Merawat buah hati yang masih balita tentu bukanlah hal yang mudah. Kamu harus mendidik dan memberikan asupan makanan bergizi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Oleh karena itu, kamu harus dapat memilih mana makanan yang baik dan tidak baik untuk buah hati. Nah, untuk membantumu memilihkan makanan yang sehat untuk balita. Berikut ini adalah 5 jenis makanan tidak sehat untuk si kecil yang sebaiknya dihindari seperti berikut ini.

1. Permen

Credit: play.howstuffworks.com

Baik permen dalam bentuk keras maupun lunak, makanan ini merupakan musuh bagi gigi si kecil. Permen memiliki kandungan gula yang tinggi dan dapat menyebabkan karies serta gigi berlubang.

Selain itu, permen tidak memiliki kandungan gizi lain yang baik untuk kesehatan anak. Jadi, sebisa mungkin jangan terlalu sering atau jauhi anak dari permen.

2. Pastry atau strudel

Credit: meilleurduchef.com

Kedua jenis kue ini memang nikmat dan seringkali dijadikan sarapan yang  mengenyangkan untuk anak. Namun, hal yang perlu kamu ketahui bahwa kedua jenis makanan ini mengandung banyak gula dan tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk mencukupi gizi harian si kecil. Jadi, sebaiknya kamu berikan nasi atau roti gandum untuk sarapan buah hatimu.

3. Makanan cepat saji

Credit: cosmopolitan.com

Sebagian restoran cepat saji biasanya memiliki menu makanan khusus untuk anak- anak. Akan tetapi, burger, kentang goreng, atau ayam goreng yang disajikan pada restoran cepat saji tersebut dapat mengandung lebih dari 800 kalori, serta 100 gram sodium. Jadi, sebaiknya hindari ya memberikan anak makanan cepat saji ini.

4. Mie instan

Credit: topmedia.co.id

Mie dalam bentuk instan merupakan makanan tidak sehat untuk diberikan pada si kecil yang masih balita. Mie instan tidak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian balita. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari memberikan mie instan untuk si kecil meski kamu tidak sempat menyiapkan makanan untuknya.

5. Makanan kaleng

Credit: bbc.co.uk

Makanan kaleng seperti sarden, buah dalam kaleng, dan lain sebagainya bukanlah pilihan yang tepat untuk diberikan pada si kecil. Makanan kaleng telah melalui proses pengolahan tinggi sehingga mengandung sodium yang tinggi, lemak tidak sehat, dan karbohidrat sederhana. Jadi, lebih baik jika kamu menyiapkan makanan sehat sendiri dan lezat untuk si kecil.

 

Featured Image - tebet9.com