Mudah mengantuk ketika melakukan aktivitas harian? Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pola tidurmu di malam hari. Namun, tidak jarang pula orang merasakan masalah tersebut – padahal sudah mendapat waktu tidur yang cukup.

Jangan dibiarkan begitu saja, ya. Pasalnya, mudah mengantuk di siang hari dapat mengganggu produktivitas harian, kemudian akhirnya pekerjaan pun menjadi tak bisa diselesaikan secara maksimal, lho.

Nah, biar kondisi tersebut tidak berlarut, berikut penyebab mudah mengantuk serta cara mengatasinya. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Apa Saja Penyebab Mudah Mengantuk?

Credit Image - halodoc.com

Pertama, kamu perlu mengetahui penyebab mudah ngantuk terlebih dahulu, ya. Jika sudah ditemukan akar permasalahannya, barulah kamu mencari solusinya. Berikut beberapa penyebab yang mungkin dialami.

1. Insomnia

Penyebab mudah mengantuk yang pertama adalah insomnia. Orang yang mengidap insomnia biasanya kesulitan untuk tidur meskipun sudah merasa ngantuk.

Jadi, wajar saja jika pada siang hari kamu terus mengantuk, mengingat pada malam hari rasa kantuk sulit sekali membuatmu terlelap. Meskipun sudah terlelap, misalnya, kamu mungkin tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

Bila kondisi insomnia ini dirasa semakin parah dan sangat mengganggu produktivitas kerjamu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, ya.

 

2. Kurang tidur

Sedikit berbeda dengan insomnia, penyebab mudah mengantuk yang satu ini lebih berfokus pada kondisi di mana seseorang hanya tidur di bawah 7-8 jam sehari.

Kondisi ini biasa disebut sebagai sleep deprivation. Tak hanya disebabkan oleh insomnia, kondisi ini juga bisa terjadi karena kebiasaan lain, seperti:

  • Shift kerja
  • Jam kerja yang tidak konsisten
  • Begadang
  • Kondisi medis

Menurut Medical News Today, orang yang mengalami sleep deprivation sangat tinggi kemungkinannya untuk selalu merasa lelah dan mengantuk saat beraktivitas.

 

3. Depresi dan stres

Kedua kondisi mental ini juga berkontribusi pada masalah pola tidur yang tak mudah untuk diatasi.

Namun, sulit bukan berarti mustahil. Kamu bisa lakukan beberapa upaya untuk mengatasi depresi dan stres demi membuat dirimu tak lagi mudah mengantuk.

Upaya yang bisa dicoba di antaranya adalah mengubah gaya hidup dan mencoba terapi atau meditasi. Apabila cara tersebut tidak efektif, jangan ragu untuk mulai mencari pertolongan pada psikiater atau psikolog.

 

4. Kurangnya nutrisi

Kurangnya nutrisi yang diserap tubuh juga merupakan penyebab mudah mengantuk dan lelah, meskipun kamu sudah tidur selama 7-8 jam sehari.

Dilansir dari Healthline, kekurangan nutrisi-nutrisi berikut bisa jadi penyebab utamanya:

  • Zat besi
  • Vitamin B2, B3, B5, B6, B9, dan B12
  • Vitamin D
  • Vitamin C
  • Magnesium

Kamu memang perlu bantuan prosedur medis untuk mengonfirmasi apakah penyebabnya benar-benar karena defisiensi nutrisi atau bukan. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap memperbaiki pola makan dari sekarang supaya nutrisi di atas bisa terpenuhi.

 

5. Obesitas

Kondisi tubuh seseorang yang mengalami obesitas erat kaitannya dengan masalah tidur yang disebut sleep apnea yang merupakan gangguan pernapasan yang terjadi ketika kamu tertidur.

Sleep apnea ini juga berkontribusi pada masalah mudah mengantuk di siang hari, karena gangguan tersebut otomatis membuat tidurmu tidak nyenyak. Namun, orang dengan kondisi obesitas tetap rentan akan masalah mudah mengantuk dan lelah ini meskipun tidak mengalami sleep apnea.

