Rajin melakukan aktivitas fisik, termasuk yang ringan sekalipun dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, olahraga juga membantu memberikan energi agar kamu semakin aktif dan produktif dalam menjalani hari.

Nah, tak ada salahnya, lho, untuk meluangkan waktu berolahraga di pagi hari sebelum pergi bekerja. Misalnya, kamu dapat berjalan kaki di sekitaran rumah. Hitung-hitung kamu menjalani olahraga kardio tanpa harus pergi ke gym.

Berjalan kaki di pagi hari dapat memberikan manfaat, baik itu untuk fisik maupun mental. Yuk, simak informasinya berikut ini!

 

 

1. Meningkatkan Suasana Hati

Credit Image - positiveroutines.com

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan jalan pagi sebelum pergi bekerja adalah mood yang meningkat, ujar Healthline. Dengan berjalan kaki, kamu bisa mendapatkan:

Untuk mendapatkan hasil terbaik, cobalah untuk berjalan kaki selama 20-30 menit setidaknya 5 hari setiap minggunya, ya!

 

2. Membantu Mengurangi Berat Badan

Dilansir dari Glints, menurut Katherine Zeratsky, seorang pakar diet bahwa berjalan kaki di pagi hari sebelum pergi bekerja juga dapat menurunkan berat badan. Misalnya saja, nih, berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit bisa membakar sebesar 150 kalori.

Jika dikombinasikan dengan pola makan yang sehat dan latihan kekuatan (strength training), berat badanmu pun bisa berkurang secara efektif. Jadi, ini pun dapat membawa manfaat baik bagi kamu yang sedang diet, kan?

 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Credit Image - blog.mypacer.com

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari jalan pagi adalah sistem imun tubuh yang meningkat. Harvard Medical School menyebutkan, berjalan kaki secara rutin setiap harinya dapat mengurangi risikomu terkena flu.

Jika kamu berjalan kaki selama 20 menit per hari dan dilakukan selama 5 kali seminggu, kemungkinanmu untuk sakit akan menurun 43%. Namun, saat kamu jatuh sakit pun gejala yang dialami akan lebih ringan, lho.

Tapi, selain dengan berjalan kaki, kamu juga dianjurkan untuk menguatkan proteksi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!

 

4. Meningkatkan Energi

Energi yang meningkat menjadi salah satu manfaat utama dari berjalan kaki di pagi hari sebelum berangkat kerja. Tentunya, energi yang meningkat ini dapat membantumu dalam menjalani hari-harimu ketika di kantor.

Dalam Journal of Environmental Psychology yang terbit 2010, disebutkan bahwa orang dewasa yang jalan kaki selama 20 menit di luar akan mengalami peningkatan energi dan vitalitas.

Lalu, penelitian lain di tahun 2017 soal psikologi dan kebiasaan juga menemukan bahwa berjalan naik tangga memberikan energi lebih besar dibandingkan segelas kopi untuk orang-orang yang kekurangan tidur.

 

5. Mampu Menguatkan Otot dan Sendi

Credit Image - fimela.com

Ada pun lain yang bisa didapatkan dari jalan kaki di pagi hari adalah otot dan sendi yang semakin kuat, terutama di bagian kaki. Sendi-sendi di kakimu akan bersentuhan ketika berjalan. Adanya gerakan dan sentuhan ini akan membuat sendimu mendapatkan cairan sendi.

Hal tersebut memungkinkan oksigen dan nutrisi untuk masuk ke dalam sendimu. Sehingga, sendi-sendi di kakimu akan semakin kuat. Di samping itu, otot yang semakin kuat juga turut meningkatkan kekuatan dan kesehatanmu secara keseluruhan. Sehingga, risikomu mengalami nyeri sendi atau cedera semakin kecil.

 

6. Membuat Tidur Lebih Pulas di Malam Hari

Kamu juga bisa mendapatkan tidur yang lebih baik dengan berjalan kaki di pagi hari sebelum pergi bekerja. Hal ini disebutkan dalam sebuah studi dari peneliti asal Jepang, Yuko Morita dan kawan-kawan di tahun 2017.

Jadi, berjalan kaki di pagi hari juga dapat membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas saat malam tiba.

 

7. Mengurangi Rasa Malas

Credit Image - republika.co.id

Masih suka malas atau gak semangat beraktivitas? Coba deh mulai rutin berjalan kaki. Pasalnya, menurut kutipan dari Healthifyme, jalan kaki di pagi hari juga dapat menjagamu dari rasa malas, lho.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jalan kaki di pagi hari secara rutin dapat membantumu membakar kalori yang tersimpan di tubuh dan meningkatkan energi. Hal ini secara tidak langsung dapat menyegarkan dan mendorong tubuhmu untuk menjadi aktif. Sehingga, kamu akan menjadi lebih bersemangat dan produktif ketika akan bekerja di kantor.

 

Wah, ternyata berjalan kaki di pagi hari dapat membawa banyak manfaat baik buat kesehatan tubuh, ya? Mulai sekarang, yuk, coba rutin lakukan aktivitas yang satu ini!

 

 

Featured Image – today.com

Source – glints.com