Lari merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk membuat tubuhmu tetap bugar dan dapat menurunkan berat badan. Namun, tidak setiap orang bisa melakukannya secara rutin setiap hari

Dalam beberapa hal, jalan sehat menjadi lebih baik ketimbang lari. Apabila jika kamu menambah jumlah langkah setiap hatinya. Sebuah studi di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa jalan sehat sama efektifnya dengan jogging. Kedua cara ini bisa menurunkan sejumlah faktor penyebab penyakit jantung dan stroke.

Jadi, aktivitas jalan kaki sehat sebenarnya lebih baik lho daripada lari. Mengapa? Ini dia alasannya.

1. Lebih mudah

Credit: topmedia.co.id

Banyak orang disibukkan dengan jadwal sehari- hari. Banyak yang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan olahraga. Tapi, jalan sehat adalah aktivitas yang bisa dilakukan dimana saja dan tidak memerlukan persiapan apapun.

Jalan kaki selama 30 menit saat istirahat makan siang, bisa membuat kamu sehat tanpa harus berkeringat terlalu banyak atau harus segera mandi setelah melakukan olahraga tersebut. Dan kamu juga bisa melakukannya di sela- sela kegiatan.

2. Terlalu lama lari bisa berisiko

Credit: liputan6.com

Lari memang dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Namun, hal ini bergantung pada kondisi masing- masing orang. Karena, bagi yang memiliki sejarah penyakit kardiovaskular, lari justru bisa meningkatkan denyut jantung. Lari jarak jauh bisa melepaskan protein tertentu yang bisa menimbulkan efek merusak jantung. Jadi, ada baiknya mengubah aktivitas lari menjadi jalan sehat.

3. Lebih ringan bagi sendi

Credit: netz.id

Jalan sehat lebih ringan bagi sendi- sendi tubuh daripada lari. Jadi, ketika kamu mengalami sakit atau kaki, coba lakukan aktivitas low- impact seperti jalan kaki. Jalan sehat lebih sedikit memberikan tekanan pada sistem otot tubuh. meski begitu, jalan kaki tetap masih bisa membuat otak melepaskan hormon endorphin (hormon Bahagia) yang disebut sebagai manfaat terbesar dari olahraga.

4. Meningkatkan sistem imun

Credit: iyakan.net

Olahraga, seperti jalan kaki selama 20-30 menit dapat menguatkan sistem imun seseorang. Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi justru dapat menimbulkan efek sebaliknya dan kurang baik untuk sistem imun. Jadi, lebih baik beri keseimbangan antara olahraga berat dan olahraga low- impact seperti jalan kaki.

5. Jalan sehat lebih mudah untuk dipertahankan

Credit: liputan6.com

Jalan kaki adalah aktivitas yang bisa dilakukan oleh hampir semua orang. Jadi, jalan kaki adalah olahraga yang tepat bagi pemula untuk memulai rutin bergerak.

Menghindari kelelahan saat olahraga adalah hal yang sulit. Namun, jalan sehat cenderung lebih mudah dipertahankan dan merupakan cara yang tepat bagi banyak orang untuk tetap aktif. Hal ini berbeda dengan lari yang membutuhkan motivasi lebih untuk konsisten melakukannhya.

 

Itulah beberapa alasan mengapa aktivitas jalan sehat lebih baik ketimbang olahraga lari. Namun, pada akhirnya, tipe olahraga yang terbaik adalah olahraga yang sering kamu lakukan. Dan intinya adalah bagaimana kamu bisa menyesuaikan kemampuan tubuhmu untuk tetap aktif bergerak.

 

Featured Image - hellosehat.com