Jalanan Macet Berdampak pada Kesehatan, Lho, Apa Saja?

Jalanan Macet Berdampak pada Kesehatan, Lho, Apa Saja?

Harus bergelut dengan kemacetan, sepertinya ini menjadi permasalahan yang kerap dirasakan banyak orang, apalagi kamu yang harus commute dari rumah ke kantor – maupun sebaliknya. Jangan salah, berhadapan dengan macet terus-menerus dapat berdampak pada kondisi kesehatan, lho.

Menurut Glints, akibat dari dampak tersebut pun tidak hanya dapat dirasakan dalam jangka pendek saja, tetapi juga jangka panjang. Mulai dari permasalahan kesehatan mental sampai fisik. Jadi, jangan dianggap sepele, ya!

Jadi, apa saja sih dampak buruk dari kemacetan? Dan bagaimana cara mengantisipasinya? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Dampak Kemacetan Bagi Kesehatan Tubuh

Jalanan Macet Berdampak pada Kesehatan, Lho, Apa Saja?

Credit Image - cnnindonesia.com

Harus berhadapan dengan macet hampir setiap hari dapat menyebabkan permasalahan kesehatan, lho. Baik itu fisik maupun mental. Berikut beberapa dampaknya.

1. Stres

Dampak kemacetan bagi kesehatan yang sudah pasti kamu sadari adalah rasa stres dan cemas yang berlebihan. Hal ini sebenarnya tak hanya disebabkan oleh kemacetannya itu sendiri, tetapi juga oleh faktor lain, seperti kekhawatiran akan terlambat dan juga stres karena suara klakson di mana-mana.

Jika tak diatasi dengan baik, kemungkinan besar kamu akan melampiaskannya di tempat kerja, rumah, atau pada orang lain yang akan kamu temui selanjutnya. Nah, mengenali sumber stres adalah langkah pertama agar kamu bisa memutuskan langkah selanjutnya yang lebih tepat untuk mengatasi stres tersebut.

 

2. Kelelahan

Sunny Joseph, seorang Piskolog Klinis dari Manipal Hospital melalui White Swan Foundation menjelaskan bahwa perjalanan panjang karena macet dapat menyebabkan fatigue atau kelelahan.

Lebih lanjut lagi, kelelahan akhirnya akan memberi dampak emosional, seperti:

  • lesu
  • kurang energi
  • demotivasi
  • pendiam

Secara mental, kelelahan juga bisa menyebabkan:

  • rentan membuat kesalahan
  • sulit membuat keputusan
  • sulit berkonsentrasi
  • sulit berkomunikasi

Dalam skenario terburuk, kelelahan bahkan bisa memicu kecelakaan lalu lintas karena hilangnya fokus.

 

3. Penyakit gangguan pernapasan

Selain kesehatan mental, ternyata ada dampak kemacetan bagi kesehatan fisik juga yang perlu kamu waspadai. Salah satu ancaman terbesar saat macet adalah besarnya polusi udara di sekitar kendaraan.

Hal ini tentunya berbahaya apalagi jika kamu berkendara di mobil dengan sirkulasi udara kurang baik, kondisi kaca yang terbuka, atau sedang mengendarai motor tanpa masker.

Dilansir dari Medical News Today, polusi udara saat macet 29 kali lebih tinggi dari pada polusi di jalanan yang tak terlalu padat. Polusi udara inilah yang akhirnya akan meningkatkan risiko penyakit gangguan pernapasan, misalnya kanker paru-paru, asma, dan pneumonia.

 

4. Sakit punggung

Sama halnya dengan duduk berjam-jam di depan laptop, terlalu lama duduk di kendaraan saat macet juga bisa sebabkan sakit punggung.

Bedanya, setidaknya kamu bisa berdiri atau berjalan sesekali di kantor untuk mengurangi sakitnya. Namun, saat berkendara, hal ini tentu sulit untuk dilakukan.

Tapi, bagaimana kemacetan dapat menyebabkan sakit punggung? Saat duduk, tubuhmu akan memberikan tekanan pada bagian belakang tubuhmu, mulai dari punggung, pinggul, hingga bokong. Tekanan inilah yang akhirnya menimbulkan rasa sakit.

 

Tips Mengantisipasi Dampak Kemacetan Terhadap Kesehatan

Jalanan Macet Berdampak pada Kesehatan, Lho, Apa Saja?

Credit Image - blog.ballard.com

Ada beberapa upaya yang bisa kamu coba untuk mengurangi dampak kemacetan bagi kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Ubah persepsi

Kemacetan pasti akan terasa berat bagi orang-orang yang sangat memperhatikan manajemen waktu, perfeksionis, atau memang sedang mengurusi berbagai hal dalam satu waktu.

Oleh karena itu, berusahalah untuk mengubah persepsimu. Berhubung kemacetan adalah hal yang tak bisa kamu kendalikan, jadi, yang bisa kamu kendalikan hanyalah persepsi terhadap manajemen waktu dan situasi.

 

2. Ajak teman

Cara selanjutnya untuk mengurangi dampak buruk kemacetan bagi kesehatan adalah dengan mengajak teman selama perjalanan. Teman bisa menjadi tempat cerita, bertukar pikiran, atau sekadar bercanda selama perjalanan, lho.

Dengan begitu, kamu bisa mengalihkan fokus dari masalah kemacetan ini ke hal lain yang lebih menyenangkan.

 

3. Dengarkan musik

Riset yang dilansir dari Psychology Today menunjukkan bahwa jenis musik ternyata sangat mempengaruhi tekanan darah saat terjebak macet. Tubuhmu tak hanya mengalami perubahan secara emosi maupun mental, tetapi juga fisik.

Temuan riset membuktikan bahwa tekanan darah cenderung akan naik ketika kita mendengarkan musik yang agresif atau tidak mendengarkan musik sama sekali. Jadi, sangat disarankan untuk mendengarkan musik yang menenangkan seperti jazz atau soft rock.

 

Pastikan Energi Tubuh Sudah Terjaga dengan Baik

Jalanan Macet Berdampak pada Kesehatan, Lho, Apa Saja?

Credit Image - blog.cove.id

Harus menghadapi macetnya jalanan tentu memerlukan energi tubuh yang cukup, ya. Untuk itu, selain mendapat tidur yang berkualitas kamu juga disarankan agar menjalani pola makan sehat – sehingga tubuh tidak gampang lemas dan memiliki stamina yang baik.

Tetap pertahankan kesehatan tubuh dengan mengonsumsi berbagai menu bergizi seimbang, serta hindari jenis makanan cepat saji yang kurang baik bagi kesehatan. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk rutin berolahraga – karena aktivitas fisik juga bisa membuat tubuh lebih berenergik, lho.

Untuk mengoptimalkan kesehatanmu, apalagi bagi yang punya aktivitas padat, pastikan kamu sudah memperoleh sumber vitamin dan mineral – yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk memperoleh produk Enervon Active, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, yuk!

 

Jangan dianggap sepele, ya. Pada kenyataannya, menghadapi kemacetan terus-menerus dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, tak hanya mental saja namun juga fisik. Untuk mengantisipasi risikonya, kamu dapat menerapkan tips di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

 

 

Featured Image – economictimes.indiatimes.com

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!