Banyak perusahaan yang saat ini menerapkan jam kerja fleksibel sehingga kamu bisa lebih nyaman dalam bekerja. Hal tersebut membuat istilah WFH (Work From Home) dan WFA (Work From Anywhere) menjadi semakin populer dari sebelumnya. Namun, tahukah kamu jika sekarang, istilah workation juga sedang tren di kalangan pekerja remote

Nah, bagi kamu yang belum tahu, jangan lewatkan informasi tentang pengertian dan sederet rekomendasi tempat yang cocok untuk workation dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Workation?

Istilah WFH dan WFA semakin populer semenjak merebaknya pandemi Covid-19 di tahun 2020 lalu. Kebijakan untuk melakukan social distancing membuat banyak perusahaan meminta para pekerjanya untuk bekerja dari rumah dalam periode waktu tertentu. Hal tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran virus supaya tidak semakin berkembang.

Uniknya, cara kerja work from home saat ini menjadi salah satu gaya hidup yang semakin berkembang. Banyak orang yang kemudian beralih ke tempat-tempat lain seperti coworking space, kafe, hotel, dan spot menarik lainnya yang nyaman untuk dijadikan tempat kerja. Jadi, kamu bisa bekerja sekaligus refreshing dalam satu waktu sekaligus.

Nah, hal ini pun membuat istilah workation mencuat dan menjadi tren bekerja masa kini yang digandrungi banyak orang terutama bagi para pekerja remote. Workation adalah penggabungan dua kata yaitu work dan vacation yang artinya adalah bekerja sambil berlibur.

Selain menjadi tren baru, gaya kerja yang satu ini juga mendukung terciptanya work life balance di kalangan pekerja, sehingga mereka pun tidak rentan stres dan kesehatan mental juga lebih terjaga.

Opsi bekerja secara workation ini akan mengusir rasa bosan yang dirasakan karena bekerja di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama. Kamu bisa bepergian dan mengatur waktu bekerja sambil liburan secara efektif. Namun, kamu harus menyikapi hal ini secara bijak agar pekerjaan dan waktu berlibur dapat berjalan secara harmonis.

Rekomendasi Tempat untuk Workation

Ada banyak tempat menarik di Indonesia yang cocok untuk kamu jadikan tempat bekerja sambil berlibur. Pada artikel kali ini, Enervon telah merangkum 5 tempat paling recommended untuk workation yang tidak boleh kamu lewatkan!

1. Dusun Bambu Bandung

Bandung adalah satu destinasi wisata yang sangat populer dan jadi langganan tempat berlibur baik bagi turis domestik maupun mancanegara. Jika kamu ingin bekerja sambil liburan di sini, maka Dusun Bambu adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Dengan mengangkat konsep glamping yang sedang hits, kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang memukau sekaligus nuansa tradisional yang masih kental. Pastinya, pengalaman ini akan berkesan dan sangat menyenangkan.

Jika pekerjaanmu sudah selesai, jangan lupa untuk menikmati sejuknya udara sekitar sambil berjalan-jalan atau bersepeda melewati kebun lavender dan pemandangan sawah yang asri di sekitar.

2. Royal Safari Garden Bogor

Sumber: tripadvisor

Puncak Bogor juga menyimpan banyak panorama alam yang tak kalah indah dari Bandung. Jika kamu mengunjungi tempat ini, pertimbangkan untuk singgah ke Royal Safari Garden ya! 

Selain bisa staycation di tempat yang mewah dan nyaman, kamu juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik di sekitarnya seperti Curug Cilember, The Ranch, Taman Wisata Matahari, Kebun Raya Cibodas, Kuntum Farmfield, dan lain-lainnya.

3. Plataran Borobudur Hotel dan Resort Magelang

Sumber: tripadvisor

Beralih ke area Jawa Tengah, Candi Borobudur merupakan magnet wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi selama workation. Agar aktivitas kerja menjadi lebih bersemangat, kamu bisa bermalam di Plataran Borobudur Hotel dan Resort Magelang.

Tempat yang satu ini memang sangat populer di kalangan traveler, jadi kamu tidak boleh ketinggalan dan wajib mengunjunginya. Sesampainya di sana, kamu akan disambut dengan arsitektur ala kolonial yang menyimpan sejuta sejarah dari masa lampau.

Menariknya, penginapannya didesain khusus ala-ala villa dengan gaya yang modern nan estetik. Selain mendatangi Candi Borobudur, kamu juga bisa singgah ke Candi Mendut, Candi Pawon, Punthuk Setumbu, dan objek wisata populer lainnya di Magelang saat senggang.

4. Silancur Glamping Magelang

Sumber: magelangekspres

Masih di daerah Magelang, Jawa Tengah, ada opsi untuk kerja sambil liburan lainnya yang tak kalah menarik untuk dilirik. Ya, kamu bisa mampir ke Silancur Glamping yang ada di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Magelang. 

Tempat ini menyediakan penginapan dengan berbagai tipe kamar yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Hal yang menarik dari tempat ini adalah lokasinya dikelilingi oleh beberapa gunung megah sekaligus seperti Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan juga Ungaran.

Tak hanya itu saja, puncak daya tarik dari tempat ini adalah melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari yang mempesona diantara gunung-gunung megah nan indah tersebut.

5. Sang Giri Hotel Glamping Bali

Sumber: tiket.com

Pulau Bali adalah tempat paling indah yang bahkan lebih populer dari Indonesia di mata dunia. Oleh sebab itu, belum afdol rasanya jika belum menghabiskan waktu workation di Pulau Dewata tersebut.

Salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu explore adalah Sang Giri Hotel Glamping Bali. Apa saja sih yang menarik dari tempat ini? Selain menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti trekking menuju hutan hujan, jalan-jalan di terasering yang menawan, mengunjungi Air Terjun Besi Kalung, dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, berbagai fasilitas yang ada di dalamnya sangat memanjakan dan membuatmu benar-benar rileks. Jadi, jangan sampai terlewatkan, ya!

Dukung aktivitas workation dengan mengonsumsi multivitamin tambahan agar lebih semangat dan bertenaga! Kamu bisa memilih Enervon Active sebagai multivitamin dan mineral yang akan mendukung setiap aktivitasmu selama bekerja sekaligus berlibur.

Enervon Active mengandung nutrisi dasar yang bantu pembentukan energi di dalam tubuh. Di dalamnya terdapat Vitamin B Complex (B1, B2, B6, B12, Niacinamide, Kalsium Pantotenat)
yang berfungsi meningkatkan proses metabolisme untuk menghasilkan energi serta Zinc yang akan mempercepat pengeluaran asam laktat, sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Bahkan, Enervon Active juga dilengkapi dengan Non-acidic Vit C yang efektif meningkatkan sel-sel imun di dalam tubuh lho! Dapatkan segera produknya di sini dan rasakan manfaatnya untuk tubuh dengan konsumsi rutin setiap hari!