Seiring dengan perkembangan media sosial yang pesat, banyak orang tua yang senang membagikan foto dan/atau video anak-anaknya yang menggemaskan. Tidak hanya Instagram, konten Youtube pun sudah mulai digemari sebagai media untuk menceritakan kegiatan sehari-hari atau acara keluarga. Dorongan untuk mengunggah momen tersebut sangat beragam. Mulai dari menjadikannya arsip online, memberi kabar kepada saudara atau teman jauh, hingga merekam tumbuh kembang anak dari bayi. Apapun tujuan yang ingin diraih, Moms juga harus memahami bahwa terdapat batasan yang perlu diperhatikan dalam membagi informasi di dunia maya. Untuk itu, simak inspirasi ide konten Youtube anak yang tidak menyertakan terlalu banyak informasi pribadi berikut ini.

Dengan banyaknya momen, tips, dan cerita yang dibagikan para orang tua terkait anak-anaknya, mulailah dikenal istilah sharenting. Berasal dari dua kata share dan parenting, sharenting adalah kegiatan membagikan metode pola asuh dan komunikasi antara orang tua dan anak kepada audiens. Salah satu media paling digemari untuk sharenting adalah Youtube. Namun, bisakah kegiatan ini aman dilakukan meski informasinya bisa diakses oleh siapapun?

Sebelum membahas lebih dalam, perlu dipahami bahwa menyertakan anak-anak dalam konten media sosial apapun memiliki dampak negatif. Selain kesulitan menghapus informasi secara total, informasi dalam bentuk apapun rentan terkena pencurian identitas. Untuk itu, jauh lebih baik jika Moms membatasi informasi pribadi yang akan dibagikan. Beberapa informasi yang sebaiknya tidak dibagikan adalah nama lengkap ibu kandung, jam dan tanggal lahir anak, alamat rumah dan sekolah secara detail, serta alamat tempat-tempat lain yang rutin didatangi anak-anak Moms.

Meskipun begitu, Moms tetap bisa membagikan keseruan anak-anak di mana pun tanpa menyebarkan informasi penting. Berikut ini adalah ide konten Youtube anak yang bisa dicoba.

Ide Konten Youtube Bareng Anak

1. Kegiatan Menggambar atau Mewarnai

Untuk anak Moms yang suka sekali menggambar dan mewarnai, jadikan kegiatan sederhana ini sebagai konten Youtube. Agar tidak menjadi tayangan yang membosankan, Moms bisa mengajak mereka diskusi mengenai apapun. Misalnya dengan menanyakan alasan menggambar suatu bentuk, alasan memilih warna yang tidak umum, dan berbagai pertanyaan lain yang mampu merangsang kemampuan analisis anak-anak. Sehingga meskipun konten direkam pada satu spot saja, audiens tetap asyik mendengarkan obrolan Moms dan anak-anak.

2. Membuat Eksperimen dan Kerajinan Tangan

Ide konten Youtube berikutnya adalah membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai yang biasa dikenal dengan istilah Do It Yourself (DIY). Jika anak-anak memiliki minat pada bidang ilmu saintek, manfaatkan potensinya dengan membuat konten eksperimen yang aman dibuat. Kemudian kombinasikan dengan penjelasannya secara ilmiah. Tidak hanya orang tua di rumah, audiens anak-anak juga akan belajar banyak dari konten ini.

3. Unboxing Mainan

Anak-anak dan mainan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Ketika anak-anak Moms baru saja membeli mainan baru, jadikan momen unboxing sebagai konten ringan yang seru. Setelah membukanya, perlihatkan juga cara memainkannya dan penilaian mereka terhadap mainan tersebut.

4. Belajar Masak

Jika Moms suka mencoba menu baru, sertakan anak-anak dalam kegiatan masak. Terutama jika menu yang akan dibuat sederhana dan aman dilakukan bersama anak-anak. Selain memberi inspirasi bagi audiens, Moms juga dapat menghabiskan waktu bersama anak-anak lebih banyak.

5. Dubbing Video Animasi

Apakah Moms suka mengedit atau membuat video animasi? Jika ya, sertakan anak-anak Moms untuk menjadi pengisi suara (dubbing) pada karakter yang dibuat. Selain melatih kreativitas anak-anak dalam mengekspresikan sesuatu, konten ini akan menghibur audiens dengan keunikan anak-anak Moms.

6. Mencoba Permainan Tradisional

Permainan tradisional memiliki banyak sekali manfaat, namun saat ini mulai kehilangan penggemar. Moms bisa mengenalkan banyak screen time anak Moms.

7. Mengunjungi Tempat Wisata Alam atau Wisata Edukasi

Saat berlibur bersama anak ke berbagai wisata alam, Moms bisa menjadikannya ide konten Youtube anak dengan konsep vlog. Selain alam, bisa juga saat mengunjungi wisata edukasi di sekitar rumah. Selain seru untuk audiens, konten seperti ini juga bisa dijadikan sarana mengabadikan momen bersama anak-anak. Namun, Moms perlu ingat untuk selalu utamakan keamanan dan kenyamanan anak saat membuat konten di tempat wisata, ya.

8. Tips Merawat Tanaman Favorit atau Hewan Peliharaan

Meskipun sederhana, membiarkan anak berbagi tips merawat tanaman favorit dan/atau hewan peliharaan bisa sangat seru untuk direkam. Selain melatih kemampuan dalam menjelaskan sesuatu, hal ini juga bisa mengajarkan audiens anak-anak untuk bertanggung jawab pada makhluk hidup lain disekitarnya.

9. Review Teknologi Terbaru untuk Anak-Anak

Jika anak Moms terlihat suka dengan dunia teknologi, dorong mereka untuk membuat konten review teknologi terbaru. Agar penggunaannya sesuai dengan usia mereka, pastikan Moms mencari tahu lebih dahulu detailnya ya. Bisa juga dengan membuat konten tips menghadapi dampak negatif teknologi bagi orang tua di rumah.

10.   Belajar Bersama

Terakhir dalam inspirasi ide konten Youtube ini, Moms bisa merekam anak-anak saat belajar. Baik itu belajar tentang materi sekolah maupun tentang hobi baru yang akhir-akhir ini digemari. Konsep ASMR juga bisa diterapkan apabila anak Moms suka belajar dengan suasana yang tenang. Selain menyemangati anak-anak lain untuk belajar bersama, konten ini juga bisa digunakan untuk melihat perkembangan anak dari waktu ke waktu dalam kaitannya dengan hobi baru.

Bagaimana dengan ide konten Youtube anak di atas? Adakah yang cocok dengan keseharian anak-anak Moms? Yuk Moms, mulai dari sekarang membuat konten Youtube anak yang tidak hanya ramah bagi audiens saja, namun juga menghindarkan anak-anak dari dampak negatif media sosial.

Nah, untuk beragam aktivitas anak-anak di atas, Moms juga harus membantu pemenuhan energi si kecil, ya. Kegiatan fisik dan berpikir yang semangat berawal dari asupan makan dengan gizi seimbang. Dukung pemenuhan energi hariannya dengan mengonsumsi Enervon-C Plus Syrup. Kandungan vitamin kompleks dan mineralnya mampu menjaga daya tahan tubuh anak serta memelihara kesehatan selama masa pertumbuhan. Dapatkan produknya yang asli melalui toko official Enervon sekarang juga.