Kamu lulusan baru yang tengah mencari pekerjaan? Tips berikut ini bisa memudahkanmu, lho!

Mumpung masih di awal tahun, yuk, coba deh susun resolusi baru – dan jangan lupa, manfaatkan pula kesempatan baru. Begitu pula bagi para fresh graduate. Momen ini dapat digunakan untuk mulai mencari kesempatan berkarir dengan melamar posisi di beberapa perusahaan.

Tapi, jangan asal, ya! Agar kamu dilirik oleh perusahaan impian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, nih.

Sebagai lulusan baru, kamu perlu mencari tahu banyak informasi sebelum melamar pekerjaan ke suatu perusahaan. Nah, daripada bingung-bingung, berikut ini beberapa tips yang baiknya diterapkan. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

 

1. Jujur Dalam Membuat CV

Credit Image - corecruitment.com

Kejujuran menjadi salah satu kunci sukses dalam hidup. Begitu juga dalam melamar pekerjaan. Pastikan konten dari Curriculum Vitae (CV) yang kamu buat menggambarkan diri kamu yang sebenarnya. Jangan sampai kamu memberikan informasi palsu terkait pendidikan, pengalaman pekerjaan, prestasi, dan lain sebagainya yang tertera di CV.

Perusahaan tentu saja akan mengecek semua informasi yang kamu tulis di CV. Oleh karena itu, jujurlah dengan diri kamu sendiri dan percayalah dengan kemampuan yang kamu miliki.

 

2. Sesuaikan CV dengan Posisi yang Kamu Lamar!

Dalam menentukan lolos atau tidaknya CV para pelamar, Tim Human Resource Development (HRD) di suatu perusahaan tentu saja akan melihat kecocokan antara pelamar dengan posisi yang dilamar. Pastikan kamu memberikan informasi terkait pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan pada posisi tersebut.

Salah satu tipsnya adalah masukkan beberapa kata kunci dari job description posisi tersebut dalam CV. Nah, kamu bisa menggunakan bantuan monkeylearn.com/word-cloud untuk mengetahui kata kunci apa saja yang penting dari job description tersebut.

 

3. Cari Tahu Profil Perusahaan Tujuan

Credit Image - cnbc.com

Melamar pekerjaan tidak asal menyebar atau mengirimkan CV ke semua perusahaan yang membuka lowongan. Akan tetapi, kamu perlu mencari tahu informasi terkait profil, visi, misi, dan informasi perusahaan lainnya untuk dijadikan pertimbangan dalam melamar pekerjaan. Carilah pekerjaan di suatu perusahaan yang memiliki reputasi baik.

Hal tersebut dikarenakan saat ini banyak lowongan pekerjaan palsu yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan yang reputasinya kurang baik. Mencari tahu profil perusahaan dengan baik juga dapat membantu kamu untuk mengetahui apa yang diharapkan oleh perusahaan dan bagaimana kamu bisa memberikan kontribusi terhadap perusahaan tersebut.

 

4. Teliti Lowongan Pekerjaan yang Ingin Dilamar

Teliti lowongan pekerjaan yang akan dilamar dengan cermat dan hati-hati. Pastikan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan dalam lowongan pekerjaan. Jangan sampai kamu tertipu oleh lowongan pekerjaan palsu yang banyak beredar di masyarakat. Penting untuk membaca dengan cermat dan selektif terhadap lowongan yang akan dilamar, ya!

Selain itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya terkait lowongan yang akan kamu lamar sehingga apabila kamu dapat lolos hingga ke tahap wawancara, kamu dapat menguasai informasi dan job description seputar lowongan tersebut dengan baik.

 

5. Buat Surat Lamaran yang Sesuai

Credit Image - forbes.com

Buat surat lamaran yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Sesuaikan isi surat lamaran surat lamaran dengan persyaratan yang ditetapkan dalam lowongan pekerjaan.

Pastikan juga untuk menyertakan informasi baik itu kemampuan maupun pengalaman relevan yang kamu miliki. Jelaskan juga bagaimana kontribusi yang nanti dapat kamu berikan di perusahaan dalam surat lamaran tersebut.

Pastikan gunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan tata bahasa. Gunakan format agar tulisan mudah dibaca dan hindari penulisan kata yang salah.

 

6. Jaga Fokus dan Konsentrasi dengan Baik

Nah, agar proses melamar kerja makin maksimal, pastikan kamu sudah menjaga konsentrasi dengan baik. Hal ini tentu akan membantumu terhindar dari berbagai kesalahan fatal, kan?

Untuk menjaga fokus, pastikan kamu sudah mendapat asupan makanan yang bernutrisi, istirahat yang cukup, sudah mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dan memperoleh asupan vitamin serta mineral.

Berkaitan dengan asupan vitamin dan mineral, selain dari sumber makanan bernutrisi, kamu bisa memperolehnya dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Nah, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C dan zinc di dalam Enervon Active tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Bagi kamu yang termasuk lulusan baru, agar semakin mudah dalam mencari pekerjaan, yuk, coba terapkan tips di atas!

 

 

Featured Image – suarasurabaya.net

Source – glints.com