Mencari pekerjaan adalah hal yang dilakukan setelah lulus kuliah. Bagi kamu yang masih muda, pasti menginginkan pekerjaan yang nyaman serta gaji yang cukup. Tapi, kenyataannya, mencari pekerjaan impian tidak semudah itu.

Lalu, apa yang menjadi penyebab kamu menjadi sulit cari kerja, terutama saat baru lulus kuliah? Berikut ini penyebabnya.

1. Tidak punya kompetisi yang spesifik

Credit: glints.com

Jika kamu tidak bisa menunjukkan spesifikasi kompetensi diri, nantinya perusahaan akan sulit menempatkanmu di divisi mana. Sebaiknya, asah kompetensi, bakat, dan minat yang kamu miliki lebih dalam lagi. Selain itu, kamu harus percaya diri dengan kompetensi yang ada dalam diri kamu, dan terus mencoba sampai lolos ke dalam perusahaan tujuanmu.

2. Tidak punya cukup jaringan dan informasi

Credit: kompas.com

Jaringan bisa kamu dapatkan melalui teman, keluarga, atau tetangga. Itu sebabnya, kamu sebaiknya memulai hidup dengan serius, dan ketika berkumpul arahkan pembicaraanmu ke topik yang lebih jelas.

Informasi ini berguna ketika kamu wawancara kerja. Ketika interviewer bertanya soal perusahaan atau Lembaga terakhir, dan kamu mampu menjawabnya, mereka akan berpikir kamu sangat antusias dan siap bekerja di perusahaan tersebut.

3. Ketidaksesuaian antara keahlian dan pekerjaan yang diinginkan

Credit: liputan6.com

Ketika kamu mengalami kasus ini, maka kamu akan lebih sulit untuk diloloskan karena adanya ketidaksesuaian antara kebutuhan perusahaan dan kompetisi yang ada. Pihak perusahaan pasti tidak akan mengambil risiko memperkerjakan orang yang tidak ahli dalam bidang tertentu.

4. Memiliki imej buruk di media sosial

Credit: skedsocial.com

Media sosial juga menjadi pertimbangan seseorang diterima bekerja. Jadi, kamu yang aktif di media sosial sebaiknya berhati- hati. Hindari mengumbar gossip, mencaci maki atau menghujat, mengeluh, dan status negative lainnya di platform media sosial.

Bisa saja calon atasanmu stalking akunmu. Karena, di jaman sekarang ini, mengenal seseorang juga bisa dengan menganalisa media sosialnya. Bahkan, banyak yang memilih opsi ini sebagai pertimbangan menerima seseorang di dunia pekerjaan.

5. Tidak tampak meyakinkan

Credit: aol.co.uk

Tidak terlihat menyakinkan ini bisa terjadi saat kamu melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Hal ini dapat dianalisa oleh seorang interviewer yang sudah memiliki banyak pengalaman. Sebaik apapun jawabanmu saat di wawancara, indikasi tersebut dapat tetap terlihat tanpa disadari.

6. Masa menganggur terlalu lama

Credit: nydailynews.com

Dalam berbagai persyaratan pelamar kerja selalu ada poin fresh graduate. Jeda lulus yang terlalu lama akan meragukan pewawancara untuk menerika kamu dalam perusahaan tersebut. Hal ini disebabkan masa lulus yang sudah lama membuat orang lain ragu apakah kamu masih terampil di bidang tersebut atau tidak.

Jadi, kalau kamu sudah mengetahui tujuanmu mau bekerja dimana atau di bidang apa, sebaiknya cepat melamar kerja ya!

 

Itulah kemungkinan kamu sulit cari kerja. intinya, persiapan sebelum lulus kuliah penting untuk kamu lakukan. Perluas wawasan dan mencari pengalaman adalah solusi untuk kamu yang belum lulus kuliah agar masa depanmu bisa terjamin.

 

Featured Image - economictimes.indiatimes.com