Sarapan adalah salah satu cara penting untuk mempersiapkan hari. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan sarapan agar konsentrasi terus terjaga selama menerima pelajaran dan semangat menjalani aktivitas fisik lainnya di sekolah atau kelas bermain. Sayangnya tidak semua anak suka dengan sarapan karena berbagai alasan. Mulai dari takut terlambat sekolah, belum lapar, masih mengantuk, tidak nyaman di perut, dan sebagainya.

Oleh karena itu sudah sepatutnya orang tua memastikan mereka makan pagi. Tidak hanya sekadar makan, Moms juga perlu memastikan nutrisinya tercukupi untuk memulai hari. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi sarapan sama anak yang bisa Moms coba.


Sebelum menuju daftar pilihan menunya, Moms harus tahu bahwa pemerintah telah memberikan panduan untuk membuat sarapan bergizi seimbang. Komposisi setiap bahan makan yang disarankan adalah karbohidrat (35%), protein (15%), buah (15%), dan sayur (35%). Agar lebih mudah, bagi piring makan anak-anak menjadi 4 lalu isikan dengan makanan sesuai dengan kandungannya.

Rekomendasi Menu Sarapan Anak

1. Telur Omelet dengan Isian

Telur adalah bahan makan protein yang paling mudah diolah dengan kandungan kalori dan multivitamin yang tinggi. Apabila telur dadar sudah biasa, cobalah membuat telur omelet dengan variasi isian yang seru dan nikmat. Di antaranya adalah keju, rumput laut laut kering (nori), potongan wortel kecil, baby spinach, dan masih banyak lagi lainnya.

2.  Oatmeal Buah

Oatmeal adalah bahan makan dari bulir gandum yang sering diolah menjadi bubur. Selain karbohidrat, oatmeal juga kaya akan protein nabati, vitamin E, dan serat. Selain bernutrisi, mengonsumsi oatmeal juga dapat menahan rasa kenyang lebih lama. Meski dapat diolah menjadi menu savory, oatmeal buah dengan dominasi rasa manis lebih populer bagi anak-anak. Moms dapat melarutkan oatmeal dengan susu atau yogurt cair selama 1 malam dalam wadah kedap udara. Kemudian pada pagi hari, tambahkan buah-buahan segar seperti stroberi, jeruk, kiwi, dan lain-lain sesuai favorit anak.

3. Nasi Goreng

Karbohidrat paling umum ditemukan adalah beras sehingga nasi menjadi pilihan yang paling mudah dibuat. Nasi goreng menjadi menu andalan yang tak bisa dipisahkan dari keluarga Indonesia. Namun agar menu ini tidak membosankan dan mampu memenuhi nutrisi harian, campurkan berbagai jenis sayuran dan protein. Beberapa contoh bahan yang cocok adalah kacang polong, jagung, buncis, jamur, keju, sosis, potongan ayam, udang, ikan asin, dan masih banyak lagi.

4. Panekuk Buah

Panekuk atau pancake adalah kue berbentuk lempengan bulat yang tipis. Bahan-bahannya adalah terigu, gula, susu, dan telur sehingga tinggi kalori dan karbohidrat. Untuk meningkatkan kandungan vitamin dan mineralnya, Moms bisa menyajikannya bersama buah, sirup, dan/atau selai kesukaan anak-anak. Jika ingin dibuat asin, panekuk cocok dicampur sayuran, seperti bayam, jamur, dan daun bawang kemudian sajikan bersama protein hewani dan kecap. Moms juga bisa mengkreasikannya dengan cetakan unik yang banyak dijual.

5. Roti Lapis Berisi

Sering disebut juga dengan sandwich, roti lapis dengan isian yang lengkap juga bisa memenuhi energi harian anak. Terutama bagi anak aktif yang akan menjalani banyak kegiatan fisik. Jenis roti tawar apapun dapat menjadi alternatif pilihan. Kemudian beri isian lengkap seperti tomat, selada, kol, bayam, saus, mayones, daging ayam, ikan fillet, telur, hingga jamur tumis. Moms juga bisa lho mengisikannya dengan tempe yang dibuat menyerupai burger, bahan yang lebih mudah didapatkan dan menarik.

6. Smoothie

Smoothie menjadi salah satu menu minuman dengan kandungan vitamin yang kompleks. Campuran buah dan/atau sayur dengan susu atau yogurt tidak hanya lezat namun juga menyimpan energi yang banyak. Beberapa buah yang bisa ditambahkan dalam smoothie selain pisang adalah stroberi, buah bit, buah naga, pepaya, dan lain-lain. Warna buah yang bervariasi akan meningkatkan keinginan anak untuk mengonsumsinya.

7. Bubur Bervariasi

Bubur ayam menjadi salah satu menu sarapan savory yang mudah dinikmati namun perlu banyak langkah untuk membuatnya. Kecuali jika Moms sudah menyiapkan bahan pelengkapnya sejak malam hari. Selain bubur ayam, Moms juga bisa mencoba bubur biji quinoa, sejenis biji-bijian dengan bentuk pipih dan teksturnya mirip kacang. Beberapa bahan yang populer dipadukan dengan quinoa adalah ubi ungu, ubi jalar, susu kedelai, krim, hingga brokoli dan telur untuk menu asinnya.

8. Toast Berbagai Varian

Toast atau bisa juga disebut dengan roti bakar dan roti panggang ini juga menu favorit anak-anak. Bisa disajikan dengan bentuk seperti roti lapis, toast juga sering disajikan satu sisi saja. Kemudian beri topping yang disukai anak-anak. Mulai dari selai buah, keju, alpukat, potongan buah segar, kacang almond, hingga telur rebus. Dijamin anak-anak akan terus bersemangat menikmati sarapan dengan beragam menu toast tersebut.

Itu tadi adalah beberapa rekomendasi sarapan sama anak yang bisa dikreasikan dan dikombinasikan setiap hari. Untuk melengkapi asupan gizi seimbangnya, konsumsi suplemen tambahan makanan sangat disarankan agar membantu anak tetap aktif seharian. Enervon C Plus Syrup hadir dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap serta bentuk yang mudah diminum buah hati Moms. Agar tidak salah beli, pastikan Moms mendapatkan produknya yang asli melalui toko official Enervon dengan mengikuti tautan ini.