Usai mendapatkan pekerjaan, modal rajin saja ternyata tidak cukup, lho. Kamu dituntut untuk bisa mengembangkan diri, sehingga karir pun terus meningkat. Apa yang dapat dilakukan? Salah satunya mengikuti pelatihan kerja – yang biasanya disediakan oleh perusahaan tempatmu bekerja.

Pelatihan atau training kerja merupakan hal yang lumrah dilakukan. Ini disebabkan karyawan perusahaan merupakan aset yang penting untuk perkembangan perusahaan. Nah, dengan adanya sumber daya yang berkualitas, tentu bisa memberikan hasil yang baik pula.

Biasanya training kerja dimulai sebelum kerja atau pada saat awal masuk kerja. Selain itu, ada juga perusahaan yang memberi pelatihan sepanjang masa kerja pegawai. Kegiatan ini sudah pasti bisa mendatangkan banyak manfaat, baik itu bagi karyawan maupun pihak perusahaan.

Berikut manfaat pelatihan kerja yang harus kamu ketahui.

 

 

1. Meningkatkan Produktivitas dan kinerja

Credit Image - jobstreet.com.my

Ketika perusahaan menyediakan kesempatan bagi karyawan untuk mengikuti program pelatihan, kamu bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terkait pekerjaan. 

Setelah mengikuti kegiatan yang satu ini, manfaat dari pelatihan kerja adalah peningkatan pada kemampuan yang kamu miliki juga bisa menambah kepercayaan diri dalam bekerja. Hal ini kemudian dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja kamu di tempat kerja untuk bekerja secara lebih efisien dan efektif.

 

2. Promosi Jabatan di Kantor

Saat kemampuan kamu sudah lebih berkembang setelah mengikuti pelatihan kerja  kantor, skill yang lebih mumpuni nantinya bisa berguna untuk meningkatkan posisimu ke tingkat jenjang karir yang lebih tinggi, lho.

Ketika perusahaan membutuhkan seorang profesional dengan keterampilan baru atau khusus, kamu bisa jadi pilihan perusahaan dan perusahaan tidak perlu lagi mencari kandidat dari luar yang membutuhkan banyak waktu untuk menemukannya. 

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga akan membuat nilai dirimu meningkat di mata perusahaan lain seiring dengan meningkatnya kemampuan kamu. Dengan begitu, mengikuti pelatihan juga bisa memperluas kesempatan kamu dalam berkarir. 

 

3. Meningkatkan Semangat Kerja

Credit Image - fimela.com

Ketika kamu mengikuti program pelatihan dari perusahaan, biasanya akan timbul perasaan seperti didukung untuk bertumbuh oleh perusahaan. Kamu juga akan merasa lebih dihargai karena terus didorong untuk berkembang dan meningkatkan kemampuan diri. 

Dengan demikian, pelatihan kerja dapat membuatmu merasa lebih semangat – dan termotivasi dalam bekerja di perusahaan tersebut. Pada akhirnya, kinerja yang dihasilkan pun lebih maksimal. Ini untung bagi karyawan dan perusahaan juga, kan?

 

4. Lingkungan Kerja yang Kondusif

Kamu bisa membuat lingkungan kerjamu lebih kondusif dengan mengikuti pelatihan karyawan dari perusahaan. Kinerja individu yang produktif dan efektif tentunya akan mempermudah dalam berkolaborasi. 

Dengan adanya pelatihan kerja tentu akan mengurangi munculnya masalah dalam proses penyelesaian kerja tim karena setiap karyawan memiliki standar kemampuan yang setidaknya sama setelah mengikuti training.

 

Trik Memaksimalkan Training Kerja dari Perusahaan

Credit Image - marksharetraining.co.id

Nah, jika kamu berkesempatan untuk mengikuti pelatihan kerja dari perusahaan, maka kamu harus menggunakan momen tersebut dengan baik, ya. Untuk memaksimalkannya, berikut trik yang perlu kamu lakukan.

  • Gunakan mindset pemula. Artinya, coba anggaplah kamu sebagai pemula – yang mana belum mengetahui banyak ilmu. Dengan begitu, selama pelatihan kamu bisa menerima lebih banyak ilmu baru untuk mengembangkan diri.
  • Ciptakan suasana yang nyaman. Lakukanlah hal yang bisa membantumu untuk fokus, ya.
  • Pelajari materi sebelum melakukan pelatihan kerja.
  • Selalu buat catatan.
  • Ikuti seluruh kegiatan pelatihan sampai akhir.
  • Aktif selama kegiatan pelatihan kerja.

Selain melakukan tips di atas agar kegiatan training makin maksimal, pastikan kamu menjaga energi tubuh dengan baik, ya. Dengan demikian, fokus pun terjaga – dan ilmu yang diberikan dalam training dapat diterima secara maksimal.

Pastikan kamu sudah mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup. Kemudian, optimalkan dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi vitamin C dan zinc dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit. Kemudian, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak heran kalau kamu makin produktif!

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Belajar merupakan proses yang dapat dilakukan seumur hidup. Penting sekali bagimu untuk terus mengembangkan kemampuan diri sehingga mampu mengikuti kemajuan teknologi di zaman sekarang ini.

Jadi, dengan mengikuti pelatihan kerja, ini menjadi salah satu sarana tepat untuk mengembangkan dirimu. Kegiatan ini termasuk salah satu kunci penting dalam meraih jenjang karir yang maksimal. Kalau kamu berkesempatan mengikuti training kerja, maka manfaatkan dengan baik, ya!

 

 

Featured Image – inc.com

Source – jobstreet.co.id