Tahukah kamu bahwa aktivitas yang dilakukan setelah bangun tidur dapat memengaruhi harimu? Jika bangun terlalu siang dan mepet dengan jam kerja, maka kamu akan terburu-buru, karena takut terlambat.

Kalau sudah begitu, self-care atau bahkan sarapan pun bisa terlewatkan, ya?

Rutinitas yang terburu-buru di pagi hari dapat mengganggu suasana hati, lho. Akhirnya, kamu pun menjadi mudah lemas dan lesu. Tentu hal tersebut akan berdampak pada tingkat produktivitas harian, nih.

Agar aktivitas tak terusik, berikut ini kebiasaan baik di pagi hari yang dapat mendongkrak tingkat energi. Simak informasinya sampai habis, yuk!

 

 

1. Merapikan Tempat Tidur

Credit Image - inthebox.net

Membereskan kasur menjadi part yang paling sering dilewatkan oleh banyak orang usai bangun tidur. Alasannya beragam, mulai dari tak sempat hingga enggan merapikan karena, toh, kasur akan berantakan lagi.

Padahal, aktivitas merapikan tempat tidur pada pagi hari bantu tingkatkan energi lantaran membuat tubuh kamu bergerak, seperti dijelaskan dalam laman Livestrong. Lagipula, melihat tempat tidur tertata rapi usai beraktivitas seharian mampu meningkatkan suasana hati di penghujung hari, lho.

 

2. Melakukan Peregangan

Tak hanya mengawali olahraga, peregangan juga dapat dilakukan sebelum memulai aktivitas. Melakukan peregangan dapat membuat suhu tubuh lebih hangat sehingga proses metabolisme berjalan lebih lancar.

Sebuah studi dalam jurnal Perceptual and Motor Skills pada 2020 menyebutkan, orang yang melakukan peregangan selama 10 hari merasa lebih berenergi dan suasana hatinya cenderung lebih stabil. Jenis gerakan yang dapat dilakukan dalam hal ini di antaranya ialah planklungespush-up, atau sit-up.

 

3. Berjalan Kaki

Credit Image - halodoc.com

Aktivitas lain yang bisa dilakukan sebelum sarapan dan memulai aktivitas pada pagi hari ialah berjalan kaki. Dijelaskan melalui studi dalam British Journal of Sports Medicine pada 2019, berolahraga pada pagi hari bisa pertajam fokus dan daya ingat. Efeknya akan bertambah jika aktivitas ini dilakukan dengan orang tersayang.

Selain baik untuk kesehatan fisik, berjalan kaki di sekitar rumah juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Sebab, kamu berkesempatan mendapat sinar matahari yang cukup, berinteraksi dengan orang sekitar, dan menghirup udara segar.

 

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Sebagai komponen terbesar tubuh, air memerankan banyak fungsi vital. Salah satunya ialah memperlancar sistem metabolisme. Dilansir SelectHealth, konsumsi air dapat tingkatkan laju metabolisme hingga 25 persen. 

Selain itu, air juga diketahui bantu optimalkan performa kerja sebab dapat mempertajam fokus dan konsentrasi sehingga produktivitas kian meningkat. Tanpa cairan yang cukup, tubuh berisiko mengalami dehidrasi dan efeknya terhadap performa tak bisa dianggap sepele.

Sebuah studi dalam International Journal of Environmental Research and Public Health pada 2019 melaporkan, orang-orang yang mengalami dehidrasi cenderung mendapat skor rendah di ujian. Namun, skornya melonjak setelah mereka terhidrasi dengan baik.

 

5. Melakukan Meditasi

Credit Image - health.kompas.com

Dikenal sebagai metode yang bantu kelola stres, meditasi ternyata membawa manfaat yang lebih dari itu. Dijelaskan melalui Journal of Cognitive Enhancement pada 2018, rutin bermeditasi memiliki efek jangka panjang terhadap attention span dan kapabilitas kognitif.

Meditasi bisa dilakukan dengan mudah, lo! Tips dari Harvard Health Publishing, duduklah di kursi dan bernapas lewat hidung. Biarkan udara masuk dan mengisi paru, lalu keluarkan napas secara perlahan melalui mulut. Proses ini dapat memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah sehingga kamu lebih merasa rileks.

 

6. Sarapan untuk Menambah Energi

Yang terakhir, ada pula sarapan untuk membantu meningkatkan energi tubuh agar produktivitas semakin terjaga.  Selain itu, makan di pagi hari juga terbukti menjaga suasana hati serta kemampuan dalam berkonsentrasi. Jadi, jangan anggap remeh sarapan, ya!

Sayangnya, masih banyak sekali orang yang skip sarapan dengan alasan sibuk atau terburu-buru. Mulai sekarang, coba deh kurangi kebiasaan malas sarapan tersebut.

Kamu masih bisa menyajikan menu sarapan praktis, seperti buah dan sayur adalah makanan yang paling mudah untuk bisa langsung dikonsumsi. Bahkan, nilai nutrisinya jauh lebih tinggi dibandingkan makanan lainnya. Sebaiknya, mulailah membiasakan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai menu sarapan.

Nah, kamu bisa mengonsumsi secara langsung, mengukus, atau membuatnya menjadi smoothies atau jus. Tambahkan juga kacang-kacangan atau sumber protein lainnya untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.

Selain dengan sarapan sehat, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh, kamu perlu mengoptimalkan gaya hidup sehat dengan dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral termasuk dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Jadi, itulah berbagai kebiasaan baik di pagi hari yang dapat rutin dilakukan untuk mendongkrak energi!

 

 

Featured Image – moderndiplomacy.eu

Source – idntimes.com