2023 menjadi tahun yang banyak dinantikan, terutama bagi sebagian besar pelaku bisnis dan pencari kerja. Bagi pelaku bisnis, berakhirnya pandemi membuat kebijakan WFH tidak begitu dibutuhkan dan semakin luasnya pengembangan bisnis. Sedangkan bagi para pencari kerja, semakin banyak variasi peluang kerja dengan mulai dikembangkannya berbagai macam teknologi. Untuk menghadapi dinamika perekonomian, tahukah kamu tren prospek pekerjaan juga mengalami sedikit pergeseran? Simak daftar prospek kerja 2023 yang banyak dibutuhkan berikut ini.

Prospek Kerja Terkini, Apa Saja?

1. Digital Marketing

Tingginya tuntutan untuk meningkatkan brand awareness bagi bisnis di bidang apapun harus sejalan dengan perkembangan audiens di platform digital. Sehingga kegiatan pemasaran di dunia digital menjadi hal yang penting. Profesi yang berkaitan dengan bidang digital marketing akan banyak dicari. Tugas mereka adalah merencanakan strategi pemasaran, mengelola konten pemasaran, hingga mengelola interaksi perusahaan dengan audiens. Pada bagian sosial media, orang dengan profesi ini akan fokus pada Social Media Strategist. Sedangkan pada bagian website resmi akan lebih fokus pada Search Engine Optimization (SEO).

2. Data Scientist

Selain pemasaran, hampir semua bisnis juga akan sangat membutuhkan analisis data. Baik itu untuk tim perencanaan, penjualan, hingga tim pemasaran sekalipun. Sehingga profesi data scientist akan populer dan banyak dibutuhkan di tahun 2023. Tugas dari profesi ini adalah menemukan sebanyak mungkin data yang mendukung solusi dari masalah kompleks yang dihadapi dunia bisnis. Tidak hanya sekadar mencari, data scientist juga harus memiliki kemampuan statistik, matematika, ilmu dasar ­programming, hingga penggunaan AI (Artificial Intellegence).

3. Data Analyst

Masih berkaitan dengan profesi sebelumnya, data analyst adalah profesi yang akan bekerja sama dengan data scientist. Tugas data analyst adalah menganalisis data yang ada untuk memproyeksikan dampak dari suatu solusi masalah. Termasuk membandingkan manfaat dari beberapa solusi sekaligus dan memprediksi hasilnya beberapa tahun ke depan. Sehingga kemampuan untuk menyajikan hasil analisis secara visual dan mudah dipahami adalah keharusan. Banyak bisnis yang membutuhkan profesi ini agar keputusan yang diambil semakin akurat dan valid.

4. Cloud dan AI Engineer

Tren untuk mengembangkan sistem operasional perusahaan berbasis Cloud dan AI sudah bergerak sejak beberapa tahun yang lalu. Cloud menjadikan proses penyimpanan data lebih fleksibel, skala besar, dan mudah dikembangkan. Sedangkan AI lebih fokus pada cara belajar dan mengenali suatu pola kemudian memecahkan masalah dengan kecerdasan manusia. Beberapa skill yang akan dibutuhkan adalah penggunaan machine learning, deep learning, Python, Torch, Linux, basis data, pemrograman, dan lain sebagainya.

5. Cyber Security

Berkaitan juga dengan penyimpanan data, cyber security juga menjadi profesi yang banyak dicari. Cepatnya perkembangan teknologi sayangnya juga diikuti dengan banyaknya model penyalahgunaan data. Baik data perusahaan maupun data konsumen yang bersifat privasi. Oleh karena itu, banyak perusahaan membutuhkan profesi ini untuk melindungi mereka dari akses ilegal. Beberapa tugas yang akan diemban adalah enkripsi program, analisis risiko kebocoran data berkala, hingga tindakan pencegahan dari pihak tidak bertanggung jawab.

6. Content Creator

Berkembangnya media sosial dan segala hal yang berkaitan dengan brand awareness yang pesat membuat konten yang diciptakan pun harus berkualitas. Sehingga profesi content creator seperti videographer dan editor video mulai populer dan banyak dibutuhkan. Selain kemampuan untuk mengedit footage menjadi video yang menarik, profesi ini juga harus memperhatikan tren atau fenomena yang sedang terjadi. Kepekaan isu sosial akan membuat teknik pengambilan gambar menjadi lebih maksimal.

7. UI/UX Designer

Tidak berhenti di situ, bisnis juga sudah banyak yang beralih pada pelayanan pelanggan melalui aplikasi mobile. Selain mudah digunakan bagi semua kalangan pengguna, aplikasi tersebut juga harus memenuhi kebutuhan pelanggan. UI Designer atau User Interface Designer adalah profesi yang akan merancang tampilan visual suatu aplikasi. Sedangkan UX Designer atau User Experience Designer akan merancang cara kerja dan pola interaksi pengguna selama memanfaatkan aplikasi nantinya. Sehingga kemampuan  coding dan ilmu dasar UI/UX harus dikuasai.

8. Human Resource

Sedikit beralih dari dunia teknologi, profesi lain dengan prospek kerja 2023 yang tinggi adalah Human Resource atau HR. Tugas HR tidak hanya soal perekrutan karyawan dan kesejahteraannya saja. Namun juga untuk mengelola karier dan pengembangan kompetensi karyawan. Biasanya hal ini dituangkan dalam perencanaan pelatihan karyawan yang menarik dan memiliki dampak panjang, baik bagi karyawan itu sendiri maupun bagi perusahaan pemberi kerja. Apalagi jika perusahaan telah memiliki anggota tim yang ahli, profesional, dan produktif, HR perlu membuat strategi agar mereka tetap bertahan di perusahaan tersebut.

9. Manajer Keuangan

Prospek kerja 2023 yang tak kalah banyak dibutuhkan adalah manajer keuangan. Lebih dari soal mengelola pencatatan keuangan, profesi ini lebih fokus pada pengelolaan investasi perusahaan. Mulai dari kebijakan belanja investasi, menjualnya, hingga menganalisis keuntungan yang akan didapatkan perusahaan dengan keputusan ekonomi yang diambil. Kemampuan dan kepekaan terhadap situasi ekonomi secara mendalam akan sangat dibutuhkan. Termasuk komunikasi dan manajemen risiko karena uang yang dikelola tentu tidak dalam jumlah yang kecil.

Bagaimana? Apakah ada salah satu profesi yang kamu impikan? Selain banyak dicari, semua prospek kerja 2023 di atas juga menjanjikan dalam hal pendapatan. Jadi akan jauh lebih bijak jika kamu mempersiapkannya dari sekarang. Jika jurusan kuliah kamu ternyata kurang sesuai, cobalah untuk mengikuti kursus dan/atau pelatihan yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Untuk menemani hari-harimu mempersiapkan skill dan mencari pekerjaan, pastikan kebutuhan energi harian tercukupi. Selain gaya hidup sehat, konsumsi suplemen penambah stamina juga akan meningkatkan kebugaran tubuh. Enervon Active hadir dengan kandungan vitamin kompleks dan mineral yang aman diminum setiap hari. Jangan sampai profesi impian kamu pupus karena tubuh yang kurang fit. Ayo dapatkan produknya yang asli dengan mengakses toko online Enervon sekarang juga.