7 Tips Mengajak Anak Nonton Bioskop di Akhir Pekan

7 Tips Mengajak Anak Nonton Bioskop di Akhir Pekan

Siapa di antara moms dan dads yang ingin mengajak anak nonton bioskop di akhir pekan nanti? Kalau begitu, pastikan kamu harus melakukan beberapa persiapan agar kegiatan menonton dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

Menonton film merupakan salah satu pilihan sarana hiburan bersama keluarga. Meski nonton film bisa dilakukan di mana saja, mengingat banyaknya layanan streaming yang dapat dinikmati, namun pergi ke bioskop tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi orangtua dan anak-anak.

Namun, jika ingin mengajak anak nonton bioskop, apa saja persiapan yang baiknya dilakukan? Karena, sepanjang pemutaran film, Si Kecil bisa saja rewel – dan menganggu pengunjung lainnya. Berikut ini ulasannya.

 

 

Bolehkah Anak Nonton Bioskop?

7 Tips Mengajak Anak Nonton Bioskop di Akhir Pekan

Credit Image - megapolitan.kompas.com

Menonton film memang bisa menjadi pilihan hiburan tersendiri bagi anak-anak. Terlebih, semakin banyak film yang bukan hanya menarik, tetapi juga menawarkan ragam manfaat untuk anak. Untuk mendapatkan manfaat itu, kini, ada banyak cara menonton film yang bisa kamu dan anak lakukan di rumah.

Akan tetapi, menonton film di bioskop tetap menjadi cara favorit bagi sebagian orang, sehingga memutuskan untuk melakukannya bersama anak. Apalagi, menonton film di bioskop juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengenalkan situasi baru kepada Si Kecil, sehingga mereka bisa mempelajari secara langsung lingkungan di sekitar mereka.

Jadi, sebenarnya boleh saja, kok, kalau orangtua ingin mengajak anak nonton bioskop. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua anak sudah siap untuk menonton film di bioskop, terutama balita.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan orangtua sebelum bisa mengajak anak ke bioskop. Orangtua sebaiknya memastikan anak memang sudah benar-benar siap untuk menonton di bioskop sesuai dengan aturan yang ada, seperti:

  • Kemampuan sensorik anak sudah cukup berkembang untuk bisa beradaptasi dengan suasana di dalam bioskop.
  • Anak sudah mampu fokus untuk menonton dalam waktu yang cukup lama.
  • Anak bisa bersikap tenang dan diam selama menonton film agar tidak mengganggu penonton lain.

Selain itu, tidak semua bioskop memperbolehkan anak menonton film dengan kategori usia yang tidak sesuai dengan usia mereka. Misalnya, beberapa bioskop mungkin tidak memperbolehkan balita menonton film untuk anak usia 12 tahun ke atas. Anak-anak juga tidak boleh ikut menonton film untuk orang dewasa.

Selain memengaruhi tumbuh kembangnya, kehadiran anak dikhawatirkan bisa mengganggu penonton lain jika mereka berisik atau tidak mau duduk diam selama film berlangsung.

Jika menonton film yang sesuai usia anak, maka penonton lain pun sudah mengetahui bahwa akan ada anak kecil di dalam bioskop tersebut. Ini artinya, penonton lain tidak akan merasa terganggu jika ada anak yang berbicara atau berjalan-jalan di dalam bioskop.

 

Di Usia Berapa Si Kecil Boleh Menonton Bioskop?

7 Tips Mengajak Anak Nonton Bioskop di Akhir Pekan

Credit Image - tirto.id

Nah, sebenarnya tidak ada aturan – atau patokan pasti mengenai usia anak nonton bioskop, lho. Tetapi, sebagai orangtua, kamu dapat mencoba menentukan sendiri apakah si Kecil sudah siap untuk diajak menonton di bioskop.

Namun, menurut American Academy of Pediatrics, anak-anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya tidak menonton hingga lebih dari 1 jam per hari.

Melansir dari Southern Early Childhood, kebanyakan orangtua mengajak anak mereka menonton film di bioskop saat usia anak sudah lebih dari 4 tahun. Meski demikian, ukuran usia tersebut tidak bisa disamakan untuk setiap anak, ya!

Untuk anak yang masih sensitif terhadap suara keras atau takut gelap, kamu bisa mempertimbangkan kembali apakah anak sudah bisa berlama-lama di bioskop dengan suara yang keras dan lampu yang redup.

 

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Anak Menonton Bioskop

7 Tips Mengajak Anak Nonton Bioskop di Akhir Pekan

Credit Image - journal.sociolla.com

Agar kamu dapat mengajak anak nonton bioskop dengan aman, baiknya lakukan persiapan yang cukup, ya. Dengan begitu, ia pun bisa mendapat pengalaman yang menyenangkan saat menonton di bioskop.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua untuk mempersiapkannya.

  1. Pilih film dengan kategori usia yang sesuai dengan usia anak. Dengan begitu, kamu dan Si Kecil bisa menonton dengan lebih nyaman serta tidak akan membuat penonton lain merasa terganggu.
  2. Lewati bagian iklan sebelum film dimulai, misal dengan masuk ke dalam bioskop tepat sebelum film dimulai. Anak memiliki kemampuan fokus yang lebih pendek dari orang dewasa, sehingga mungkin akan lebih cepat bosan jika menonton iklan terlalu lama.
  3. Pilih jam yang sesuai untuk anak-anak. Jangan pilih jam yang terlalu malam.
  4. Hindari film yang tidak sesuai dengan kemampuan sensorik anak. Sebagai contoh, film 3D mungkin belum cocok untuk anak dengan kemampuan melihat yang sensitif.
  5. Bawa alat yang bisa membantu menyesuaikan kemampuan sensorik anak dengan suasana bioskop. Misalnya penutup telinga agar suara yang didengar anak lebih redup.
  6. Pilih tempat duduk yang nyaman untuk anak, misal di bagian pinggir lorong jika anak tidak suka duduk di sebelah orang lain.
  7. Jika ada, pilih bioskop khusus anak-anak. Bioskop ini biasanya sudah disesuaikan untuk anak, sehingga suara dan gambar pada layar tidak terlalu keras atau terang seperti bioskop pada umumnya.

Dengan menerapkan tips tersebut, kamu bisa mengajak anak nonton bioskop dengan lebih aman dan nyaman.

Selain itu, buat orangtua, pastikan energi tubuhmu sudah terjaga dengan baik, agar gak mudah lelah ketika mengajak anak nonton bioskop, ya. Karena, selama pemuteran film, Si Kecil bisa saja, lho, berlarian kesana kemari – dan tentu hal ini dapat menguras tenaga, kan?

Makanya, jagalah energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet – yang punya kandungan 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan rasa segar sepanjang hari.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Gimana, nih? Sekarang, kamu sudah paham ya berbagai persiapan yang baiknya dilakukan untuk mengajak anak nonton bioskop? Dengan begitu, kegiatan menonton film pun dapat berjalan lebih aman dan nyaman!

 

 

Featured Image – orami.co.id

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!