Bekerja di luar ruangan tentu sangat melelahkan. Apalagi saat harus berhadapan dengan panasnya terik matahari atau dinginnya hujan. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pekerja outdoor. Lalu bagaimana cara menghilangkan lelah setelah bekerja?

Namun, bagi kamu yang bekerja di dalam ruangan, pastinya juga merasakan rasa lelah yang sama saat harus bekerja seharian. Selain berjibaku dengan deadline yang padat, kamu juga harus duduk berjam-jam di kursi yang tentunya bikin badan letih.

Saat hal ini terjadi, apa yang biasanya kamu lakukan? Ada banyak hal yang bisa kamu coba untuk mengusir rasa lelah, bahkan dengan cara-cara yang sederhana. Yuk cari tahu berbagai caranya dengan membaca artikel di bawah ini!

 

Cara Menghilangkan Lelah setelah Bekerja

Merasa lelah setelah bekerja seharian adalah hal yang normal. Namun, sebaiknya kamu mencari cara untuk memulihkan tenaga agar rasa letih tersebut tidak memengaruhi produktivitas harian dan juga kesehatan diri. Nah, apabila kamu akhir-akhir ini sering mengalaminya, simak beberapa cara menghilangkan lelah setelah bekerja di bawah ini.

 

1. Membasuh Wajah dengan Air Dingin

Pekerjaan yang menumpuk seakan tiada habisnya kerap kali membuatmu lelah dan ingin menyerah saja. Sayangnya, kamu belum bisa pulang sebelum semua pekerjaan tersebut diselesaikan. Tenang, supaya tetap bisa fokus dan merampungkan semua tugas-tugas tersebut, ambil jeda waktu sejenak dan cobalah untuk membasuh wajah dengan air dingin.

Dengan cara ini, spontan kamu akan merasakan suntikan energi dan merasa lebih segar dari sebelumnya. Selanjutnya, jangan langsung kembali ke meja kerja dulu, tapi pergilah ke luar ruangan sejenak untuk merasakan udara sejuk yang berhembus. Meski terdengar sepele, tapi cara ini cukup efektif untuk menambah semangat dan kemampuan fokusmu.

 

2. Berendam dengan Air Hangat

Cara menghilangkan lelah setelah bekerja yang cukup ampuh berikutnya adalah mandi dengan air hangat. Kamu bisa berendam di dalam bak berisi air hangat untuk mengusir rasa letih setelah seharian beraktivitas. 

Selain membuat otot-otot rileks, hal ini juga bisa membuat pikiran lebih fresh dan damai. Untuk menambah sensasi relaksasi bagi tubuh dan pikiran, kamu bisa menambahkan aromaterapi dan mendengarkan musik yang menenangkan. 

 

 

3. Segera Tidur

Tidur adalah jalan pintas termudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa capek di badan. Normalnya, orang ingin buru-buru pulang untuk segera tidur saat merasa kelelahan. Namun, alangkah lebih baik jika kamu mandi terlebih dahulu supaya lebih bersih dan bisa tidur lebih nyaman. 

 

4. Memanfaatkan Jam Istirahat untuk Tidur Siang

Manfaatkan waktu istirahat di kantor untuk beristirahat dan tidur siang sejenak. Jika biasanya kamu diberi waktu 1 jam untuk istirahat siang, maka gunakan 15 hingga 30 menitnya untuk tidur. 

Kamu bisa melakukannya dengan beristirahat di meja kerja atau mencari tempat yang bisa dipakai untuk rebahan. Meski hanya sebentar saja, tapi hal ini bisa menambah tenagamu saat kembali bekerja lho!

 

 

5. Beri Tubuh Pijatan 

Lelah karena seharian bekerja biasanya diikuti dengan rasa pegal-pegal di tubuh. Nah, kamu bisa meredakannya dengan memberi tubuh sedikit pijatan. Kamu bisa meminta tolong orang rumah untuk memijat bagian tubuh tertentu atau datang ke tempat-tempat yang menawarkan jasa pijat. Meski harus mengeluarkan biaya, tapi hal ini sepadan dengan rasa rileks yang akan kamu dapatkan.

 

6. Minum Teh Hangat

Setelah membersihkan diri dengan mandi atau berendam dengan air hangat, cobalah untuk menikmati secangkir teh hangat juga. Hangatnya minuman teh tak hanya terasa nikmat tapi juga menenangkan serta membuat tubuh lebih rileks. 

Hal ini akan lebih menyenangkan jika kamu melakukannya sambil bercengkerama bersama keluarga di rumah. Rasa lelah pun seketika sirna dan kamu bisa menyempatkan diri untuk membangun quality time bersama keluarga dengan cara yang sederhana.

 

 

7. Miliki Pola Makan Sehat

Saat tubuh merasa capek, biasanya akan dibarengi dengan rasa lapar yang tak terhingga, sehingga kamu ingin menyantap apa pun yang bisa mengenyangkan. Meskipun makanan adalah sumber energi utama untuk tubuh, sebaiknya utamakan untuk menyantap hidangan yang tak hanya sekadar bikin kenyang, tapi juga menyehatkan.

Ubah pola makanmu dan biasakan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan protein, vitamin, mineral, lemak, dan juga karbohidrat kompleks.

 

8. Penuhi Asupan Cairan di Tubuh

Jika kamu tipikal orang yang gampang capek, bisa jadi penyebabnya adalah kekurangan asupan cairan. Pasalnya, kekurangan cairan rentan membuat tubuh dehidrasi, sehingga akhirnya jadi mudah lelah.

Umumnya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Namun, jika aktivitasmu cukup berat, maka bisa menambahkannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selain air putih, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan cairan harian dengan konsumsi buah yang kaya air, minum jus buah-buahan, atau menenggak infused water.

 

9. Rutin Berolahraga

Sudah capek malah disuruh olahraga? Gak salah? Tentu tidak! Rajin berolahraga justru memberikan banyak manfaat bagi tubuh kamu lho! Pasalnya, aktivitas fisik akan meningkatkan metabolisme di tubuh, memperbaiki mood, bahkan bikin tidurmu jadi lebih nyenyak dan berkualitas! Bye-bye insomnia!

Dengan demikian tubuhmu akan menjadi bugar dan gak gampang capek lagi. Tenang, untuk memulainya kamu bisa pilih olahraga yang ringan-ringan saja seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar area rumah.

Lakukan hal ini secara bertahap dengan meluangkan sedikit waktu setiap hari dan perlahan-lahan menambah durasinya sampai akhirnya menjadi sebuah habit. Yuk mulai berolahraga  dari sekarang!
 

 

 

Sembilan cara menghilangkan lelah setelah bekerja di atas memang cukup efektif untuk dilakukan. Namun, kamu juga sebaiknya rutin mengonsumsi multivitamin dan mineral tambahan seperti Enervon Active!

Enervon Active adalah multivitamin terbaik dengan kandungan ENERZINC, yang bisa kamu konsumsi setiap hari lho! Selain jadi gak gampang capek, multivitamin yang satu ini juga efektif bantu pembentukan energi di tubuh karena mengandung Non-acidic Vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan juga Zinc. 

Kamu juga tidak perlu khawatir karena Enervon Active gak akan buat ketagihan serta aman bagi lambung. Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan produk Enervon Active sekarang juga dan miliki gaya hidup aktif setiap hari! Dapatkan produk-produk aslinya dengan mengunjungi official store di Shopee atau Tokopedia berikut!