Tidak terasa yaa kalau puasa sebentar lagi akan datang, seperti waktu benar-benar cepat sekali berlalu. Nah, tentunya ketika menjalani ibadah ini kamu sering akan melewati hari-hari dimana kondisi badan kamu sangat lemas seperti tidak ada energi. Namun apakah kamu sudah tahu, ada loh beberapa cara agar tetap bisa menjaga stamina pada saat puasa.

Memang ketika puasa, tubuh kamu pasti akan mengalami banyak perubahan mulai dari pola tidur, pola makan, olahrga dan juga aktivitas harian. Oleh sebab itu tak heran apabila mampu menimbulakn penurunan stamina sehingga kamu mudah merasa lemas.

Bukan seharusnya ketika bulan puasa, kamu tidak produktif yaa, malah seharusnya kamu menjalani hari-hari seperti pada umumya. Daripada kamu semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasi seputar cara-cara untuk tetap menjaga stamina tubuh ketika puasa yaa!

Minum yang Cukup

4 Cara Agar Stamina Tubuh Kamu Terjaga Ketika Bulan Puasa! Credit: woop.id

Perlu untuk diketahui juga kalau badan kamu memerlukan kebutuhan cairan yang cukup banyak dalam sehari. Karena 80 persen tubuh kamu itu terdiri dari cairan, sehingga ketika asupan cairan berkurang tubuh akan mudah mengalami dehidrasi.

Cara yang paling mudah untuk menghindari tubuh kamu dari dehidrasi ketika puasa ialah dengan cara mengonsumi air mineral minum delapan gelas setiap harinya. Bisa kok mencicilnya dari setelah berbuka puasa hingga sahur.

Minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan dua gelas pada saat sahur. Jangan pernah lupa untuk melakukan rutinitas ini yaa, kembali lagi karena tubuh kamu benar-benar membutuhkan cairan yang cukup banyak loh.

Makan Kurma

4 Cara Agar Stamina Tubuh Kamu Terjaga Ketika Bulan Puasa! Credit: .honestdocs.id

Ketika bulan puasa tiba, kamu akan mudah sekali untuk menemukan buah satu ini dan memang kurma sendiri sangatlah indentik dengan takjil. Ada banyak alasan mengapa buah ini baik untuk kesehatan. Salah satunya ialah dikarenakan kaya akan serat.

Selain dari kaya akan serat, kurma juga menyimpan berbagai macam vitamin yang berguna serta baik untuk untuk tubuh. Rasanya juga nikmat kok, sehingga ketika buka puasa, jangan lupa untuk mengonsumsinya yaa.

Menikmati kurma ketika buka puasa juga bisa kapan saja kok, bisa untuk sahur atau makan malam kamu. Harganya juga tidak terlalu mahal kok, sehingga bisa deh untuk menjadi kudapan kamu setiap harinya, belum lagi kalau ditambah dengan minuman-minuman yang segar.

Jangan Lupa Sahur

4 Cara Agar Stamina Tubuh Kamu Terjaga Ketika Bulan Puasa! Credit: moneysmart.id

Sahur merupakan bagian penting dari puasa yang jangan sampai kamu lewatkan, agar puasa kamu selama satu bulan pun akan selalu penuh. Karena asupan pada saat sahur pun mempengaruhi kerja tubuh selama seharian penuh.

Paling mudah ialah pilih makanan yang mengandung karbahidrat kompleks agar perut kenyang lebih lama. Contoh saja karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, singkong dan ubi. Makanan-makanan tersebut merupakan pilihan yang patut untuk lo cobai ketika sahur tiba.

Sehingga jangan sampai melewati waktu sahut dan gunakanlah waktu ini dengan sebaik-baiknya agar setiap hari puasa kamu selalu lancar. Lagipula bakalan terasa lapar sekali bukan kalau tidak sahur dan bisa menjadi titik dimana kamu bisa batal loh kalau tidak menjalaninya.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

4 Cara Agar Stamina Tubuh Kamu Terjaga Ketika Bulan Puasa! Credit: /hellosehat.com

Hal lainnya yang perlu untuk kamu perhatikan ketika bulan puasa ialah selalu memperbanyak mengonsumsi sayur serta buah. Sebab makanan tersebut memiliki serta yang tinggi serta dibutuhkan oleh tubuh kamu.

Asupan sayur dan buah selama berbuka dan sahur pun harus terjaga yaa. Dengan begitu, stamina tubuh kamu akan selalu terjaga dan tentunya jangan lupa pula untuk variasikan jenis sayur dan buahnya agar tubuh mendapatkan nutrisi yang lengkap.

**

Jadi bagaimana dengan cara-cara agar menjaga stamina ketika bulan puasa? Asupan vitamin C juga sangat penting yaa, untuk itu jangan lupa konsumsi Enervon ketika sahur yaa. Semoga ibadah kamu selalu penuh dan tidak bolong-bolong yaa!

Source: klikdokter.com

 

 

Featured Image: buddies.co.id