Cukup sering mengalami kebas dan kesemutan? Jangan langsung panik, ya, karena kondisi ini merupakan gejala ringan yang berlangsung sementara – dan biasanya tidak menimbulkan bahaya, kok!

Untuk membantu mengatasinya, ada vitamin untuk kebas dan kesemutan yang dapat kamu konsumsi secara rutin.

Kebas dan kesemutan sendiri biasanya terjadi akibat melakukan gerakan berulang-ulang atau berahan di posisi yang sama dalam jangka waktu lama. Selain itu, kesemutan juga dapat mengindikasikan adanya gangguan saraf yang tak boleh kamu anggap remeh.

Nah, agar saraf dapat dijaga fungsinya dengan baik, maka ada beberapa vitamin untuk kebas dan kesemutan yang sekaligus dapat meringankan gejala neuropati. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Vitamin B1

Credit Image - restless.co.uk

Secara keseluruhan, sebenarnya vitamin B kompleks dapat membantu menjaga fungsi saraf agar tetap normal – dan memelihara kesehatan. Jadi, vitamin untuk kebas dan kesemutan pertama yang dapat dikonsumsi, yaitu vitamin B1.

Selain membantu meredakan kesemutan, vitamin B1 juga ampuh untuk menghilangkan capek dan pegal karena bekerja langsung pada otot. Jika konsumsi vitamin B1 tidak mencukupi, tanda utama yang bisa terlihat adalah kelelahan.

Pada penelitian yang diterbitkan Neural Generation Research, kekurangan vitamin ini atau dilaporkan menyebabkan gangguan pada otot, khususnya kerusakan otot lurik yang digunakan anggota tubuh untuk bergerak.

Penelitian ini juga menemukan bahwa orang yang memiliki kelainan distrofi miotonik cenderung kekurangan vitamin B1. Kelainan ini ditandai dengan kelemahan otot progresif (terjadi berkelanjutan). 

 

2. Vitamin B3

Vitamin B3 juga berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf serta membantu menghilangkan capek dan rasa pegal. Vitamin ini mampu mengolah asupan karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Tentunya, jumlah energi yang cukup menghindarimu dari rasa kelelahan.

Vitamin B3 pun juga bagus untuk masalah sendi. Pada penelitian yang diterbitkan Inflammation Research, nyeri sendi akibat peradangan dapat berkurang berkat asupan vitamin B3. Penelitian ini juga menemukan, sendi pun menjadi lebih aktif dan fleksibel setelah diberikan vitamin B3.

 

3. Vitamin B6

Credit Image - alodokter.com

Pada penelitian yang diterbitkan Alternative Medicine Review, vitamin B6 erat kaitannya dengan anemia. Vitamin B6 sebagai vitamin untuk menghilangkan capek dan pegal hadir dalam bentuk pyridoxal 5' phospate. Kandungan ini terbukti membantu produksi hemoglobin pada tubuh.

Orang dengan anemia kekurangan hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Pada penderita anemia, gejala yang dirasakan adalah pusing dan kecapekan.

 

4. Vitamin B12

Vitamin untuk kebas dan kesemutan yang terakhir, yaitu vitamin B12 yang juga bisa membantu menghilangkan rasa pegal akibat gangguan pada saraf tubuh.

Hal ini pun ditunjukkan pada penelitian yang diterbitkan jurnal BMC Oral Health. Penelitian ini melaporkan, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kesemutan dan gangguan keseimbangan tubuh.

Kekurangan B12 juga dapat menyebabkan otot menjadi lemah dan refleks gerak berkurang. Di sisi lain, kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan otot malah menegang terus-menerus. Otot yang lemah adalah tanda kelelahan, sementara otot yang tegang dapat membuat badan pegal.

Maka, agar terhindar dari gejala-gejala tersebut, konsumsi vitamin B12 untuk menghilangkan pegal maupun berperan sebagai vitamin untuk kebas dan kesemutan.

 

Mendapatkan Asupan Vitamin B yang Cukup

Credit Image - astronauts.id

Nah, dari penjelasan di atas, vitamin B kompleks merupakan vitamin untuk kebas dan kesemutan yang dapat dikonsumsi secara rutin guna mengurangi gejala tersebut, ya.

Untukmu yang sering mengalami permasalahan ini, selain dari sumber makanan, kamu direkomendasikan mendapat vitamin B kompleks dengan rutin mengonsumsi suplemen Enervon Active – terlebih buatmu yang dituntut untuk aktif sepanjang hari.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas. Serta membantu menjaga fungsi saraf tubuh agar rasa kebas maupun kesemutan dapat teratasi dengan baik.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Cara Mengatasi Kebas dan Kesemutan Lainnya

Tak hanya dengan mengonsumsi vitamin untuk kebas dan kesemutan, kamu dapat mengatasi kedua permasalahan ini dengan dibantu cara lainnya, lho.

Pada kondisi normal, kesemutan dan kebas dapat dengan mudah ditangani, seperti hanya dengan menggoyang goyangkan tangana atau bagian tubuh yang terdampak. Cara ini bisa melancarkan peredaran darah di bagian tubuh yang terkena, sehingga menghilangkan sensasi kesemutan secara perlahan.

Namun, jika penyebab kesemutan lebih serius, tentu ada cara khusus yang harus dilakukan sebagai tindakan penanganan. Cara mengatasi kebas dan kesemutan umumnya bergantung pada jenis penyebabnya. 

Misalnya, jika kamu mengalami kesemutan akibat carpal tunnel syndrome, maka dokter mungkin akan memintamu untuk beristirahat dan melakukan latihan gerak, hingga meresepkan obat-obatan.

Sementara itu, prosedur operasi atau pembedahan mungkin saja dilakukan jika penyebabnya terkait dengan tumor atau masalah pada tulang belakang. Untuk mengatasinya, tentu saja selain melakukan perawatan, kamu diharuskan untuk menerapkan pola hidup sehat atau mengonsumsi beberapa suplemen. 

 

Jadi, itulah informasi mengenai sejumlah vitamin untuk kebas dan kesemutan. Jika kamu mengalami permasalahan tersebut, coba rutin konsumsi nutrisi di atas, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – sehatq.com