6 Trik Mengatur Pengeluaran Buatmu yang Masih Suka Boros

6 Trik Mengatur Pengeluaran Buatmu yang Masih Suka Boros

Masih suka boros? Gaji bulanan sering gak cukup? Atau uang bisa habis dalam waktu singkat? Permasalahan tersebut mungkin masih dialami banyak individu, nih. Penyebabnya, cara mengelola keuangan yang masih kurang tepat.

Jadi, seberapapun banyaknya penghasilan yang kamu dapat, tetap tidak mampu membuat kehidupan dan masa depan menjadi lebih baik. Tentu saja, kamu tidak ingin stuck di kondisi yang satu ini, kan?

Perlu diingat bahwa tidak hanya mengelola keuangan pribadi, namun nantinya kamu harus bisa mengatur keuangan keluarga, bahkan keuangan di tempat bekerja – maupun bisnis di masa mendatang.

Berikut ini 6 cara mengelola keuangan terbaik yang menguntungkanmu di masa mendatang. Simak informasinya secara lengkap, yuk!

 

 

1. Buat Perencanaan yang Matang

6 Trik Mengatur Pengeluaran Buatmu yang Masih Suka Boros

Credit Image - yourplanningpartners.com

Sejak awal kamu memiliki penghasilan, maka sejak saat itu juga kamu perlu membuat perencanaan keuangan. Menyusun manajemen keuangan adalah strategi pertama yang banyak dilewatkan banyak orang karena menganggap perencanaan keuangan hanya untuk kalangan pebisnis atau orang-orang dengan penghasilan tinggi. Bahkan perencanaan keuangan bisa dimulai sejak kamu masih sekolah.

Hal yang pertama dipahami tentang cara mengelola keuangan dengan membuat perencanaan keuangan adalah tentang kebiasaan, karena tidak ada rumus pasti bagaimana mengelola atau mengatur keuangan itu sendiri yang berlaku bagi semua orang. Bahkan dalam penerapannya, kamu pasti akan mendapatkan tantangan tersendiri mendisiplinkan diri untuk merencanakan keuangan.

Untuk itu, buat target pencapaian tentang pengelolaan keuangan tiap bulannya dan terus lakukan evaluasi sampai kamu benar-benar memahami dan mempraktekkan rencana keuangan tersebut.

Kemudian, hal yang paling sederhana dari perencanaan keuangan adalah membagi rekening menjadi beberapa kebutuhan agar uang yang telah disisihkan jelas peruntukannya. Misalkan kamu memiliki rencana untuk membeli gawai baru, maka kamu perlu menyiapkan dana khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan target capaiannya. Cara ini akan membuat kamu memiliki pos keuangan tersendiri dan membaginya dari pengeluaran bulanan.

 

2. Mulai Siapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat adalah salah satu cara mengelola keuangan yang cukup sederhana. Cara ini bisa kamu dapatkan manfaatnya saat membutuhkan dana talangan dari kebutuhan dana yang tidak terprediksi di masa depan.

Dengan adanya pos dana darurat ini, kamu tidak akan mengambil jatah pengeluaran bulanan atau bahkan tabungan khusus. Ada baiknya kamu memanfaatkan cara ini saat akan membuat anggaran keuangan pribadi.

Dilansir dari Qoala.app, para penasehat keuangan menyarankan untuk memiliki dana darurat minimal 6 kali kebutuhan hidup bulanan. Cara mengelola keuangan ini juga harus menentukan batas bawah dana darurat dan rencanakan untuk mengisi kembali sesuai dengan target ketika kamu menggunakannya untuk urusan dadakan.

Memiliki dana darurat yang aman, maka akan mencegah kemungkinan kamu mengambil hutang di masa depan yang akan menyulitkanmu untuk menata keuangan lagi.

 

3. Hati-hati dengan Kartu Kredit, ya!

6 Trik Mengatur Pengeluaran Buatmu yang Masih Suka Boros

Credit Image - ridetime.ca

Tidak semua orang mau memiliki kartu kredit. Jika kamu adalah salah satu orang yang menyiapkan kartu kredit untuk pengeluaran pribadi, maka berhati-hatilah dalam menggunakannya. Cara mengelola keuangan dengan memperhatikan penggunaan kartu kredit dapat membuat kamu terhindar dari jebakan.

