Stres merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari- hari. Contohnya, hari ini kita datang ke kantor dengan cerita. Tiba- tiba, bos memanggil dan kita kena marah karena urusan pekerjaan.

Setelah itu, pasti kamu merasakan pusing. Belum lagi bos bilang kalau pekerjaan yang salah harus dibereskan hari ini juga. Seharian kita duduk di depan laptop, berusaha menyelesaikan semuanya. Akibatnya, sakit kepala langsung menyerang. Dan saat pulang, badan menjadi tidak enak, kemudian esoknya kita terkena batuk pilek.

Sedahsyat itukah efek stress pada tubuh kita? Apa yang sebenarnya terjadi sewaktu kita stress?

Kalau dilihat, stress yang kita alami setiap hari itu bisa berpengaruh pada kondisi tubuh. Tetapi, sebenarnya yang terjadi itu lebih dari sekedar urusan kesehatan fisik. Dampak stress paling sering dialami oleh pikiran kita. Itu sebabnya, saya sering bilang,“Stress kills faster than any disease”. Stress lebih cepat membunuh kita dibandingkan penyakit apa pun.

Itu sebabnya, mungkin kita sering melihat ada orang yang hidupnya sehat, rajin olahraga, sering mengonsumsi buah dan sayur. Tapi, bisa sampai terkena serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh stress. Karena, saat kita memiliki pikiran buruk, sel- sel di tubuh langsung mati, daya tahan tubuh pun otomatis menurun. Dan yang diserang itu umumnya adalah sel- sel terlemah di bagian tubuh kita.

Setiap orang memiliki kelemahannya masing- masing. Jadi, mungkin ada yang mengalami sakit kepala, batuk- batuk, atau diare. Namun, terlepas dari apa yang kita makan, apakah makanan yang kurang sehat atau dibeli dari tempat yang kurang bersih, tetap saja bisa jadi yang membuat kita sakit adalah pikiran kita sendiri.

Kita mungkin sering bertanya, bagaimana caranya supaya tidak stress, sehingga daya tahan tubuh tidak menurun dan tidak mudah sakit? Sayangnya, stress tidak bisa dihindari. Justru dalam level yang normal, stress bisa berdampak positif untuk kita. Yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan stress. Jangan dipendam, namun dikendalikan.

Create balance in life. Lakukan meditasi untuk menguatkan pikiran. Duduk tenang selama beberapa menit, fokuskan pikiran hanya pada napas. Lihatlah ke dalam dirimu.

Jika ada pikiran- pikiran negative yang terlintas dalam pikiranmu, biarkan semua mengalir dan jangan dihentikan. Selain itu, evaluasi kembali gaya hidupmu selama ini. Mulailah mengonsumsi makanan sehat dan bila kondisi tubuh sedang menurun, minum vitamin dengan dosis yang tepat agar tidak mudah sakit. Selamat mencoba!

 

Featured Image - talenttalks.net