Kalau kamu mencari referensi destinasi rekreasi, pasti wisata Gunung Bromo menjadi salah satu tempat yang sering direkomendasikan.

Alasanya, karena lanskap pegunungan yang membentang sekitar 50.276,3 hektar ini sangat memanjakan pandangan para wisatawan dengan kemegahannya. Tak heran, ya, kalau Gunung Bromo termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia?

Tak main-main, menurut data Balai Besar Taman Nasional Tengger Semeru mencatat hampir 600.000 wisatawan yang datang ke Gunung Bromo pada tahun 2017 silam. Hal ini disebabkan banyak wisatawan yang didominasi turis Nusantara sangat penasaran untuk melihat keindahan wisata Bromo.

Lantas, sebenarnya ada apa aja sih di destinasi wisata satu ini? Berikut berbagai rekomendasi wisata Gunung Bromo yang sayang untuk dilewatkan!

 

 

1. Penanjakan 1 Gunung Bromo

Credit Image - qaisaratour.com

Penanjakan 1 ini berada di ketinggian 2.770 Mdpl, yang menjadikannya tempat yang sangat strategis untuk menyaksikan matahari terbit atau dikenal dengan sebutan Bromo Golden Sunrise.

Jika ingin mencapai view point Penanjakan 1, kamu harus menggunakan kendaraan jeep yang memang satu-satunya kendaraan yang beroperasi di sana. Lokasinya yang sangat tinggi tentu saja membuat udara di sekitar objek wisata Penanjakan 1 sangat sejuk.

Kalau ingin mengunjunginya, pastikan kamu membawa jaket berbahan cukup tebal jika tidak ingin keasikan wisata di Gunung bromo terganggu karena tidak sanggup menahan udara dingin pagi hari yang bisa sangat menusuk.

 

2. Gunung Widodaren Bromo

Rekomendasi wisata Gunung Bromo berikutnya, yaitu Gunung Widodaren yang berada tidak begitu jauh dari Bromo. Ia masih bersebelahan dengan Gunung Batok yang masih berada di satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Objek Wisata Widodaren juga memiliki puncak ketinggian 2.614 meter diatas permukaan laut.

Beberapa masyarakat lokal mengatakan bahwa Puncak Gunung Widodaren sering dijadikan tempat untuk bertapa oleh beberapa penduduk asli suku Tengger untuk mencapai tingkatan Moksa – atau kesempurnaan.

Cerita-cerita berkaitan dengan masyarakat Tengger dan Gunung Widodaren ini juga menjadi bagian menarik, lho!

 

3. Kawah Utama Bromo

Credit Image - goodnewsfromindonesia.id

Kawah utama Bromo salah satu lokasi objek wisata Gunung Bromo terbaik yang ada. Nama "Bromo" sendiri diambil dari bahasa Sansekerta bahasa Jawa: Brahma, salah satu Dewa yang ada dalam agama Hindu.

Gunung Bromo memiliki kawah dengan ukuran garis tengah yang besar, yakni sepanjang ± 800 meter (dari utara ke selatan) dan ± 600 meter (dari Timur ke Barat).

Ada juga sebuah lingkaran raksasa dengan panjang jari-jari lingkaran sepanjang 4 km dari pusat kawah Bromo yang disebut sebagai kawah utama. Kamu pun dapat menyaksikan keindahan fenomena alam ini dari jarak yang sangat dekat, lho!

 

4. Bukit Cinta

Tak hanya kawahnya yang spektakuler, Bukit Cinta Bromo atau Love Hill merupakan obyek wisata yang masih tergolong baru yang dihadirkan untuk melengkapi keseruan wisata Bromo.

Sebagian wisatawan berpendapat bahwa Bukit Cinta ini adalah View Point Golden Sunrise Gunung Bromo yang juga tidak kalah indah.

Oleh karena itu, jika kamu merasa Point Penanjakan 1 dirasakan sangat ramai dipadati oleh para wisatawan, sebagian pengunjung memutuskan untuk beralih ke Bukit Cinta Bromo.

Selain mendapatkan kenyamanan menyaksikan Golden Sunrise Gunung Bromo, dari obyek wisata Bukit Cinta para wisatawan juga bisa dengan jelas menyaksikan keindahan alam, yaitu pemandangan kemegahan 3 buah gunung yang berdiri kokoh berdekatan yakni Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru.

 

5. Pasir Berbisik

Credit Image - travel.okezone.com

Ini adalah bagian dari wisata Gunung Bromo yang merupakan lautan hamparan pasir yang membentang luas di kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Padang pasir yang memiliki luas sebesar 5.920 hektar ini menjadi pemandangan alam yang tidak bisa didapatkan di sekitar pegunungan lain yang ada di Indonesia. Bahkan Taman Nasional Tengger Semeru dinobatkan sebagai satu-satunya kawasan pegunungan yang memiliki lautan pasir yang terbentang luas di Nusantara, lho.

Berdasarkan sejarahnya, lautan pasir yang terbentuk di lokasi wisata Bromo ini karena adanya letusan kecil dua gunung yang saling berhimpitan. Akibatnya, material vulkanik yang terlempar ke tenggara membentuk sebuah lembah besar dan kaldera.

Karena dalamnya kaldera, maka materi vulkanik dari letusan lanjutan menumpuk di dalam dan membentuk lautan pasir yang dikenal dengan obyek wisata Pasir Berbisik.

Alasan dinamai Pasir Berbisik karena hembusan angin kencang yang meniup pasir-pasir di lokasi ini menyebabkan butiran-butiran pasir beterbangan ke udara. Gesekan antar butiran pasir pun menimbulan suara desis layaknya manusia yang sedang mengeluarkan suara bisikan.

 

Biar Liburan Makin Seru, Jangan Lupa Tetap Jaga Proteksi Dirimu!

Berlibur sejenak dengan mengunjungi wisata Gunung Bromo memang terdengar menyenangkan, ya? Tapi, ingat, bepergian bisa saja menjadi kegiatan yang melelahkan, bahkan menguras tenaga, apalagi kalau kamu harus menempuh perjalanan jauh terlebih dahulu.

Nah, biar kondisi kesehatanmu tetap terjaga, pastikan kamu tetap mendapat waktu istirahat yang cukup – dan menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Jadi, itulah berbagai rekomendasi wisata Gunung Bromo yang dapat kamu kunjungi. Dijamin bikin happy!

 

 

Featured Image – tiket.com

Source – orami.co.id