Tugas menumpuk, deadline mepet, target belum terpenuhi, dan deretan hal lainnya di kantor sering kali membuat seseorang merasa lelah bekerja. Saat hal ini terjadi, tubuh biasanya akan mengirimkan sinyal agar kamu berhenti dan segera beristirahat.

Rehat sejenak atau tidur mungkin bisa mengobati rasa lelahmu dari tuntutan kerja, tapi itu saja tidak cukup lho! Ada kalanya kamu masih mager dan merasa tidak berenergi setelah beristirahat dalam waktu yang lama. Nah, supaya hal tersebut tidak mengganggu rutinitas harian, kamu perlu mengubah gaya hidup dengan menerapkan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengembalikan Stamina saat Lelah Bekerja

1. Menjaga Pola Makan

Hal wajib yang perlu kamu lakukan untuk bisa memulihkan stamina bisa dimulai dengan memperhatikan asupan makanan. Coba ingat-ingat lagi, apakah selama ini kamu sudah menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi?

Jika belum, ayo segera ubah kebiasaan makanmu dan usahakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan juga mineral. Jangan lupa untuk menambahkan porsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan seratmu.

Ganti camilanmu dengan camilan sehat seperti buah-buahan atau jenis makanan ringan yang bergizi lainnya. Selain itu, atasi konsumsi makanan yang mengandung lemak, terutama lemak jahat karena hal tersebut akan meningkatkan risiko penyakit stroke dan juga jantung.

2. Rutin Olahraga

Sudahkah kamu berolahraga hari ini? Rutin melakukan aktivitas fisik tidak hanya membuat tubuhmu bugar, tapi juga bantu pulihkan stamina saat lelah bekerja. Bagi pemula, bisa memulainya dengan melakukan olahraga ringan secara rutin selama 15 hingga 30 menit saja per hari.

Beberapa opsinya antara lain berjalan kaki, jogging, bersepeda, atau latihan fisik di rumah dengan alat-alat olahraga yang ada jika malas keluar rumah. 

Perlu komitmen yang kuat untuk bisa melakukan hal ini. Namun, semuanya akan sepadan karena selain memulihkan stamina, rajin berolahraga juga akan memperbaiki kinerja jantung, paru-paru, dan otot-otot tubuh secara efektif.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain makan makanan bergizi dan rutin berolahraga, kamu juga harus memenuhi asupan cairan dalam tubuh setiap harinya. Secara umum, setiap orang dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

Namun, kebutuhan cairan pada tiap-tiap orang tentunya berbeda, tergantung dari aktivitas harian yang dimiliki. Apabila kamu memiliki aktivitas yang cukup berat, maka akan lebih baik untuk minum air putih lebih banyak dari orang-orang pada umumnya.

Tahukah kamu bahwa mendapatkan asupan cairan yang cukup akan membuat seseorang lebih bisa berkonsentrasi sehingga hal ini akan meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu, kamu juga tidak akan mudah merasakan lelah saat bekerja.

Selain air putih, kamu juga bisa lho memenuhi kebutuhan cairan harian dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, aneka jus buah, atau makan makanan yang berkuah. 

4. Kurangi Konsumsi Kafein

Banyak orang yang minum kopi saat merasakan kantuk atau harus lembur di kantor. Cara ini memang efektif membuat tubuh menjadi lebih aktif, tapi ternyata sifatnya hanya sementara lho! Saat efeknya hilang, kamu justru akan merasa lebih lelah dari biasanya.

Selain itu, ketergantungan terhadap minuman berkafein seperti kopi atau lainnya juga berdampak buruk bagi tubuh seperti misalnya insomnia, mudah cemas, cepat lelah, hingga kesulitan untuk berkonsentrasi.

5. Miliki Kualitas Tidur yang Berkualitas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tidur kerap kali menjadi jalan pintas untuk mengatasi lelah saat bekerja. Namun, tidur seperti apa yang benar? Perlu kamu pahami bahwa setiap kategori usia punya kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda.

Pada orang dewasa, umumnya waktu tidur yang diperlukan adalah 7 hingga 8 jam. Agar bisa memiliki jam tidur yang berkualitas, kamu bisa membuat habit yang mendukung seperti menjauhkan gadget saat tiba waktu istirahat, mematikan lampu, atau memanfaatkan waktu luang di siang hari untuk tidur selama 30 menit.

6. Mengelola Stres dengan Baik

Aktivitas kerja yang padat rentan membuat seseorang merasa sangat lelah hingga stres. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena bisa mengganggu kesehatan fisik dan juga mental. Lalu apa yang harus dilakukan jika mengalami stres saat kerja?

Mudah saja kok, dilansir dari Harvard Medical School, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengendalikan stres di pikiran seperti misalnya berusaha berpikir positif, menyadari masalah yang dihadapi, serta melakukan relaksasi.

Selain itu, mulailah untuk sayangi dirimu, ciptakan work life balance agar kehidupan kerja dan personal dapat berjalan secara beriringan. Tidak ada yang salah dengan bekerja keras, tapi jangan lupa untuk refreshing sejenak saat tubuh sudah menunjukkan sinyal kelelahan.

7. Minum Multivitamin

Minum multivitamin menjadi cara pamungkas yang akan membantumu untuk memulihkan stamina saat lelah bekerja. Salah satu pilihan multivitamin terbaik yang akan mengembalikan energimu yang terkuras adalah Enervon Active.

Selain membantu pembentukan energi, Enervon Active juga tidak menyebabkan ketergantungan dan sangat aman untuk lambung. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ya! Segera dapatkan produknya di sini dan rasakan manfaatnya untuk dukung aktivitas harianmu!