Anggapan bahwa kartu kredit adalah penyelamat atau sebagai dana talangan harus dibenahi dari pola pikirmu ketika hendak mengelola keuangan.

Kemudahan bertransaksi dengan kartu kredit harus digunakan dengan bijak karena setiap orang berbeda dalam memperlakukan berbagai kemudahannya dengan kesenangan konsumtif yang terlihat baik di awal tapi kamu punya tanggungan pembayaran yang menyulitkan di bulan berikutnya.

Gunakan kartu kredit untuk pembayaran yang esensial, dan bukan untuk transaksi konsumtif, ya!

 

4. Yuk, Mulai Melek Investasi!

Cara mengelola keuangan pribadi yang cukup populer saat ini adalah berinvestasi. Banyak sarana investasi yang bisa kamu pilih untuk menyelamatkan penghasilanmu saat ini dan mempersiapkan masa tua nantinya.

Program investasi online atau metode lain bisa dipilih sebagai upaya mengelola dan mengatur keuangan yang bisa juga untuk pemula dengan baik dan benar. Tentunya, langkah ini bisa menjadi cara mengelola uang agar berkembang.

Dengan cara ini, secara tidak langsung kamu akan memiliki penghasilan pasif yang membantu meningkatkan penghasilan dari gaji bulanan yang sudah ada. Pilihan investasi dilakukan ketika kamu merasa sudah cukup memiliki tabungan atau bisa membagi porsi untuk memulai menyiapkan dana investasi setiap bulannya. Kamu bisa berinvestasi di sektor kepemilikan saham, reksadana, logam mulia, atau investasi properti yang harganya semakin naik setiap tahun.

 

5. Catat Pengeluaran Bulanan Secara Rinci

6 Trik Mengatur Pengeluaran Buatmu yang Masih Suka Boros

Credit Image - clevergirlfinance.com

Dengan mencatat semua pengeluaran setiap bulan, kamu bisa memetakan mana kebutuhan yang bisa dipangkas, atau bahkan dialokasikan ke sektor yang lain. Cara ini bisa membuat kamu mengelola keuangan pribadi menjadi lebih rinci. Catatan ini bisa terus dievaluasi agar kamu bisa tetap bertahan hingga akhir bulan tanpa mengganggu pos rekening tabungan dan investasi.

Kebanyakan orang mulai berhemat di akhir bulan karena tidak mencatat pengeluarannya sehingga terlalu boros di awal bulan karena merasa saldo masih banyak, namun harus mengencangkan ikat pinggat di akhir bulan tanpa bisa menyisihkannya untuk tabungan dan investasi. Celakanya lagi, jurus berhutang pun dilakukan dengan skema pembayaran nanti mendapatkan gaji di bulan berikutnya.

Catatan pengeluaran bisa menghindarkan kamu dari kesalahan pengelolaan yang buruk. Saat ini sudah banyak aplikasi pengelolaan keuangan yang bisa mempermudah dalam mencatat semua pengeluaran secara terperinci.

 

6. Menjaga Fokus Selama Mengelola Keuangan

Dalam mengelola keuangan, tentunya kamu harus tetap fokus agar tidak salah dalam menghitung. Nah, konsentrasi yang baik bisa diperoleh dengan menjaga energi tubuh, lho. Kamu perlu mendapatkan makanan bernutrisi, istirahat cukup, minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, dan memperoleh asupan vitamin serta mineral.

Deretan cara sederhana di atas dapat menjaga energi tubuh secara maksimal, sehingga kamu bisa lebih fokus dalam menjalani aktivitas.

Berkaitan dengan asupan vitamin dan mineral, selain dari sumber makanan bernutrisi, kamu bisa memperolehnya dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C dan zinc di dalam multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah trik mengelola keuangan yang dapat kamu terapkan. Mulai sekarang jangan lagi boros!

 

 

Featured Image – moota.co

Source – qoala.app/id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!