sangat penting untuk berbicara tidak terlalu cepat.

Sebaiknya berbicaralah dengan santai dan ucapkan kata-kata yang jelas dan mudah dimengerti. Dengan begitu, pendengar akan lebih mudah memahami maksud perkataanmu. Jika kamu ingin sukses mengemukakan pendapat di hadapan orang lain, maka jangan lupa menerapkan cara meningkatkan komunikasi verbal yang satu ini!

 

3. Perhatikan Intonasi Suara

Credit Image - glints.com

Cara meningkatkan komunikasi verbal yang selanjutnya adalah dengan mempelajari penggunaan intonasi yang tepat.

Saat kamu berbicara dengan atasan atau rekan kerja, jangan menggunakan intonasi yang tinggi karena akan dikira kamu sedang marah. Hal ini juga akan membuatmu terlihat tidak sopan dan terkesan kasar. Oleh karena itu, selalu gunakan intonasi yang tepat saat kamu sedang berbicara.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih intonasi bicara yang tepat. Misalnya dengan meminta keluarga atau teman dekat untuk memberikan penilaian pada kita saat sedang berbicara. Selain itu, kamu juga harus paham bahwa intonasi bicara sama pentingnya dengan kata-kata yang kamu ucapkan serta bahasa tubuh yang kamu tunjukkan.

 

4. Pastikan Kamu Sudah Percaya Diri, Ya!

Tidak semua orang mampu berbicara dengan percaya diri, lho. Namun, jika kamu ingin sukses di tempat kerja, maka harus mengubah kebiasaan yang satu ini.

Menumbuhkan rasa percaya diri saat berbicara di depan umum memang tidak mudah. Jangan khawatir, hal itu bisa diubah asalkan kamu memang berniat untuk mencobanya, kok. Saat kamu mampu berbicara dengan percaya diri, maka bisa membangun kepercayaan dan mendapatkan rasa hormat dari orang lain.

Ada beberapa faktor yang akan memengaruhi kepercayaan diri saat sedang berbicara di depan publik. Seperti, penguasaan materi yang akan disampaikan, pemilihan kata, intonasi suara, hingga bahasa tubuh.

Kalau kamu sudah paham dengan beberapa faktor di atas, pastinya akan lebih memudahkanmu saat harus berbicara di depan banyak orang.

 

5. Perhatikan Lawan Bicara

Credit Image - parapuan.co

Cara lainnya untuk meningkatkan komunikasi verbal ialah selalu memperhatikan ekspresi lawan bicara.

Ingatlah kamu sedang berbicara dengan orang lain. Jadi, jangan sampai kamu hanya fokus berbicara tapi tidak peduli dengan keadaan lawan bicara. Coba lihat apakah lawan bicara mengerti dengan maksud ucapanmu. Hal itu bisa terlihat dari ekspresi wajahnya.

Jika wajahnya terlihat bingung, maka kemungkinan besar ia tidak mengerti apa maksud ucapanmu. Selain itu, kamu juga harus tahu kapan waktunya berhenti berbicara saat mereka sudah menunjukkan ekspresi atau bahasa tubuh yang bosan.

Baik itu teman kerja atau atasan, tentunya tidak akan bisa terus mendengarkankan kamu berbicara. Pasalnya, mereka juga memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan.

 

6. Jaga Konsentrasimu!

Saat berkomunikasi secara verbal, agar penyampaian informasi bisa dilakukan secara tepat, pastikan kamu selalu menjaga konsentrasi, ya. Karena, jika hilang fokus, ada kemungkinan kamu salah dalam menyampaikan pesan.

Untuk menjaga konsentrasi – dan mempertahankan energi dengan baik. Energi yang cukup bisa kamu peroleh dengan rutin mengonsumsi vitamin dan mineral setiap harinya. Hal ini punya kaitan erat dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, telur, gandum, dan sayuran hijau. Untuk menu sarapan, kamu bisa memadukan oatmeal dengan potongan buah, atau sandwich roti gandum dengan telur, maupun isian selai kacang.

Sejumlah makanan kaya akan vitamin B kompleks tersebut memang dapat membantu membentuk energi untuk tubuh. Namun, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin B dengan mengonsumsi suplemen multivitamin, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Wah, gimana? Sekarang kamu sudah memahami trik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal di dunia kerja, kan? Mulai sekarang, yuk, coba diterapkan!

 

 

Featured Image – linkedin.com

Source – glints.com