6 Pengeluaran Tak Terduga Ini Harus Segera Diantisipasi!

6 Pengeluaran Tak Terduga Ini Harus Segera Diantisipasi!

Ada keperluan urgent, mau gak mau harus mengeluarkan biaya tambahan di luar rencana pengeluaran, kan? Kasus ini sepertinya cukup sering dialami – dan seringkali disebut sebagai pengeluaran tak terduga.

Biasanya, pengeluaran ini terjadi begitu mendadak, sehingga kamu kerap tidak siap untuk menanggungnya. Tak hanya soal waktunya, namun kamu pun tidak bisa memprediksi berapa besaran biaya yang akan diperlukan.

Apa akibatnya? Kamu akan merasa kesulitan untuk menutupi keperluan tersebut, apalagi jika angkanya terlalu tinggi, bisa jadi kamu harus meminjam uang.

Tapi tenang, kondisi tersebut sebenarnya dapat diminimalisir. Hal pertama, kamu harus membuat daftar lengkap mengenai pengeluaran mendadak yang sangat mungkin terjadi di dalam hidup. Tapi, apa saja list tersebut?

Simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Perbaikan Perlengkapan Rumah

6 Pengeluaran Tak Terduga Ini Harus Segera Diantisipasi!

Credit Image - aiostore.co.id

Pengeluaran tidak terduga yang sering terjadi adalah kerusakan alat-alat elektronik di dalam rumah. Kerusakan ini biasanya terjadi tanpa diduga-duga. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Mesin cuci rusak
  • Rice cooker rusak
  • Alat setrikaan tidak menyala
  • Saluran air macet

Sebenarnya, pengeluaran kebutuhan di atas kadang dapat diprediksi. Sebelum rusak total, mungkin peralatan-peralatan di atas sudah memunculkan beberapa tanda error. Saat itulah kamu perlu mulai menyiapkan dana untuk memperbaiki atau membeli peralatan baru. Namun, bukan tak mungkin peralatan tersebut rusak secara tiba-tiba tanpa ada tanda sebelumnya.

Jadi, akan jauh lebih baik jika kamu sudah menyisihkan dana dari jauh-jauh hari, ya!

 

2. Kendaraan yang Rusak

Selain peralatan dan perlengkapan rumah, pengeluaran tak terduga lainnya juga sering muncul dari kendaraan pribadi. Mulai dari ban bocor hingga bagian mesin rusak, kamu sudah harus siap akan pengeluaran mendadak sedari awal membeli kendaraan.

Khawatir ada kerusakan yang ditimbulkan dari kecelakaan atau kejadian tak terduga lain, maka idealnya dana darurat ini memang dipisahkan dari alokasi dana untuk pemeliharaan.

Untuk meringankan beban, mulailah pertimbangkan produk-produk asuransi kecelakaan atau kendaraan agar bisa memberi proteksi di kala kamu membutuhkannya.

 

3. Bencana Alam

6 Pengeluaran Tak Terduga Ini Harus Segera Diantisipasi!

Credit Image - voi.id

Bencana alam seperti tsunami, longsor, angin puting beliung, dan lain sebagainya juga termasuk ke dalam musibah yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Selain itu, kerusakan atau kerugian materi yang ditimbulkan juga tidak bisa ditakar atau dihitung secara akurat dari jauh-jauh hari.

Oleh karena itu, pilihan terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan dana darurat sebanyak-banyaknya semampumu agar bisa menanggulangi dampak bencana alam yang terjadi.

 

4. Kebakaran

Pengeluaran tidak terduga selanjutnya dapat ditimbulkan dari peristiwa kebakaran. Meski tak termasuk ke dalam bencana alam, kebakaran juga merupakan bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Pasalnya, hal ini tidak hanya bisa disebabkan oleh kecerobohan atau kebakaran yang terjadi di rumah sendiri, tetapi juga di tempat tinggal orang lain yang kemudian meluas ke rumah sekitarnya.

Jadi, musibah ini benar-benar tidak bisa kita kendalikan. Sama halnya seperti kejadian kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian pengendara lain namun memakan korban pengendara lain yang sudah berhati-hati.

Selalu siapkan nomor pemadam kebakaran agar penyebaran api bisa dihentikan dengan lebih cepat dan efektif.

 

5. Biaya Listrik yang Meningkat

6 Pengeluaran Tak Terduga Ini Harus Segera Diantisipasi!

Credit Image - lifepal.co.id

Saat sering di rumah – atau udara yang sedang panas, kamu mungkin akan sering menyalakan AC setiap hari. Begitu pun ketika ada sanak saudara yang menginap di rumahmu, misalnya. Penggunaan mesin cuci, air, setrika, atau TV juga akan meningkat dari biasanya.

Kamu perlu mempersiapkan diri untuk kenaikan tagihan listrik pada waktu-waktu tertentu, contohnya seperti yang disebutkan di atas. Dan, jangan lupa untuk tetap terapkan kebiasaan menghemat energi, seperti mematikan alat elektronik dan lampu ketika tidak digunakan.

 

6. Biaya Berobat

Sama halnya dengan kecelakaan kendaraan, musibah lain yang tak bisa diprediksi adalah datangnya penyakit. Maka, biaya berobat juga harus masuk ke dalam daftar pengeluaran tidak terduga.

Hal ini memang bisa diminimalkan dengan menjaga pola hidup sehat. Akan tetapi, sebagai manusia, kamu tak pernah tahu kapan akan jatuh sakit. Ada faktor eksternal lain yang tak bisa dikendalikan dan dapat mempengaruhi kesehatan, mulai dari cuaca, wabah penyakit, maupun kecelakaan.

Pengeluaran biaya berobat ini bisa kamu siapkan dengan mendaftarkan diri pada program asuransi kesehatan. Tapi, jangan lupa untuk pelajari syarat dan ketentuan selengkap-lengkapnya, agar kamu tak mengalami kendala di kemudian hari ketika mengajukan klaim pada perusahaan asuransi.

Selain itu, kamu juga tetap perlu menyiapkan dana untuk penyakit atau biaya rumah sakit yang tidak bisa ditanggung oleh produk asuransi.

Nah, selain dengan menyiapkan dana darurat dalam hal berobat, kamu juga bisa meminimalisir timbulnya penyakit dengan menjaga kesehatan, lho, mulai dari mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan beristirahat yang cukup.

Jangan lupa, tetap konsumsi multivitamin Enervon Active yang ramah di lambung – dan punya harga ekonomis. Meski begitu, suplemen ini punya kandungan lengkap yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh makin mantap!

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan non-acidic vitamin C dan zinc di dalam multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Wah, ternyata cukup banyak, ya, pengeluaran yang bisa terjadi kapan saja? Untuk itu, mulai sekarang kamu mesti menyiapkan dana darurat biar gak panik soal biaya ketika hal tersebut terjadi.

 

 

Featured Image – namastra.co.id

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!