Jika kamu baru lulus kuliah dan berencana mengikuti bursa kerja, tindakan ini sangat tepat. Bursa kerja merupakan salah satu cara efektif untuk mencari pekerjaan.

Dengan mendaftar di bursa kerja, kamu bisa menemukan berbagai lowongan kerja dari berbagai macam perusahaan. Hal ini tentu menguntungkan dan kamu tidak perlu lagi melamar langsung ke kantor perusahaan tujuanmu.

Agar sukses mencari pekerjaan di bursa kerja, berikut ini tips yang bisa kamu ikuti.

1. Bikin list perusahaan yang ada

Credit: qsrweb.com

Biasanya di iklan bursa kerja ada nama- nama perusahaan yang berpartisipasi. Segera cari info tentang perusahaan tersebut, beserta info posisi kerja yang tersedia. Hal ini akan membantumu untuk mempersiapkan segalanya lebih matang. Dan kamu bisa memprediksikan jumlah lamaran yang akan dibuat.

2. Tentukan posisi yang ingin dilamar

Credit: wral.com

Tentukan jenis posisi yang ingin kamu lamar dan jangan fokus pada satu posisi saja. Meskipun tujuanmu mencari posisi yang sesuai jurusan kuliah, tapi jangan menutup kesempatan bekerja di bidang lainnya. Coba eksplore kemampuanmu dan berani menerima tantangan.

3. Bikin resume semenarik mungkin

Credit: nosquarepegs.com

Buat resume, cover letter, portofolio semenarik mungkin. Selain itu, pastikan kamu selalu mengupdate resume tersebut. Jangan sampai ada keterampilan atau pengalaman kerjamu yang terlewatkan untuk dicantumkan dalam resume. Usahakan cetak resume sebanyak mungkin untuk dibawa ke bursa kerja.

4. Gunakan pakaian yang rapi dan sopan

Credit: sourcingjournal.com

Ketika datang ke bursa kerja, gunakan pakaian yang formal, rapi, dan sopan. Gunakan kemeja dengan bawahan yang rapih. Dan jika ada kamu bisa menambahkan blazer untuk mempercantik penampilan.

5. Latih gestur dan cara berkomunikasi

Credit: endgadget.com

Ketika kamu masih di rumah, coba latih gestur dan cara berkomunikasimu di depan cermin. Lebih baik lagi, jika kamu membuat catatan singkat tentang perkenalan diri di kertas. Catatan ini untuk membantumu agar lebih lancar saat diwawancarai di lokasi bursa kerja. Selain itu, dengan berlatih, kamu bisa mengurangi rasa gugup dan meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

6. Lakukan survey ke lokasi bursa kerja H-1

Credit: newschannel5.com

Untuk menghindari keterlambatan di hari- H, sebaiknya lakukan survey ke lokasi sehari sebelumnya. Liat tempat parkirnya, ruangannya, toilet, dan apakah ada tempat makan. Sehingga nantinya kamu tidak repot mencari- cari lagi.

Apabila lokasi bursa kerja terletak di luar kota, kamu bisa mencari penginapan sementara. Dan sebaiknya tunggu 3 hari di penginapan, agar kamu bisa survey sekaligus menanti panggilan kerja dengan nyaman.

 

Itu dia beberapa tips sukses mencari pekerjaan di bursa kerja. Yang paling penting adalah siapkan dokumen dengan lengkap, dan jangan lupa untuk selalu jaga staminamu ya!

 

Featured Image - business-standard.com