Sudah menjadi ikon bulan Februari, hari kasih sayang atau Valentine's Day kerap dihabiskan bersama orang tersayang. Tidak hanya dengan pasangan, tidak jarang juga orang yang memilih berlibur dengan keluarga. Khusus untuk liburan dengan pasangan, destinasi wisata dengan suasana romantis menjadi kategori yang paling banyak dituju. Beberapa pasangan memilih konsep liburan yang menenangkan dan asik untuk membangun komunikasi. Pasangan lainnya lebih suka konsep liburan seru dengan berbagai macam atraksi yang bisa dilakukan berdua. Apapun pilihan kamu, pastikan kamu mengunjungi lokasi wisata yang direkomendasikan untuk menghabiskan momen berkualitas bersama pasangan. Berikut ini adalah daftar tempat wisata romantis di Indonesia yang cocok untuk merayakan hari Valentine.

Tempat Wisata Romantis di Pulau Jawa

1. Karimunjawa, Jawa Tengah

Tempat wisata romantis pertama terletak di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Dengan kurang lebih 27 gugusan pulau, bayangkan berapa banyak ragam pemandangan laut dan pantai yang bisa kamu temui melalui kegiatan island hopping bersama pengelola wisata. Meskipun kamu dan pasangan hanya ingin menikmati satu pulau saja, banyak daya tarik yang menunggumu di sana. Mulai dari resort mewah dan terjangkau, snorkeling, diving, jelajah hutan mangrove, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Candi Borobudur, Magelang

Daya tarik utama dan paling romantis di Candi Borobudur adalah pengalaman menyaksikan indahnya matahari terbit diantara stupa. Jika kamu dan pasangan naik tangga candi hingga lantai teratas, kamu bisa melihat pemandangan agung tersebut dari ketinggian kurang lebih 30 meter. Suasana subuh yang tenang dan syahdu dijamin perayaan valentine kamu dan pasangan akan semakin bermakna.

3. Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Untuk kamu yang suka dengan tantangan dan quality time yang maksimal, mendaki gunung adalah salah satu pilihan menarik. Ranu Kumbolo yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjadi spot bermalam yang keren banget. Danau yang terletak di ketinggian 2.400 mdpl ini menawarkan pemandangan memukau dan udara yang masih murni. Bayangkan bangun pagi dan keluar dari tenda dengan sambutan alam yang asri bersama partner hidup kamu.

Di Luar Pulau Jawa

1. Pulau Bintan, Kepulauan Riau


Oke, sekarang mari beralih ke rekomendasi tempat wisata romantis yang lebih luas. Menjadi salah satu pulau yang banyak diminati wisatawan di Kepulauan Riau, Pulau Bintan dinilai yang paling romantis. Dengan pemandangan berbagai macam pantai, kamu dan pasangan akan merasa memiliki pulau tersebut. Hal ini karena lokasi tersebut belum banyak dikunjungi wisatawan dibanding pulau lainnya. Resor diatas laut siap disewa untuk melengkapi pengalaman kamu di sana.

2. Pulau Weh, Sumatera Utara

Sumber: pulauwehresort

Salah satu daya tarik Kota Sabang ini siap menyambut kamu dan pasangan dengan air laut bening dan pasir pantai yang putih. Dengan banyaknya penginapan romantis di bibir pantai, kamu bisa menikmati pagi dan malam hari menghadap laut. Pada malam hari, kamu bisa menyaksikan lampu-lampu dari kejauhan sambil menikmati kopi khas Aceh. Dijamin sesi ngobrol kamu dengan pasangan akan semakin berkualitas.

3. Pulo Cinta, Gorontalo

Sesuai dengan namanya, Pulo Cinta menawarkan resor di tengah laut yang saling terhubung dengan dermaga kayu hingga membentuk hati apabila dilihat dari atas. Antar room yang ditawarkan pengelola memiliki jarak yang cukup jauh. Jadi kamu akan memiliki privasi yang lebih terjaga. Apalagi dengan perpaduan air laut kehijauan dan pasir putih yang ada pada teluk di tengahnya. Dijamin mata akan dimanjakan selama ada di sini. Atraksi wisata permukaan laut dan bawah laut juga patut dicoba agar liburan semakin berkesan.

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Siapa yang tak mengenal Labuan Bajo? Namun kamu juga harus tahu bahwa tempat wisata ini cocok untuk menghabiskan hari kasih sayang. Mulai dari terumbu karang yang memukau, naik kapal phinisi mengarungi lautan, hingga penjelajahan habitat hewan langka komodo menjadi impian banyak wisatawan. Bahkan kamu bisa mengunjungi banyak objek wisata sekaligus dalam satu daerah. Sebut saja Pantai Pink, Pulau Padar, Gili Laba, Pulau Bidadari, dan masih banyak lagi keseruan lainnya.

5. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Tempat wisata romantis di Indonesia yang cocok untuk merayakan valentine berikutnya adalah Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Lokasi ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang menggemari berbagai macam biota laut. Melalui aktivitas snorkeling dan diving, kamu bisa menyaksikan lumba-lumba, penyu, dan flora fauna lainnya.

6. Raja Ampat, Papua Barat


Last but not the least, Raja Ampat di Papua Barat telah menjadi impian merayakan valentine bagi sebagian orang. Lautan biru dan gugusan bebatuan hijau ini telah menjadi ikon Papua Barat sejak dulu. Jadi keputusan berlibur kemari akan sangat disarankan. Dari berbagai daya tarik, ada beberapa pulau yang patut dijadikan tempat berhenti sejenak, yaitu Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Waigeo, dan Pulau Batanta.

Itu tadi adalah daftar tempat wisata romantis di Indonesia yang tak boleh kamu lewatkan bulan ini. Jika sudah menentukan tempat wisata pilihan, saatnya kamu melakukan banyak persiapan. Selain perjalanan yang mungkin panjang, kamu juga perlu mempersiapkan keperluan selama ada di sana. salah satu yang tak boleh diremehkan adalah menjaga stamina dan kebugaran tubuh tetap prima.

Rencana liburan di hari Valentine bisa sia-sia jika tubuh kamu sakit. Itulah kenapa kamu perlu mengonsumsi Enervon Active jauh sebelum dan selama berlibur. Dengan multivitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, kamu akan lebih mudah memenuhi energi harian. Sebagai persiapan awal, mari rasakan langsung manfaat dari berbagai varian Enervon sekarang juga.