8 Trik Jitu Menabung Bagi Freelancer, Finansial Tetap Aman

8 Trik Jitu Menabung Bagi Freelancer, Finansial Tetap Aman

Siapa di antara darimu yang merupakan freelancer alias pekerja lepas? Sepertinya, profesi ini sedang digandrungi, karena fleksibilitas waktu yang dapat dinikmati. Meski demikian, penggelut profesi tersebut gak boleh lengah, karena tetap ada keuangan yang harus dijaga.

Pekerja freelance dianjurkan untuk rutin menabung hingga menyisihkan uang untuk dana darurat. Namun, tips menabung ini nampaknya sedikit berbeda dengan cara menabung para profesional lainnya, lho.

Pemasukan yang kurang pasti dan model bisnis yang beragam membuat para freelancer harus Menyusun strategi tepat agar mampu mempertahankan kondisi finansialnya. Tak perlu bingung, berikut ini tips menabung yang bisa diterapkan, dijamin untung!

 

 

1. Kurangi Pengeluaran Bisnis

8 Trik Jitu Menabung Bagi Freelancer, Finansial Tetap Aman

Credit Image - freshbooks.com

Tips menabung bagi freelancer yang pertama adalah lakukan efisiensi pengeluaran bisnis yang mungkin sangat menyita keuanganmu. Salah satu contohnya adalah dengan mencari alternatif lain yang tersedia dibandingkan dengan membeli gadget baru.

Di saat seperti inilah kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan. Kamu bisa melihat contoh banyak kreator di luar sana yang bisa menghasilkan foto produk berkualitas hanya dengan menggunakan handphone, misalnya.

 

2. Membuka Rekening Khusus Menabung

Berhubung pendapatan dari freelance tidak menentu, ada baiknya kamu membuka rekening tabungan yang terpisah. Strategi ini dapat membantumu mengecek progres dan transaksi bisnis.

Jika dicampur dengan tabungan pribadi, dikhawatirkan kamu akan kesulitan melakukan rekap pengeluaran atau budgeting selama periode tertentu. Dengan adanya rekening khusus, kamu tak perlu lagi repot-repot melihat dan memisahkan mana transaksi yang berhubungan dengan usaha dan mana transaksi non bisnis.

 

3. Yuk, Coba Berburu Diskon!

8 Trik Jitu Menabung Bagi Freelancer, Finansial Tetap Aman

Credit Image - aureus.nl

Tips yang satu ini sebenarnya tak hanya cocok bagi freelancer tetapi juga untuk semua orang secara umum, lho.

Ketika ingin belanja barang baru, usahakan untuk memilih toko atau brand yang sedang memberikan diskon. Bila perlu, tunggulah timing yang tepat agar bisa memanfaatkan diskon besar-besaran pada momen-momen tertentu, misalnya saat promo tanggal kembar tiap bulan.

Meski mungkin manfaatnya tidak signifikan, bayangkan berapa banyak uang yang bisa kamu tabung jika dapat menghemat semua pembelianmu dalam satu tahun? Menguntungkan kamu, kan?

 

4. Hemat Ongkos Ketika Ada Meeting di Luar

Pekerja lepas biasanya sering meeting di luar bersama dengan client.

Jika client-mu tidak menanggung pengeluaran saat meeting, sebaiknya sarankan untuk bertemu di tempat yang tidak terlalu fancy agar kamu tidak terlalu boros nantinya. Pokoknya, hajak ke restoran mahal yang bisa menyita sebagian besar tabunganmu, ya!

Ingin alternatif yang lebih ramah di kantong? Kamu bisa mengajak mereka untuk datang ke tempatmu atau sebaliknya, kamu yang mendatangi mereka di kantornya secara langsung. Namun, ingat untuk selalu mengomunikasikannya dengan baik, ya. Jangan sampai membuat klien kamu tidak nyaman.

 

5. Carilah Projek Jangka Panjang

8 Trik Jitu Menabung Bagi Freelancer, Finansial Tetap Aman

Credit Image - nesabamedia.com

Supaya tabunganmu semakin banyak, kamu tentunya perlu lebih banyak penghasilan dari project yang dikerjakan. Oleh karena itu, tips menabung bagi freelancer selanjutnya berkaitan dengan cara memilih project.

Project jangka panjang bisa menjadi sumber pendapatan yang lebih baik dibandingkan dengan short-term project. Umumnya, cuan yang bisa kamu terima juga cenderung lebih banyak. Selain itu, kamu juga akan merasakan job security yang lebih baik.

Meski tak mudah mencarinya, bukan berarti mustahil untuk ditemukan. Maksimalkanlah website freelancer yang tersedia atau cari peluang dari koneksimu.

 

6. Memilih Produk Investasi yang Tepat

Tips menabung bagi freelancer yang satu ini bisa juga berfungsi sebagai salah satu sumber tambahan keuntungan, lho. Meski tidak banyak, tapi keuntungan yang didapatkan dari investasi pasti tetap akan berguna untuk menambah tabunganmu.

Jika dibandingkan dengan bunga tabungan di bank, return investasi dalam setahun biasanya akan lebih tinggi sehingga lebih menguntungkan bagimu. Ingat, jangan lupa untuk kenali profil risiko diri sendiri dan jangan sampai terjebak pada penipuan investasi, ya.

 

7. Selalu Susun Rencana Keuangan Tiap Bulan

8 Trik Jitu Menabung Bagi Freelancer, Finansial Tetap Aman

Credit Image - ekrut.com

Banyak sekali orang yang meremehkan pentingnya mencatat pengeluaran dan mengatur keuangan setiap bulan. Padahal, salah satu alasan mengapa kamu sering merasa gagal mencapai target menabung adalah karena tidak bisa mengendalikan pengeluaran.

Selain itu, alasan lainnya adalah tidak mampu memperbaiki kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk lebih rajin lagi melakukan perencanaan serta pencatatan setiap bulannya. Dengan begitu, kamu juga bisa sekaligus mengevaluasi kondisi kesehatan finansial pribadi serta bisnismu.

 

8. Dukung Kegiatan Menabung dengan Energi yang Mendukung

Agar kegiatan menabung semakin maksimal – dan tentunya kamu tak mudah lemas dalam mengatur keuangan serta melakukan aktivitas harian, pastikan energi tubuhmu sudah terjaga dengan baik.

Boost energi tubuhmu dengan mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Yuk, tetap aktif bersama Enervon Active!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, segera klik di sini, ya.

 

Bagi kamu yang termasuk pekerja lepas – alias freelancer, yuk, biasakan menabung dari sekarang. Silahkan mencoba tips di atas untuk memudahkanmu, ya. Semoga bermanfaat!

 

 

Featured Image – buzzfeed.com

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!