Momen liburan sudah tiba. Inilah waktunya untuk berkumpul dengan sanak saudara maupun sahabat. Terdengar menyenangkan, ya? Tapi, biasanya di waktu tersebut kamu akan lebih sering makan dalam porsi besar, lho.

Mulai dari makan di restoran all-you-can-eat, banyak ngemil, dan mengonsumsi makanan manis pun menjadi rutinitas selama liburan. Kalau sudah banyak makan begini, perut rasanya membesar bak mau meledak!

Perut yang penuh biasanya terisi gas dari proses pencernaan sehingga akhirnya terasa begah. Untuk mengatasinya, ada tips yang dapat kamu terapkan. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Minum yang Cukup

Credit Image - cnnindonesia.com

Ada alasan kenapa kamu dianjurkan untuk minum sehabis makan. Selain untuk melegakan tenggorokan, minum setelah makan banyak bisa melegakan perut begah karena membuat pencernaan tetap lancar.

Menurut Harvard Health Publishing, makanan tinggi garam bisa bikin begah karena sodium menyebabkan retensi cairan. Kamu butuh air karena air bisa menyingkirkan natrium berlebih dalam tubuh dan mencegah retensi cairan.

Selain melegakan begah, minum sebelum makan juga mencegah makan berlebihan. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian di Korea Selatan pada tahun 2018 mencatat bahwa mereka yang minum air putih sebelum makan mengonsumsi makanan lebih sedikit namun tetap kenyang, dibanding mereka yang tidak minum sebelum makan.

 

2. Hindari Minum Minuman Bersoda

Saat makan porsi besar, banyak yang minum minuman bersoda sebagai pendamping makanan. Ada anggapan kalau serdawa yang ditimbulkan dari soda bisa membantu meredakan perut begah. Masalahnya, soda juga bisa menambah gas dalam tubuh, alasan kenapa soda memiliki buih-buih berkarbonasi.

Dilansir Providence, gas dari soda bisa terakumulasi dan terperangkap dalam perut. Akibatnya, kamu jadi merasa begah. Jadi, jangan berlebihan minum sodanya, ya. Secukupnya saja!

 

3. Hindari Pula Konsumsi Alkohol!

Credit Image - womenshealthmag.com

Beberapa orang minum minuman beralkohol saat makan besar. Sebaiknya ini dihindari karena alkohol bisa menyebabkan retensi cairan hingga memperlambat pencernaan.

Laman Providence mencatat bahwa alkohol bisa bikin kamu kebelet pipis terus sehingga memicu dehidrasi – yang kemudian menyugesti tubuh untuk menahan cairan dalam tubuh, dan kamu pun jadi begah. Jika tetap memilih alkohol untuk mendampingin makan, minum sedikit saja, jangan berlebihan. Lebih baik lagi pilih air putih saja.

 

4. Berjalan Kaki

Sering dengar tips yang satu ini? Selain duduk, mungkin kita akan berjalan-jalan santai setelah makan porsi besar. Akan tetapi, seperti dijelaskan dalam laman Brigham and Women's Hospital, berjalan santai bisa mengurangi perut begah. Ini karena berjalan bisa merangsang motilitas lambung dan mengurangi gas dari tubuh sehingga mengurangi kebegahan.

Menurut sebuah studi di Jerman pada tahun 2008, berjalan setelah makan (5 atau 10 menit saja) bisa melegakan perut. Manfaat rutin berolahraga juga bisa terlihat setelah makan. Mengutip Temple Health, kebiasaan berolahraga menjaga dinding usus besar tetap kuat sehingga mencegah sembelit yang juga bisa menjadi penyebab perut begah.

 

5. Yoga

Credit Image - halodoc.com

Sudah selesai makan di rumah, tetapi perut masih begah? Selain olahraga atau jalan santai, Everyday Health menyarankan yoga untuk melegakan perut begah. Beberapa pose mudah yang bisa dicoba untuk melegakan perut begah adalah Child's Pose (Balasana) atau Cat/Cow Pose (Chakravakasana).

Dengan menarik napas dari hidung dan membuangnya dari mulut, cobalah posisi yoga tersebut hingga perutmu merasa lega. Gerakan yoga dan teknik pernapasannya mengaktifkan sistem saraf parasimpatik sehingga tubuh lebih relaks dan mudah mencerna makanan.

 

6. Hindari Konsumsi Permen Karet

Bagi kamu yang berpikir kalau makan permen karet setelah makan porsi besar merupakan pilihan tepat. Ini hal yang kurang baik. Salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan perut begah setelah makan adalah mengunyah permen karet.

Selain makan besar, menelan udara terlalu banyak bisa menyebabkan perut begah karena akumulasi gas dalam usus besar dan usus halus. Michigan Medicine mencatat bahwa kita lebih banyak menelan udara jika makan/minum terlalu cepat, meminum soda berlebihan, dan mengunyah permet karet. Jadi, tunda dulu permen karetnya, ya.

 

Nah, untuk kamu yang kerap mengalami perut begah selama momen liburan, karena makan yang terlalu banyak. Coba deh di atasi dengan tips tersebut.

Tapi ingat, hindari mengadaptasi pola makan berlebihan dalam jangka panjang, sebab hal tersebut bisa meningkatkan berat badan – dan diikuti dengan berbagai masalah kesehatan. Dan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap rajin konsumsi multivitamin Enervon-C yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu!

 

 

Featured Image – cewekbanget.grid.id

Source – idntimes.com