Peluang untuk menghasilkan cuan bisa datang dari mana saja lho, bahkan dari rumah sekalipun. Bagaimana caranya? Mudah saja, jika kamu adalah seorang IRT yang ingin tetap cuan sambil mengasuh anak, ada banyak cara untuk bisa mewujudkannya. Menariknya, kamu bisa melakukan hal ini hanya dengan modal minim hingga tanpa modal sama sekali! Yuk intip apa saja ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan dari rumah berikut ini!

Berbagai Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

1. Content Writer/Penulis Lepas

Jika kamu suka menulis, maka cobalah untuk menekuni dunia tulis-menulis dan menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas atau content writer. Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk konten bisnis atau perusahaan, menulis iklan, membuat skrip, dan lain-lain. 

Bagi yang belum memiliki pengalaman jangan khawatir, kamu bisa bergabung dengan komunitas penulis terlebih dulu. Namun, jika kamu cukup pede dengan tulisanmu dan berniat untuk apply job di berbagai perusahaan yang membutuhkan, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Selain bisa dikerjakan dari rumah dan dari mana saja, kamu hanya perlu menyediakan laptop dan koneksi internet untuk memulainya. Selamat mencoba ya!

 

2. Jasa Kerajinan Tangan

Momen-momen penting seperti ulang tahun, wisuda, perayaan Idul Fitri, Natal, Imlek, dan lain-lain membuka peluang bisnis tertentu yang sangat menjanjikan lho! Kamu jangan sampai ketinggalan!

Pada berbagai momen tersebut, banyak orang yang berbagi karangan bunga, suvenir, parsel, bingkisan, dan lain-lain. Nah, kesempatan ini jangan sampai kamu lewatkan ya! Untuk menjalankan usaha ini, kamu juga tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak. 

Hanya saja, dibutuhkan kreativitas supaya hasil karyamu bisa tampil lebih unik dan menarik sehingga bisa bersaing dengan yang lainnya.

 

 

3. Buka Jasa Katering

Buat kamu yang hobi masak, hal ini jangan disia-siakan! Mulailah bangun bisnismu sendiri dari dapur rumah dengan usaha minim modal bahkan bisa tanpa modal sama sekali! Kamu bisa membuka jasa katering dan menerima pesanan nasi box, menu prasmanan, kue basah dan kering, dan lain-lainnya.

Biasanya pembeli harus menyerahkan DP sekian persen saat memesan sesuatu. Nah, kamu bisa memanfaatkan uang muka tersebut untuk modal dalam membuat hidangan yang dipesan. Untuk urusan promosi, kamu bisa melakukannya secara offline maupun online

Caranya bagaimana? Mudah saja kok! Kamu bisa membuat tester atau sampel makanan dan membagikannya saat arisan, kumpul keluarga atau teman, sehingga mereka tahu kelezatan masakanmu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan promosi via media sosial untuk menjangkau customer secara lebih luas lagi!

 

 

4. Reseller/Dropshipper

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini sudah banyak dijalani oleh banyak ibu-ibu karena menjanjikan cuan yang cukup menggiurkan. Apalagi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, kamu bisa jualan kapan saja dan di mana saja lewat ponsel pribadi.

Ada dua opsi jualan yang bisa kamu pilih yaitu jadi reseller atau dropshipper. Jika pilih menjadi reseller, kamu harus punya stok barang dulu dan melakukan packing pesanan secara mandiri. Jadi, kamu harus punya cukup modal dan waktu ekstra untuk memulainya.

Jika kamu memilih dropshipper, bisnis ini bisa kamu mulai tanpa modal sama sekali lho! Cara kerjanya pun cukup mudah karena kamu hanya perlu fokus untuk menawarkan barang dari supplier ke pembeli. Apabila mendapat pesanan, kamu tinggal menunggu pembayaran dan meneruskannya ke supplier. Urusan packing pesanan pun akan jadi tanggung jawab supplier, sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk kirim-kirim barang ke konsumen.

 

5. Les Mata Pelajaran/Bimbingan Belajar

Opsi berikutnya yang bisa kamu jadikan ladang cuan adalah menjadi guru les. Saat ini, permintaan akan bimbingan belajar untuk anak-anak cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Menjalankan bisnis ini tidak terlalu menyita waktu dan bisa kamu lakukan dari rumah. Poin plus bagi kamu yang sangat menguasai ilmu matematika dan bahasa Inggris karena banyak orang tua yang membutuhkan bimbingan belajar untuk dua mata pelajaran tersebut bagi anak-anaknya.

 

 

6. Laundry Kiloan

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dicoba. Kamu bisa memulai bisnis laundry kiloan dari rumah. Agar lebih menarik minat konsumen, kamu juga bisa menawarkan layanan pick up barang sehingga mereka tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mengantarkan pakaian kotor yang ingin dicuci.

Apabila di rumah ada mesin cuci, tentu hal ini jadi nilai tambah karena kamu tidak perlu keluar modal lagi untuk membelinya. Jika posisi rumahmu berada di pinggir jalan, maka hal ini akan lebih menguntungkan karena lokasinya sangat strategis untuk membuka bisnis laundry kiloan tersebut.

 

 

Memulai usaha sampingan ibu rumah tangga juga membutuhkan tenaga. Oleh karena itu, kamu juga harus menyiapkan fisik yang kuat dan stamina yang prima demi kelancaran bisnis. Dukung aktivitas bisnismu dengan rutin mengonsumsi Enervon-C Effervescent.

Enervon-C Effervescent adalah multivitamin dan mineral yang bisa kamu larutkan dalam segelas air yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh. Di dalamnya terkandung kombinasi vitamin C 1000mg dan vitamin B kompleks yang tak hanya menjaga vitalitas tubuh, tapi juga penuhi kebutuhan vitamin dan bantu mempercepat proses penyembuhan setelah sakit.

Ayo konsumsi Enervon-C Effervescent 1 kali sehari sekarang juga dan rasakan manfaatnya di tubuhmu! Dapatkan produk Enervon-C Effervescent hanya di official store terpercaya yang ada di Shopee atau Tokopedia