Semakin padat aktivitas harian seseorang, maka semakin tinggi pula kemungkinan tubuh akan mengalami kelelahan. Sehingga banyak orang mencoba berbagai cara agar tubuhnya tidak mudah lelah. Selain ingin melalui semua aktivitas dengan baik, memiliki tubuh yang tetap bugar setelah seharian bekerja juga akan mendukung pemanfaatan waktu berkualitas dengan keluarga. Hal ini sering kali dikaitkan dengan stamina yang kuat dan kebugaran tubuh. Lalu, sudahkah tubuh kamu bugar dengan stamina yang terus terjaga? Mari lakukan beberapa cara agar tidak mudah capek di bawah ini.

Tips Agar Badan Tidak Mudah Capek

1. Pola Makan dengan Gizi Seimbang

Cara pertama dan yang paling krusial adalah dengan memiliki pola makan yang sehat. Indikator pertama adalah pemilihan menu makan yang harus diperhatikan, yaitu memiliki gizi seimbang antara karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Asupan gizi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan tubuh akan membuat tubuh bugar dalam waktu yang lama. Menurut Kementerian Kesehatan, dalam satu kali makan setidaknya terdapat 50% karbohidrat dan protein serta 50% buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat dan mineral.

Kemudian indikator pola makan sehat berikutnya adalah jam makan yang teratur. Jumlah untuk orang dewasa biasanya 3 kali makan berat dalam satu hari. Namun tubuh manusia memang akan merasa lapar dalam 4-5 jam setelah makan berat. Artinya, jika kamu memang membutuhkan snack, pilihlah jenis camilan yang sehat. Kurangi bahkan hilangkan kandungan gula, garam, dan lemak berlebih dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Selain tidak mudah capek, tubuh juga akan memiliki stamina dan energi yang lebih besar.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Tubuh manusia dewasa memiliki kadar air mencapai 50-60%. Sehingga ketika kadar air ini tidak dipenuhi dengan baik, tubuh akan lebih cepat lelah. Bahkan pada tahap tertentu tubuh akan mengalami gangguan kesehatan berupa dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, rutinlah minum air putih sesuai dengan tingkat aktivitas kamu sehari-hari. Semakin padat dan/atau berat kegiatan kamu, maka semakin banyak kamu akan membutuhkan air putih. Bisa jadi kebutuhan air kamu lebih dari 8 gelas atau 2 liter per hari. Selain kadarnya, cara mengonsumsinya juga harus diperhatikan ya agar dampaknya lebih maksimal.

3. Batasi Konsumsi Kafein

Kamu pasti sudah mengetahui fakta bahwa kafein dapat meningkatkan konsentrasi dan mengurangi rasa lelah. Namun, tahukah kamu bahwa efek tersebut hanya bertahan paling lama 1 jam? Setelah 1 jam berakhir, tubuh justru akan menunjukkan gejala lelah yang lebih berat dibanding sebelum mengonsumsinya. Jika tidak dalam kondisi terdesak, pikirkan kembali dampak mengonsumsi kafein dan batasi kadarnya.

4. Rutin Olahraga atau Aktivitas Fisik

Jika kamu berpikir cara agar tidak mudah capek adalah menghemat aktivitas fisik, mungkin ada benarnya. Namun jangan sampai hal ini justru membuat kamu melewatkan waktu olahraga. Usahakan selalu memberi waktu kurang lebih 30 menit untuk melakukan olahraga favorit. Tidak harus berat dan terlalu fokus pada kalori yang akan keluar, jalan-jalan santai atau bersepeda selama 15 menit sudah bisa memberikan dampak signifikan bagi tubuh. Mulai dari peredaran darah yang lancar, keluarnya hormon bahagia, hingga daya tahan tubuh meningkat akan kamu dapatkan.

5. Kurangi Pemicu Stres

Bicara soal hormon bahagia, tingkat stres juga bisa memengaruhi tingkat kelelahan fisik, lho. Meskipun aktivitas fisik tidak terlalu banyak namun tetap memiliki beban pikiran yang cenderung berat, maka tubuh tetap akan kehilangan banyak energi. Itulah kenapa mengelola stres sehari-hari juga menjadi kunci agar tidak mudah capek. Selain olahraga, melakukan hobi juga bisa menjadi alternatif pilihan meski singkat. Di antaranya adalah fokus mendengarkan musik favorit, membaca beberapa halaman novel yang paling kamu sukai, berbincang ringan dengan teman jauh, dan sebagainya sesuai kebutuhan kamu.

6. Dapatkan Waktu Istirahat Berkualitas

Cara berikutnya adalah dengan memiliki waktu istirahat yang berkualitas. Beberapa indikator istirahat atau tidur malam yang sehat adalah relaksasi atau meditasi ringan sebelum tidur, mengurangi screen time, meredupkan atau mematikan lampu kamar, bantal tidak terlalu tinggi, dan waktu tidur setidaknya 6-8 jam setiap malam. Jika kamu memang membutuhkan tidur siang, batasi waktunya agar tidak lebih dari 30 menit. Hal ini agar tidak mengganggu pola tidur kamu sehari-hari.

7. Konsumsi Suplemen yang Aman

Akan jauh lebih baik jika kamu membantu pemenuhan gizi bagi tubuh dengan mengonsumsi suplemen penambah stamina. Karena sifatnya sebagai tambahan makan, jadi cara ini tidak wajib namun sangat disarankan jika memang dibutuhkan. Beberapa tips aman yang perlu diperhatikan adalah hindari minum suplemen bersama kafein dan/atau susu, beri jeda 1-2 jam jika kamu mengonsumsi obat lain, dan waktu konsumsi suplemen paling baik adalah setelah sarapan atau makan siang agar penyerapannya maksimal.

Cara-cara di atas memang erat hubungannya dengan kebiasaan dan gaya hidup sehat. Jadi mungkin akan cukup berat bagi sebagian orang. Namun ketika beberapa poin sudah dilakukan secara bertahap, manfaatnya bagi tubuh akan berlangsung dalam jangka panjang. Kamu tak perlu takut lagi menghadapi hari aktif hingga padat kapan pun.

Bicara soal suplemen yang aman bagi tubuh sebagai cara agar tidak mudah capek, Enervon-C Effervescent hadir dengan kandungan vitamin kompleks dan mineralnya. Tambahan makan yang aman diminum setiap hari dan mudah diserap tubuh ini membantu tubuh tetap memiliki stamina meski harus melalui hari yang padat. Bahkan tubuh juga akan dibantu meningkatkan sistem imunitas agar kamu tidak gampang sakit. Dapatkan produknya yang asli sekarang juga di toko official Enervon.