Sudah berapa lama kamu bekerja? Sudah sewajarnya bahwa pekerja ingin meningkatkan jabatan yang dimilikinya di tempat kerja. Karier yang cemerlang adalah salah satu tujuan jangka panjang yang perlu dipersiapkan dengan baik. Alih-alih menunggu pimpinan perusahaan memberikan kesempatan, sangat disarankan setiap pekerja menjemputnya. Apakah hal tersebut memungkinkan? Tentu saja, jika kamu memiliki kemampuan atau skill dan kompetensi yang terus meningkat. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan beragam program karyawan untuk hal ini. Namun, tidak jarang juga perusahaan tidak menyediakan program ini, malah memberi kebebasan bagi pekerjanya untuk mengembangkan diri. Lalu bagaimana caranya? Simak 8 cara meningkatkan skill dan kompetensi diri bagi pekerja berikut ini.

Cara Meningkatkan Skill dan Kompetensi Diri

1. Lakukan Studi Banding

Peningkatan skill bermula dari motivasi untuk terus mengembangkan diri dan hal ini bisa didapatkan dengan melakukan studi banding. Dengan melihat tim atau perusahaan lain dalam mengelola suatu pekerjaan, kamu bisa termotivasi untuk mengadopsi cara kerja yang sama atau justru membuat cara yang jauh lebih efektif. Cari perusahaan dengan karakter yang hampir sama tapi memiliki progres pekerjaan yang jauh lebih baik.

2. Ikuti Pelatihan Skill Profesional

Cara meningkatkan kompetensi diri berikutnya adalah dengan mengikuti pelatihan skill yang dikelola secara profesional. Sehingga tidak hanya kurikulum dan capaian yang jelas, sertifikat atau bukti selesai belajar juga dibuat secara resmi. Dalam memilih jenis pelatihan pun, utamakan untuk mencari topik yang dekat dengan jenis pekerjaan kamu sekarang. Dengan begitu, skill bekerja akan meningkat secara signifikan.

3. Jangan Ragu Menerima Jobdesc Baru

Tidak jarang perusahaan akan menawarkan tambahan tugas dan/atau tanggung jawab yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi daripada biasanya. Ketika kamu menjadi salah satu yang mendapat kesempatan penawaran tersebut, jangan ragu untuk menerimanya. Secara tidak langsung tantangan ini akan membuat kompetensi diri kamu meningkat. Tentu saja faktor kesiapan dan pengelolaan waktu yang baik harus seimbang agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

4.  Semangat Membangun Team Work

Kamu pasti setuju bahwa lingkungan kerja sangat berpengaruh pada produktivitas kerja, kan? Untuk itu, memiliki semangat proaktif membangun team work juga menjadi salah satu cara meningkatkan skill. Dengan selalu berusaha berperan aktif dan berusaha mencari teori sistem kerja tim yang efektif sekaligus menerapkannya, skill kamu akan meningkat dengan sendirinya.

5. Temukan Role Model atau Mentor

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran role model dan/atau mentor pilihan akan memengaruhi kamu dalam bekerja, terutama dalam meningkatkan skill. Dengan mencari seorang ahli yang bidang kerjanya sesuai dengan dirimu, kamu bisa belajar banyak hal. Mulai dari solusi untuk kasus atau masalah yang pernah ditangani, hingga cara menyikapi perubahan. Akan jauh lebih baik jika kamu memiliki beberapa mentor sekaligus dengan karakter yang berbeda. Hal itu akan memberikanmu pandangan dan solusi yang beragam untuk dicoba dan bahkan mungkin dikombinasikan.

6. Perluas Jaringan Pertemanan

Selain kuat membangun hubungan dengan internal perusahaan, memperluas jaringan pertemanan di luar perusahaan juga bisa menjadi trik cara meningkatkan skill. Salah satunya adalah dengan mengikuti komunitas yang masih berhubungan dengan profesi kamu. Selain dapat terus mengikuti tren terbaru yang berhubungan dengan skill, hal ini juga akan membantu kamu untuk terus belajar meski sudah memiliki profesi dan jabatan. Kamu mungkin tidak mendapatkan manfaatnya secara langsung atau saat itu juga, namun hal ini bisa sangat membantu pada waktu lain.

7. Proaktif Meminta Feedback

Salah satu cara belajar dan meningkatkan kompetensi diri paling membekas adalah belajar dari kesalahan. Jadi, pekerja yang ingin terus mengembangkan diri tidak boleh takut berbuat salah. Agar kamu dapat mengetahui letak kesalahan, berusahalah aktif meminta kritik yang membangun kepada teman satu tim atau kepada mentor dalam perusahaan. Selain menunjukkan bagian mana yang perlu diperbaiki, kamu juga akan mendapat saran untuk mengembangkan potensi dan meningkatkannya. Ambil sisi positif dari setiap feedback orang lain dan jangan sampai hal negatif menurunkan semangat kamu.

8. Terbuka pada Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yang cepat saat ini membuat hampir semua bidang terkena dampak positifnya. Carilah perkembangan teknologi terbaru terkait bidang pekerjaan kamu. Meskipun teknologi tersebut tidak selalu bisa langsung diterapkan di perusahaan, setidaknya kamu telah mengetahui cara kerja dan tips penggunaannya. Bahkan bisa jadi kamu sendiri yang akan menciptakan teknologi serupa tersebut meski tidak sama persis. Dijamin kompetensi diri akan meningkat secara signifikan.

Selain beberapa tips di atas, ada satu lagi cara meningkatkan skill dan kompetensi diri yang tak boleh luput dari rencana jangka panjang kamu. Cara yang dimaksud adalah memastikan kinerja dan performa harian kamu selalu dalam kondisi terbaik. Banyaknya tantangan dunia kerja ke depan tidak bisa dilalui jika tubuh tidak bugar. Enervon Active dengan kandungan vitamin kompleks dan mineralnya siap mendukung pemenuhan energi harian kamu selama bekerja. Bahkan kamu bisa tetap bersemangat menjalankan berbagai kegiatan lanjutan seperti pelatihan meski baru pulang dari tempat kerja. Yuk dapatkan produk yang asli dengan membelinya di toko official Enervon berikut. Mulai performa aktif kamu hari ini!