 

6. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Mengonsumsi kafein memang membantu mengusir rasa kantuk. Namun jika terlalu banyak mengonsumsinya pun tak baik bagi kesehatan dan justru dapat membuatmu tidur terlalu malam, lho.

Akibatnya, kamu akan merasa lelah saat bangun di pagi hari. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya kamu akan kembali minum kopi untuk menambah energi.

Siklus seperti ini akan terjadi berulang kali karena kamu sudah terlalu mengandalkan kopi sebagai sumber energi. Padahal, cara ini tidak bisa mengatasi akar masalah dan justru hanya membuatmu tetap mudah lelah.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - bobo.grid.id

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kamu bisa terapkan cara-cara mengatasi masalah mudah mengantuk di bawah ini.

1. Jaga pola tidur

Berusahalah untuk perbaiki jam tidurmu dari waktu ke waktu. Jam tidur yang konsisten dan cukup tidak hanya bisa mengatasi masalah mudah mengantuk, tetapi juga dapat melindungimu dari risiko berbagai penyakit kronis.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba, mulai dari menjauhkan alat elektronik sebelum tidur, menyiapkan suasana kamar tidur yang lebih nyaman, dan lain sebagainya.

 

2. Perbaiki pola makan

Berhubung salah satu penyebab mudah mengantuk adalah kurangnya nutrisi, jadi, mulai sekarang kamu perlu perhatikan menu makanan yang ada di piringmu. Apakah gizinya sudah seimbang, atau hanya didominasi oleh satu kandungan saja, misalnya dominan karbohidrat atau protein tanpa pedulikan kebutuhan nutrisimu yang lain?

Sama seperti menjaga pola tidur, pola makan juga penting untuk kesehatan tubuh. Selagi bisa, kurangilah konsumsi makanan seperti junk food, frozen food, dan ultra-processed food.

 

3. Jaga berat badan

Untuk menjaga berat badan memang tidak bisa hanya mengandalkan olahraga saja. Usahamu akan percuma jika masih makan makanan sembarangan karena apapun yang masuk ke dalam tubuhmu, pasti akan ada dampak ke depannya.

Jadi, harus dilengkapi dengan komitmen menjaga pola makan agar tercipta gaya hidup yang lebih sehat. Dengan begitu, kamu bisa mencegah obesitas yang merupakan salah satu penyebab masalah mudah mengantuk.

 

4. Minta bantuan profesional

Meski masalah ini terlihat sepele karena banyak orang yang juga mengalaminya, tetap sangat dianjurkan bagi kamu untuk berdiskusi dengan tenaga profesional.

Apabila kamu merasa bahwa kemungkinan besar penyebabnya adalah gangguan kesehatan mental, tak usah ragu untuk coba mulai konseling. Sebaliknya, jika menurutmu masalah ini sepertinya didorong oleh penyakit fisik, periksakan ke dokter.

 

Jangan Lupa, Tetap Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral untuk Dongkrak Energi!

Credit Image - liputan6.com

Nah, tidak hanya berbagai cara di atas saja, namun untuk mengatasi mudah mengantuk di siang hari, pastikan kamu sudah mencukupi asupan vitamin dan mineral harian, ya. Pasalnya, kedua nutrisi tersebut dapat mendongrak energi agar tak mudah lelah, lho.

Khusus untuk trik satu ini, kamu disarankan memperbanyak konsumsi vitamin B kompleks – dan juga vitamin C. Karena, jenis nutrisi tersebut dikenal efektif untuk membantu proses metabolisme, sehingga energi dapat terbentuk dengan baik – dan akhirnya stamina tubuh ikut meningkat. Selain itu, energi yang cukup dapat meningkatkan suasana hati.

Selain dari makanan, asupan vitamin dan mineral, terlebih vitamin B kompleks dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C yang ramah di lambung dan zincnya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga penyakit tidak mudah menyerang tubuh.

Kemudian, yang sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, yuk jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Untuk kamu yang masih struggling sama permasalahan mudah ngantuk di siang hari, coba deh kenali lagi penyebabnya – dan segera di atasi dengan tepat, seperti menerapkan tips di atas. Kalau sudah teratasi, kamu bisa kembali produktif, kan?

 

 

Featured Image – parapuan.co

Source – glints.com