Tahukah kamu bahwa rasa kesepian dapat berakhir buruk? Tak hanya mengganggu kondisi psikis saja, namun juga kesehatan fisik secara keseluruhan. Mulai dari tekanan darah meningkat hingga risiko kematian kian mengintai.

Dilansir dari CNN Indonesia, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam National Institute of Aging dengan judul Social Isolation, Loneliness in Older People Pose Health Risks yang terbit pada tahun 2019 silam menemukan berbagai risiko kesehatan yang diakibatkan oleh kesepian.

Mendukung penelitian tersebut, CDC juga menjelaskan bahwa masalah kesehatan juga dapat dipicu oleh rasa kesepian.

Lantas, apa saja dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari kesepian? Berikut ini ulasannya!

 

 

1. Kematian Dini

Credit Image - suara.com

Isolasi sosial secara signifikan meningkatkan risiko kematian dini. Risiko ini bahkan lebih besar dari kematian akibat merokok, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik. Kesepian di antara pasien gagal jantung juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian hampir 4 kali lipat, 68 persen peningkatan risiko rawat inap, dan 57 persen peningkatan risiko kunjungan gawat darurat.

 

2. Penyakit Jantung dan Stroke

Kemudian, isolasi sosial yang berujung pada kesepian juga meningkatkan seseorang terkena penyakit jantung dan stroke. Bahkan, kesepian dikaitkan dengan 29 persen peningkatan penyakit jantung, serta 32 persen peningkatan penyakit stroke.

 

3. Depresi dan Kecemasan

Credit Image - health.kompas.com

Kesepian dikaitkan dengan tingkat depresi, kecemasan, dan bunuh diri yang lebih tinggi.

Gangguan cemas ditandai dengan munculnya perasaan khawatir dan takut yang intens dan bertahan lama. Sementara depresi ditandai dengan perasaan putus asa mendalam dan membuat seseorang kehilangan gairah hidup.

Jika tak dikontrol dengan baik, kedua kondisi mental tersebut dapat berujung pada munculnya keinginan bunuh diri.

 

4. Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Jika kamu kesepian, terutama berlangsung selama 4 tahun atau lebih, tekanan darah cenderung naik.

Namun, para ilmuwan yang mempelajari hal tersebut tidak dapat membuktikan bahwa kesepian harus disalahkan pada peningkatan tekanan darah. Namun, mereka menemukan bahwa hipertensi yang terjadi pada orang kesepian tidak disebabkan oleh hal lain seperti pola makan, usia, jenis kelamin.

 

5. Imunitas Menurun

Credit Image - alodokter.com

Kesepian juga dapat menyebabkan imunitas menurun. Tubuh akan kesulitan melawan penyakit saat kamu kesepian terlalu lama. Mengutip WebMD, hal ini bisa terjadi karena kesepian memicu beberapa hormon yang dibuat tubuh saat kamu sedang stres. Hal ini dapat meredupkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk itu, agar imunitas tetap terjaga dengan baik, selain sebisa mungkin tidak terisolasi secara sosial, kamu juga perlu melakukan langkah lainnya, terutama mencukupi kebutuhan vitamin, terutama vitamin C.

Menurut ulasan yang diterbitkan di jurnal Nutrients, kekurangan vitamin C dapat melemahkan imun tubuh hingga rentan terkena infeksi penyakit, lho.

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh, terutama dalam meningkatkan imunitas. Sayangnya, tubuh tidak bisa menghasilkan sendiri vitamin ini, sehingga perlu didapatkan dari makanan atau suplemen.

Secara khusus, vitamin C mampu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga kuat dalam melawan ancaman penyakit. Vitamin C berperan untuk mendukung berbagai fungsi seluler pada sistem imun alami. Selain itu, vitamin C juga adaptif dalam mengeliminasi patogen dalam tubuh dan menghambat terjadinya kerusakan jaringan.

Selain itu, sifat antioksidan yang dimiliki oleh vitamin C juga membuat nutrisi ini mampu membantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel. Maka, tak heran jika menyebut vitamin ini sebagai salah satu kunci dalam meningkatkan imunitas tubuh, kan?

Untuk mendapatkan asupan vitamin yang satu ini, selain dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, kamu juga dianjurkan minum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active merupakan multivitamin yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, sekaligus mempercepat proses pemulihan ketika sedang sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.


Jangan disepelekan, ya. Rasa kesepian dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental, lho. Untuk itu, kendalikan rasa sepi sehingga tak berujung bahaya.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – cnnindonesia.com