Setiap orang yang baru lulus kuliah pasti menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan pilihan. Karena, jurusan yang kamu pilih saat kuliah kemungkinan besar akan menjadi bekal untuk kamu saat mencari kerja.

Namun, ada lho jenis pekerjaan yang menerima lulusan dari semua jurusan. Apa saja jenis pekerjaan tersebut? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

1. Wartawan

Credit: feweek.co.uk

Menjadi wartawan atau jurnalis tidak harus dari jurusan komunikasi atau jurnalistik saja. Selain lulusan S1, biasanya salah satu syarat untuk bisa lolos jadi wartawan adalah memiliki kemampuan berbahasa lisan dan tulisan yang baik, punya rasa peka, responsive, tanggap, dan kritis.

2. Customer service

Credit: retailcustomerexperience.com

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa customer serive, mulai dari perbankan, perusahaan telekomunikasi, bahkan perusahaan start-up. Profesi ini menuntut kamu untuk dapat menghadapi pelanggan dengan baik.

Untuk menjadi customer service juga tidak memerlukan background Pendidikan tertentu. Yang penting adalah memilki kemampuan komunikasi yang baik.

3. Content creator

Credit: kumparan.com

Jenis pekerjaan ini memiliki fokus seperti membuat video, menulis, mendesain gambar atau foto, dan sebagainya. Content creator mulai banyak diminati karena perkembangan pengguna media sosial dan internet.

Untuk menjadi content creator kamu hanya perlu memiliki kreativitas, kemampuan riset, dan juga komunikasi yang baik. Dan kamu juga perlu memiliki keahlian dalam menggunakan tools untuk mengedit gambar, video, foto, dan lainnya.

4. Blogger

Credit: hipwee.com

Untuk kamu yang suka menulis dan memiliki bakat nge-review sesuatu serta dapat menuangkannya dalam bentuk tulisa, kamu bisa menjadi blogger. Apalagi jaman sekarang ini, blogger menjadi lahan pekerjaan yang menggiurkan. Kamu bisa mengawalinya dengan membuat blog dan menuliskan apapun yang kamu sukai.

5. Pegawai bank

Credit: smartybuyer.co.ke

Menjadi pegawai bank tidak harus dari lulusan ekonomi. Hampir semua lulusan dari semua jurusan bisa menjadi pegawai bank, lho. Misalnya, saat mencari teller disebuah bank, syarat yang diminta hanya seperti usia maksimal, memiliki tinggi dan berat proposional, dan memiliki skill komunikasi yang baik.

6. Creative team

Credit: istockphoto.com

Banyak perusahaan yang membutuhkan tim kreatif dari berbagai bidang. Pihak perusahaan pun membuka lowongan tersebut untuk lulusan dari semua jurusan, asalkan kamu memiliki kreativitas. Kamu minat mencoba?

Jadi, apapun profesi yang kamu pilih sebenarnya yang paling penting adalah skill dan kualitas kamu sebagai individu. Bagi kamu yang masih kuliah, manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin untuk memperkaya diri dengan pengalaman dan skill. Semoga berhasil!

 

 

Featured Image - thesharpe.com