7 Rekomendasi Wisata Budaya yang Sayang Kalau Gak Dikunjungi

7 Rekomendasi Wisata Budaya yang Sayang Kalau Gak Dikunjungi

font size A Ǎ

Seperti diketahui, Indonesia kaya akan keberagaman budaya yang sangat spesial. Sudah pasti, di setiap wilayah Nusantara pun dipenuhi dengan makanan khas, dialek atau bahasa, sekaligus adat dan tradisi masing-masing yang menarik untuk dikulik.

Nah, untuk kamu yang masih kepo dengan keberagaman budaya di Indonesia, maka ada berbagai wisaya budaya yang wajib banget kamu kunjungi. Tak perlu bingung harus mulai dari mana, berikut rekomendasi destinasi budaya di Indonesia yang sayang kalau dilewatkan.

Simak ulasannya di bawah ini!

 

 

1. Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

7 Rekomendasi Wisata Budaya yang Sayang Kalau Gak Dikunjungi

Credit Image - kompas.com

Perjalanan terbentuknya budaya Pulau Jawa direkam dalam salah satu museum tercantik di Indonesia, Museum Ullen Sentalu. Museum ini mengenalkan sejarah peradaban Kerajaan Mataram yang pada akhirnya akan melahirkan Keraton Solo dan Yogyakarta.

Daya tarik dari destinasi wisata budaya Indonesia ini tak hanya koleksinya saja, tapi juga arsitekturnya yang menggabungkan konsep rumah dan alam, serta pemandu museum yang informatif dan interaktif. Jadi, tak heran akan ada banyak hal baru yang bisa dipelajari di tempat wisata budaya di Indonesia satu ini.

Lokasi: Jln. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

2. Festival Erau, Tenggarong

Destinasi budaya di Indonesia selanjutnya ini merupakan festival budaya tertua di Nusantara yang telah berlangsung selama berabad-abad, lho. Bertajuk Erau, yang berarti “ramai”, tradisi Kesultanan Kutai ini dimeriahkan dengan pameran kesenian dan upacara adat.

Semakin seru, Erau ditutup dengan ajang yang paling ditunggu-tunggu, yaitu “perang” air antar masyarakat! Jika kamu berencana berlibur ke Kalimantan Timur, wisata budaya di Tenggarong satu ini wajib kamu kunjungi.

Waktu: Setiap bulan Juli

 

3. Desa Adat Ratenggaro, Sumba

7 Rekomendasi Wisata Budaya yang Sayang Kalau Gak Dikunjungi

Credit Image - masterplandesa.com

Kampung adat yang Terletak di pesisir pantai ini menyimpan sejarah manusia di zaman megalitikum. Desa Adat Ratenggaro memiliki 304 kubur batu megalitikum yang sudah berumur ribuan tahun.

Selain mengagumi peninggalan zaman batu besar, destinasi wisata budaya di Indonesia satu ini juga memiliki fasilitas menarik lain seperti berkuda dan menyewa baju adat. Kamu pun dapat memasuki rumah adat Uma Kelada dengan langit-langit yang menjulang hingga 15 meter.

Lokasi: Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

 

4. Museum Ganesya, Malang

Rekomendasi wisata budaya di Indonesia selanujutnya ini sebenarnya tergolong masih baru. Diresmikan pada tahun 2019 lalu, Museum Ganesya menawarkan jejak warisan budaya Pulau Jawa, mulai dari masa Kerajaan Singosari hingga kejayaan Kerajaan Majapahit.

Museum terbesar di Malang ini juga memiliki Galeri Topeng yang menampilkan lebih dari 1000 koleksi topeng tradisional dan modern yang menggambarkan perkembangan seni di Tanah Air.

Lokasi:Jl. Graha Kencana Raya Jl. Raya Karanglo, Karanglo, Banjararum, Kec. Singosari, Malang

 

5. Istana Tirta Gangga, Bali

7 Rekomendasi Wisata Budaya yang Sayang Kalau Gak Dikunjungi

Credit Image - reyginawisataindonesia.blogspot.com

Dahulu kala, istana air yang dikelilingi teras-teras sawah ini dimiliki oleh Kerajaan Karangasem di Bali. Hijau dan elok, taman tersebut merupakan penghormatan kepada masyarakat pemeluk agama Hindu. Mengunjungi objek wisata budaya Indonesia yang kaya akan sejarah, kamu dapat menikmati kecantikan tamannya atau berenang di airnya yang jernih dan menyegarkan.

Lokasi: Ababi, Abang, Karangasem, Bali

 

6. Desa Dayak Pampang, Samarinda

Terletak 23 kilometer dari pusat Kota Samarinda, Desa Pampang merupakan tempat tinggal Suku Dayak Kenyah. Berkunjung ke objek wisata budaya di Indonesia ini, kamu akan dibawa ke rumah adat kayu ulin bernama Lamin Adat Pamung Tawai, lalu disuguhi dengan ragam tarian khas Suku Dayak. Bersiaplah untuk bersenang-senang karena para wisatawan akan diajak menari bersama oleh penduduk setempat!

Lokasi: Jln. Wisata Budaya Pampang, No.32, RT.03, Kota Samarinda

 

7. Wae Rebo, Flores, Nusa Tenggara Timur

7 Rekomendasi Wisata Budaya yang Sayang Kalau Gak Dikunjungi

Credit Image - tagar.id

Kerap dijuluki sebagai negeri di atas awal, Wae Rebo adalah perkampungan adat yang berada di ketinggian 1200 mdpl. Meskipun untuk menjangkau destinasi budaya di Indonesia satu ini tidaklah mudah, namun keindahan alam dan budaya yang ditawarkannya tentu membuat sulitnya perjalanan tersebut terbayar lunas.

Salah satu daya tarik utama dari objek wisata di Indonesia ini adalah aristektur dari rumah adat Mbaru Niang dari masyarakat di perkampungan Wae Rebo ini. Arsitektur adat yang khas yang berdiri ditengah-tengah alam yang masih asri memberikan pemandangan tersendiri yang sangat memukau.

Lokasi: Satar Lenda, Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

 

Yuk, Tetap Jaga Kesehatan Selama Liburan!

Untuk kamu yang ingin mengunjungi destinasi budaya di Indonesia, jangan lupa untuk menjaga energi dan kesehatan tubuh dengan baik, ya. Pastikan kamu tetap mendapat waktu istirahat yang cukup – dan menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Wah, wisata budaya di Indonesia sungguh beragam ya? Dari banyaknya pilihan di atas, kamu ingin mengunjungi yang mana dahulu, nih?

 

 

Featured Image – thejakartapost.com

Source – traveloka.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!