Menikmati waktu libur bersama keluarga tentunya jadi momen yang paling ditunggu-tunggu di saat weekend atau musim liburan. Namun, mengajak anak traveling bersama pastinya akan merepotkan, apalagi jika usianya masih balita. Meski begitu, kamu tetap bisa memiliki quality time bersama pasangan dan anak selama berlibur dengan melakukan persiapan yang matang. Lalu apa saja yang sebaiknya dilakukan? Berikut telah terangkum berbagai tips aman dan nyaman saat traveling bersama anak yang bisa dicoba.

Tips Aman Ajak Anak Traveling

1. Memilih Destinasi Wisata yang Ramah Anak

Saat mengajak anak traveling, tentu kamu harus berkompromi dengan pilihan tempat-tempat wisata yang akan dituju. Pasalnya, anak-anak mudah merasa bosan dan tidak selalu nyaman jika diajak ke objek wisata tertentu.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kamu harus mau mengalah dan mengutamakan kenyamanan anak-anak terlebih dulu. Kamu bisa mengunjungi berbagai spot wisata ramah anak yang tentunya akan membuat mereka riang gembira. 

Apabila ingin mengajak anak untuk berwisata di alam terbuka, pilihlah waktu yang tepat supaya mereka tidak kegerahan atau terlalu lelah. Selain itu, pastikan anak memakai topi untuk melindungi diri dari sinar matahari, dan juga sepatu tertutup yang menunjang aktivitas anak menjadi lebih nyaman.

2. Perhatikan Moda Kendaraan yang Digunakan

Kamu mungkin harus menempuh jarak yang cukup jauh saat mengajak anak traveling. Nah, penting untuk memperhatikan moda transportasi yang akan dipakai agar perjalanan tetap terasa nyaman bagi anak-anak.

Jika kamu pergi liburan dengan membawa mobil sendiri, sebaiknya anak-anak duduk di car seat demi keamanan dan kenyamanan mereka. Namun, jika memilih transportasi umum, maka orang tua harus lebih cerdik dalam menyiasati suasana agar anak tidak rewel. Kamu bisa membawa beberapa mainan atau membacakan buku selama perjalanan agar anak-anak tidak cepat bosan.

3. Membawa Barang-Barang Secukupnya

Saat bepergian dengan anak, kamu mungkin ingin membawa semua barang yang nantinya mungkin diperlukan selama liburan. Namun, cobalah untuk menentukan barang apa saja yang sekiranya benar-benar diperlukan si kecil. 

Dengan memilih barang-barang seperlunya, kamu juga tidak akan kerepotan membawanya saat traveling, sehingga kamu bisa fokus menikmati waktu berlibur bersama keluarga dengan lebih nyaman.

4. Pisahkan Pakaian Anak dan Dewasa

Satu hal penting lainnya yang kamu sebaiknya lakukan saat mengajak anak traveling adalah memisahkan barang bawaan atau pakaian anak dengan milik orang dewasa. Hal ini akan memudahkan kamu saat harus mengganti baju atau mengeluarkan keperluan anak secara cepat. 

5. Pertimbangkan untuk Membawa Stroller

Liburan bersama seluruh keluarga memang sangat menyenangkan, tapi lagi-lagi kamu harus memikirkan kenyamanan anak di atas segalanya. Selama mengunjungi tempat-tempat wisata, mereka mungkin akan kelelahan dan tidak sanggup untuk diajak jalan-jalan dalam durasi waktu yang cukup lama. Apalagi jika usianya masih di bawah 5 tahun, saat lelah umumnya mereka akan merengek minta gendong.

Tentu kamu juga akan semakin kelelahan jika harus berkeliling sambil menggendong anak. Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk membawa stroller saat liburan bersama anak. Gunakan stroller lipat yang fleksibel dan tidak memakan tempat. Jika tidak ada, kamu bisa menyewa di tempat rental perlengkapan bayi dan balita.

6. Ikuti Jam Tidur Anak Seperti Biasanya

Anak-anak mungkin terbiasa tidur siang di jam-jam tertentu. Meskipun kamu ingin waktu liburan bisa dinikmati secara maksimal, tapi jangan sampai mengorbankan jam tidur siang anak ya!

Tetap penuhi kebutuhan tidur mereka seperti biasanya supaya tidak rewel nantinya. Selain itu, cara ini juga bermanfaat untuk menjaga stamina anak-anak, jadi mereka akan tetap fit saat diajak berpetualang kembali di hari berikutnya.

7. Pilih Hotel/Penginapan yang Ramah Anak

Apabila memungkinkan, kamu bisa memilih hotel atau penginapan yang ramah anak. Artinya, pihak hotel menyediakan fasilitas yang mendukung kenyamanan anak-anak seperti playground, kolam renang anak, menu makanan untuk anak-anak dan sebagainya. 

Namun, jika hal ini tidak bisa diwujudkan, maka membawa mainan anak bisa jadi alternatif lain untuk membuat mereka tetap nyaman saat berada di tempat asing.

8. Membawa P3K Anak

Meski tidak mengharapkan hal buruk terjadi, tapi sebaiknya kamu tetap membawa peralatan P3K saat berlibur untuk berjaga-jaga. Bawalah obat-obatan yang sering dikonsumsi atau dipakai anak seperti obat penurun panas, salep, antiseptik, dan lain-lainnya. Paling tidak, kamu akan lebih siap dan merasa aman jika terjadi sesuatu pada anak saat liburan nanti.

9. Meminta Bantuan Seseorang untuk Menjaga Anak

Apabila kamu dan pasangan masih merasa kewalahan untuk bergantian menjaga anak saat pergi berlibur, maka pertimbangkan juga untuk meminta bantuan orang lain. Kamu bisa mengajak keluarga, saudara, teman, kerabat, atau baby sitter untuk mendukung perjalanan wisatamu nanti menjadi lebih nyaman. 

Selain memikirkan tips aman dan nyaman saat mengajak anak traveling, kamu juga harus memperhatikan dirimu sendiri dengan menjaga kesehatan tubuh supaya tetap fit saat beraktivitas selama liburan.

Konsumsi Enervon C Effervescent selama liburan akan membantu menjaga daya tahan tubuh supaya tetap prima dan tidak capek lho! Enervon C Effervescent adalah suplemen vitamin dan mineral yang dilarutkan ke dalam 1 gelas air saat mengonsumsinya. 

Di dalamnya terkandung kombinasi vitamin C dan vitamin B kompleks yang membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin, menambah daya tahan tubuh, dan mempercepat proses recovery pasca sakit.

Konsumsi Enervon C Effervescent 1 kali sehari cukup untuk menjaga vitalitas tubuh supaya tetap sehat dan semangat saat traveling bareng keluarga. Tunggu apalagi, dapatkan produknya sekarang juga dengan klik di sini.