Yap¸ otak merupakan “penyebab” di balik berbagai hal, seperti pikiran, ingatan, konsentrasi, gerakan, pernapasan, hingga detak jantung. Agar semuanya dapat berjalan dengan baik, makanan tertentu dapat membantu.

Otak dan pola makan memiliki peranan penting dalam umur panjang, lho. Menurut National Institute of Aging, apa yang dikonsumsi seseorang dapat berdampak pada peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh. Keduanya pun dapat memengaruhi risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Nah, untuk meningkatkan kemampuan ingatan dan ketajaman fokus otak manusia. Ada beberapa jenis makanan yang baiknya dikonsumsi rutin. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

 

 

1. Buah Berry

Credit Image - health.usnews.com

Dilansir dari CNBC Indonesia, blueberry, blackberry, raspberry, dan stroberi adalah pilihan berry terbaik untuk meningkatkan fungsi otak. Nah, dikatakan bahwa buah berry sangat baik untuk dikonsumsi bila tidak ditambahkan gula atau bahan tambahan lainnya.

 

2. Buah Berwarna Cerah dan Sayuran

Sayuran berwarna cerah, seperti kubis merah hingga paprika hijau dan kuning disebutkan dapat membantu mengembangkan selera makan dan rangkaian nutrisi yang bermanfaat bagi otak manusia. Selain itu, makanan berwarna hijau juga sangat baik untuk dikonsumsi.

Demikian pula dengan buah-buahan. Apel, nanas, kiwi, dan jeruk juga baik untuk menjaga fungsi dan memberikan nutrisi kepada otak. Namun, kamu diimbau untuk tidak mengonsumsi buah-buahan manis, seperti anggur dan mangga secara berlebihan.

 

3. Cokelat Hitam

Credit Image - today.com

Cokelat hitam dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik. Direktur psikiatri gizi dan gaya hidup di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Uma Naidoo sangat menyarankan seseorang untuk rutin mengonsumsi coklat hitam, asalkan tidak mengandung gula tambahan.

Sebuah studi pada 2020 menunjukkan bahwa coklat hitam dan coklat putih dapat mempengaruhi memori orang dewasa muda yang sehat. Peserta yang diberi coklat hitam memiliki kinerja memori verbal yang lebih baik dua jam setelah mengonsumsi cokelat, dibandingkan dengan kelompok yang menerima coklat putih.

Cokelat hitam ekstra penuh dengan antioksidan dan flavanol kakao yang membantu menjaga kesehatan sel-sel otak. Selain itu, makanan ini juga mengandung serat untuk membantu mengurangi peradangan otak dan mencegah penurunan kognitif.

 

4. Kacang dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki lemak dan minyak omega sehat yang dapat membantu mempertajam otak manusia. Beberapa jenis kacang, seperti rami, chia, hingga kacang Brasil mengandung berbagai vitamin dan mineral utama.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi seperempat cangkir – atau sekitar 57 gram biji-bijian atau kacang-kacangan. Keduanya pun dapat dikonsumsi sebagai camilan atau dikombinasikan dengan berbagai sajian sehat.

 

5. Protein Tanpa Lemak dan Protein Nabati

Credit Image - eatthis.com

Unggas tanpa lemak, makanan laut, telur pasteurisasi, dan daging sapi yang diberi makan rumput dari sumber yang baik adalah pilihan yang baik untuk memastikan kamu memperoleh banyak protein dan asam amino esensial yang dibutuhkan otak agar berfungsi dengan baik.

Sementara itu untuk sumber protein nabati, tahu organik, tempe, kacang-kacangan, dan kacang lentil dapat dijadikan pilihan terbaik untuk memelihara fungsi otak yang baik.

 

6. Makanan Tinggi Vitamin C dan Vitamin B Kompleks

Selain sejumlah asupan di atas, untuk menjaga fokus sekaligus mempertahankan kesehatan otak, kamu juga disarankan mengonsumsi makanan tinggi vitamin C dan vitamin B kompleks.

Mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan yang bisa melindungi otak dari kerusakan. Salah satu vitamin yang mengandung antioksidan, yakni vitamin C.

Tak hanya dikenal sebagai nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja, namun manfaat vitamin C juga dapat kamu rasakan untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Dampak baik tersebut pun bisa dirasakan jika kamu rutin mengonsumsi vitamin C dalam jangka panjang, baik mendapat asupannya dari makanan, maupun suplemen multivitamin.

Mirip dengan vitamin E, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas. Dalam hal ini, antioksidan juga dapat melindungi otak dari berbagai macam risiko penyakit yang berkaitan dengan ingatan, seperti Alzheimer.

Selain itu, manfaat vitamin C untuk otak juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif seseorang, ya.

Lalu, vitamin B kompleks juga tak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan otak, lho. Mulai dari vitamin B1 – alias tiamin yang bisa meminimalisir berbagai risiko buruk terhadap otak. Kekurangan vitamin B1 atau tiamin dapat menyebabkan gangguan otak yang disebut Sindrom Wernicke-Korsakoff. Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami kebingungan, amnesia atau hilang ingatan, sulit memahami informasi yang diterima, hingga gejala yang lebih berat, seperti gangguan koordinasi gerakan tubuh dan berhalusinasi.

Kemudian, vitamin B6 juga penting dipenuhi setiap harinya. Vitamin ini berperan dalam proses produksi serotonin dan norepinephrine yang berfungsi untuk menjaga suasana hati dan membantu otak mengendalikan stres. Vitamin B6 juga berfungsi untuk menunjang produksi hormon melatonin yang berguna untuk mengatur jam tidur dan waktu istirahat tubuh.

Dan, ada pula vitamin B12 berperan dalam pembentukan mielin, yaitu lapisan pelindung saraf otak. Vitamin ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, mencegah hilang ingatan, serta menjaga kestabilan suasana hati dan daya konsentrasi.

Baik vitamin C maupun vitamin B kompleks memang bisa diperoleh asupannya dari sumber makanan, namun agar lebih mudah, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti, Enervon-C.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan tentunya, kandungan di dalam Enervon-C dapat membantu menjaga kesehatan otak, begitu pula dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C, kamu bisa langsung klik disini!

 

Jadi, itulah beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan fokus dan menjaga kesehatan otak. Kamu sudah rajin konsumsinya?

 

 

Featured Image – longevity.technology

Source – cnbcindonesia.com