5 Vitamin untuk Anak yang Sering Sakit, Cukupi Asupannya!

5 Vitamin untuk Anak yang Sering Sakit, Cukupi Asupannya!

Anak yang kerap terserang penyakit menjadi permasalahan yang kerap dialami sebagian orangtua. Setuju, gak, parents? Kondisi ini bisa disebabkan oleh alergi atau daya tahan tubuh Si Kecil yang masih lemah maupun rendah.

Sebagai solusinya, kamu dapat memberikan vitamin untuk anak yang sering sakit, sehingga sistem kekebalannya dapat meningkat.

Vitamin merupakan salah satu jenis nutrisi yang memiliki peranan penting bagi tubuh. Meski dibutuhkan dalam jumlah yang tak terlalu besar, namun asupan nutrisi ini tetap perlu dipenuhi dengan baik, ya. Pemberian makanan yang mengandung vitamin – dan bergizi tinggi menjadi pilihan yang tepat.

Berikut ini sejumlah vitamin untuk anak yang sering sakit – penting untuk dicukupi kebutuhannya, ya!

 

 

1. Vitamin A

5 Vitamin untuk Anak yang Sering Sakit, Cukupi Asupannya!

Credit Image - alodokter.com

Vitamin untuk anak yang sering sakit pertama, yakni vitamin A. Nutrisi yang satu ini berperan untuk memelihara kesehatan mata anak. Vitamin ini sangat penting bagi anak yang baru belajar mengenal warna supaya mereka dapat melihat dan memahaminya dengan benar.

Selain bermanfaat dalam memelihara kesehatan mata, rupanya vitamin A juga bisa menjadi vitamin untuk anak yang sering sakit. Vitamin ini bisa mengatur daya pemulihan atau penyembuhan saat terjadi gangguan kesehatan.

Vitamin A memiliki peran dalam proses pembentukan sel darah putih yang berfungsi dalam melawan virus dan bakteri di dalam tubuh. Kekurangan vitamin A, bisa melemahkan perlindungan tubuh Si Kecil. 

Adapun makanan yang kaya akan vitamin A, seperti:

  • Buah dan sayuran berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar, blewah, dll.
  • Susu
  • Hati

 

2. Vitamin B Kompleks

Kelompok vitamin B terdiri dari B1, B2, B3, B5, B6, B12, B7, dan B9. Semua kelompok tersebut memang dibutuhkan sebagai vitamin untuk anak yang sering sakit. Vitamin ini dapat meningkatkan metabolisme dan energi serta menjaga kesehatan sistem saraf dan jantung. 

Manfaat vitamin B juga bisa membantu produksi sel darah merah yang bertugas mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh supaya fungsi organ-organ penting bisa bekerja dengan baik. Berbagai penyakit seperti demam pun bisa terhindar saat imun tubuh anak kuat.

Ada pun sumber makanan untuk vitamin B, seperti:

  • Ikan
  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Roti gandum dan oatmeal
  • Makanan laut lainnya
  • Sayur hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, dll
  • Daging dan unggas
  • Susu dan produk olahan susu seperti yogurt dan keju

 

3. Vitamin C

5 Vitamin untuk Anak yang Sering Sakit, Cukupi Asupannya!

Credit Image - healtheries.co.nz

Vitamin C merupakan salah satu vitamin untuk anak yang sering sakit yang perlu dicukupi kebutuhannya. Nutrisi satu ini berfungsi dalam menjaga jaringan tubuh seperti tulang, gusi, pembuluh darah, dan organ penting lainnya. Asupan vitamin C di dalam tubuh juga bisa meningkatkan performa limfosit putih atau sel T, dan fagosit yang merupakan bagian dari imun tubuh. 

Selain itu, vitamin C juga memiliki efek antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari ketidakseimbangan radikal bebas. Sebagai pengendali radikal bebas, vitamin C bisa melindungi sel tubuh dari stres oksidatif pemicu dari penyakit.

Kamu bisa memberikan anak sumber vitamin C, seperti stroberi, jeruk, kiwi, jambu, lemon, leci, pepaya atau sayuran lainnya. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan sumber vitamin C ini lewat cemilan-cemilan bergizi, lho!

 

4. Vitamin D

Mengutip dari Jurnal Pediatrics, minimnya asupan vitamin D bisa membuat sakit jadi lebih parah dan membutuhkan perawatan yang lebih lama untuk sembuh. Vitamin D dapat membantu mengoptimalkan imunitas tubuh dengan menunjang kerja sel darah putih saat melawan patogen. Sifatnya yang antioksidan dan anti radang bisa meningkatkan kerja sistem imun, otot, dan saraf.

Selain itu, vitamin D juga sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi anak karena bisa membantu tubuh menyerap kalsium. Lewat sinar matahari pagi, Si Kecil bisa mendapatkan vitamin D. Kamu juga bisa memberikan anak makanan yang kaya sumber vitamin D, seperti:

  • Kuning telur
  • Susu
  • Hati
  • Ikan sarden, salmon, dll
  • Sereal

 

5. Vitamin E

5 Vitamin untuk Anak yang Sering Sakit, Cukupi Asupannya!

Credit Image - wholesomekids.ca

Terakhir, ada pula vitamin E yang juga termasuk sebagai vitamin untuk anak yang sering sakit. Vitamin ini bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan serangan bakteri, virus, dan patogen lainnya. 

Sistem antiinflamasinya juga berfungsi dalam menangkal radikal bebas yang memicu berbagai penyakit kronis. Hal ini disebabkan vitamin E bisa membantu kinerja dan pendewasaan bagian imun yang disebut sel dendritik. Sel dendritik sendiri berfungsi dalam merespon dan mengenali patogen penyebab penyakit.

Mengutip dari National Institutes of Health, dosis maksimal yang dianjurkan untuk anak-anak, sebagai berikut:

  • Anak usia 9-13 tahun butuh 600 mg atau 900 IU
  • Anak usia 4-8 tahun butuh 300 mg atau 450 IU

Nah, kamu bisa memberikan anak makanan yang kaya vitamin E, seperti:

  • Buah-buahan seperti mangga, alpukat, kiwi, blackberry, dll
  • Minyak nabati seperti canola, bunga matahari, dan zaitun
  • Ikan dan jenis makanan laut lainnya
  • Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dll
  • Kuning telur
  • Kacang dan biji-bijian seperti hazelnut, biji bunga matahari, almond, gandum, dll

 

Jadi, itulah berbagai vitamin untuk anak yang sering sakit. Apakah Si Kecil sudah mendapat asupannya setiap hari?

 

 

Featured Image – fimela.com

Source – welovesupermom.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!