Memasak itu memiliki banyak manfaat untuk anak- anak, lho. Belajar memasak dapat menstimulasi berbagai pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anakmu. Selain itu, ada banyak alasan mengapa penting anak belajar memasak sejak kecil. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

1. Berhitung jadi menyenangkan dengan memasak

Credit: Liputan6.com

Anak yang belajar memasak pastinya pintar membaca resep dan menghitung takaran bahan makanan yang harus dimasukkan. Memasak jadi sarana belajar membaca dan berhitung yang menyenangkan untuk anak, terlebih setelah memasak anakmu juga dapat memakan makanan buatannya dengan rasa puas.

2. Belajar nutrisi makanan bersama

Credit: popmama.com

Anak yang memiliki kebiasaan picky eater dapat belajar mengenai pentingnya berbagai nutrisi makanan saat sedang belajar memasak. Sambil memasak, kamu dapat menjelaskan pada anak mengapa tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda- beda. Dengan begitu, lama kelamaan si kecil pasti doyan segala jenis makanan yang kamu masak.

3. Mempererat ikatan keluarga

Credit: id.theasianparent.com

Belajar memasak untuk anak dapat mempererat ikatan atau kedekatannya dengan keluarga, terutama dengan orangtuanya. Sembari memasak bersama anak, jangan lupa untuk menjalin komunikasi yang aktif dan intens dengannya. Tunjukkan pada si kecil bahwa kamu sangat senang ia mau membantu memasak di dapur dan semakin menyayanginya.

4. Meningkatkan rasa percaya diri anak

Credit: educenter.id

Setiap anak pasti bangga apabila hasil masakannya dipuji oleh orang lain atau bahkan oleh keluarganya sendiri. Rasa percaya diri anak akan meningkat apabila orangtua mengungkapkan pujian dan rasa bangga atas hasil masakannya.

Rasa percaya diri yang baik dapat membuat si kecil menjadi pribadi yang mudah bergaul dengan lingkungan sekitarnya.

5. Melatih kemampuan motorik anak

Credit: blog.duniamasak.com/

Kegiatan seperti mengaduk adonan dengan spatula berfungsi untuk melatih kemampuan motorik halus si kecil. Semakin sering dilakukan, maka kemampuan motorik anak akan semakin terasah dengan baik.

Selain itu, belajar memasak juga melibatkan lima indra untuk mendapatkan rasa makanan yang enak dan menarik untuk dilihat. Gabungan antara penglihatan, pendengaran, penciuman, indra pengecap, dan perasa menjadikan aktivitas memasak menjadi sarana pembelajaran yang efektif untuk melatih kepekaan indra si kecil.

 

Itu dia kelima alasan mengapa penting anak belajar memasak sejak usia dini, banyak ya manfaatnya. Yuk parents coba terapkan pada anak ya!

 

Featured Image - educenter.id