Seperti diketahui, vitamin memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Saat ini, setidaknya ada 30 jenis vitamin – dan jika kamu kekurangan salah satu atau lebih dari nutrisi tersebut, maka tubuh lebih rentan terkena penyakit hingga gampang lelah.

Tidak hanya vitamin A, vitamin C, atau vitamin D saja, namun ada jenis vitamin lainnya yang perlu kamu perhatikan asupannya. Yap, yaitu vitamin B12 atau dikenal juga sebagai kobalamin – yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks.

Apa saja sih fungsi dari vitamin B12? Dan apa saja dampak yang dirasakan jika kekurangan vitamin tersebut? Berikut ini ulasannya.

 

 

Fungsi dan Manfaat dari Vitamin B12

Credit Image - health.okezone.com

Vitamin B12 disimpan di dalam hati dalam jumlah yang banyak. Laman MSD Manuals mengatakan apabila tubuh tidak mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan zat tersebut, maka kadar vitamin di dalam tubuh akan habis dalam kurun waktu 3 hingga 5 tahun. 

Dilansir Mayo Clinic, vitamin B12 mempunyai fungsi bagi tubuh, yaitu untuk:

  • Pembentukan sel darah merah
  • Metabolisme sel
  • Kesehatan saraf seperti membantu proses kesembuhan untuk pasien cedera otak
  • Sintesis DNA dan menjaga agar struktur kromosom tetap stabil

Vitamin B12 juga berperan penting di dalam menguraikan protein homocysteine. Protein ini adalah asam amino di dalam darah yang mana bila kadarnya terlalu tinggi akan menyebabkan penyakit jantung, penggumpalan darah, dan gangguan pada fungsi pembuluh darah.

 

Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12

Merujuk dari Cleveland Clinic, tanda-tanda tubuh seseorang kekurangan vitamin B12 antara lain seperti:

  • Merasa cepat lelah
  • Mengalami mual, muntah, atau diare
  • Tidak merasa lapar
  • Kulit berwarna kuning
  • Berat badan berkurang
  • Sariawan pada mulut atau lidah
  • Gangguan mental seperti mudah murung dan cepat marah

Perlu diketahui gejala-gejala tersebut muncul secara bertahap dan dapat memburuk bila tidak segera diobati. Kemudian, ada pula yang tidak merasakan atau menunjukkan gejala apa pun sehingga kita dianjurkan untuk melakukan tes darah rutin setiap tahunnya.

 

Dampak Kekurangan Vitamin B12

Credit Image - klikdokter.com

Kekurangan vitamin B12 dalam jumlah yang signifikan akan mengakibatkan seseorang terkena anemia pernisiosa. Gejala penyakit ini hampir sama dengan tanda-tanda seseorang kekurangan vitamin B12.

Mengutip laman John Hopkins Medicine, metode pengobatan anemia pernisiosa disesuaikan dengan umur, riwayat kesehatan pasien, seberapa kronis penyakit yang diderita, dan pendapat pasien tersebut. Akan tetapi, pasien pada umumnya akan memperoleh suntikan vitamin B12 dan pil yang mengandung asam folat.

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12, pasien penyakit ini juga dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung asam folat seperti jeruk, selada, dan bayam. Anemia akibat kekurangan vitamin B12 yang tidak ditangani nantinya akan mengakibatkan masalah pada jantung, contohnya stroke dan serangan jantung.

 

Cara Mencukupi Asupan Vitamin B12 Harian

Sumber vitamin B12 dapat diperoleh melalui asupan gizi dan konsumsi suplemen. Berikut adalah daftar makanan yang kaya akan vitamin B12:

  • Daging
  • Ikan
  • Telur, susu, dan keju
  • Susu kedelai atau susu dari bahan beras yang sudah diberi tambahan nutrisi
  • Produk sereal yang sudah difortifikasi
  • Ragi yang sudah difortifikasi

Selain dari sumber makanan, untuk memudahkanmu, maka kamu bisa memperoleh sejumlah vitamin di atas dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, sehingga tubuh tak mudah sakit, sekaligus mengoptimalkan proses pemulihan ketika sedang terserang penyakit.

Selain itu, multivitamin satu ini juga dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kebutuhan vitamin B12 memang sangat penting, untuk itu, yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon.

 

Jadi, itulah berbagai manfaat dari vitamin B12, tanda kekurangan asupannya, serta trik untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12. Pastikan kamu sudah mendapat asupan kobalamin secara rutin agar tubuh dapat berfungsi dengan baik!

 

 

Featured Image – jovee.id

Source – idntimes.com