Bagi sebagian orang, liburan adalah soal merasakan atraksi, pemandangan unik atau menakjubkan, hingga pergi ke tempat yang menenangkan. Namun sebagian yang lain merasa liburan juga harus penuh makna bersama orang terkasih. Salah satu tujuan lain yang biasanya ditemukan saat jalan-jalan dengan keluarga adalah liburan sambil belajar. Apalagi jika mengajak anak-anak pada masa tumbuh kembang dan rasa ingin tahu yang besar. Banyak objek wisata yang menawarkan keseruan belajar sambil bermain. Berikut ini adalah daftar wisata edukasi di berbagai daerah yang bisa Moms coba bersama buah hati.

Wisata Edukasi Tuk Liburan Sambil Bermain

1. TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Tempat wisata edukasi pertama yang direkomendasikan adalah Taman Mini Indonesia Indah atau TMII di DKI Jakarta. Sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang berdiri sejak 1972, lokasi ini menjadi paket lengkap liburan sambil belajar. Kenapa? Anak-anak dapat mengenal kayanya budaya Indonesia dari semua provinsi dalam satu area. Mulai dari rumah adat, pakaian tradisional, hingga pertunjukan seni budaya daerah jika jadwalnya tepat. Tidak hanya itu, Moms dan keluarga juga bisa mengunjungi bagian lain yang tak kalah seru, seperti museum listrik, museum perangko, dan museum transportasi. Karena pertunjukan seni bisa berubah sewaktu-waktu, pastikan kamu mengecek halaman resmi TMII yang terbaru.

 

2. Planetarium dan Observatorium

Sumber: Google oleh Jakarta Tourism

Jika anak-anak suka dengan bidang pelajaran astronomi atau ilmu tentang benda langit, maka planetarium adalah pilihan yang tepat. Planetarium adalah teater yang menampilkan simulasi terbentuknya bintang dan hubungannya dengan benda langit lain. Di Indonesia, terdapat tiga planetarium yang harus dikunjungi. Pertama dan paling awal berdiri adalah planetarium dan observatorium di Jakarta, tepatnya di daerah Taman Ismail Marzuki. Tidak hanya menyaksikan video edukasi, anak-anak juga bisa menikmati pameran benda ruang angkasa yang keren. Kemudian planetarium kedua ada di Kalimantan Timur bernama Jagad Raya Tenggarong. Lalu yang terakhir ada di Krembangan, Surabaya bernama Loka Jala Crana. Kunjungi salah satunya ya!

 

3. Kidzania

Sumber: Google oleh Bintang Firdaus

Sesuai dengan tumbuh kembang yang cepat dan keingintahuan yang besar, anak-anak juga aktif mencoba banyak hal. Kidzania menjadi tempat liburan sambil belajar untuk anak-anak tentang profesi-profesi umum yang dimiliki orang dewasa. Tidak hanya melihat contoh lingkungan kerja, anak-anak juga bisa praktik langsung beberapa jenis tugas yang diemban. Terdapat puluhan jenis profesi yang bisa dicoba di sana. Tidak hanya mengajak anak aktif mencoba hal baru, objek wisata ini juga membantu anak mengenali minat dan bakatnya. Beberapa contoh profesi yang ditawarkan adalah arkeolog, peneliti sains, penyiar radio, farmasis, pelayanan internet, pengacara, akademi penerbangan, dan masih banyak lagi keseruan lainnya.

 

4. Taman Pintar

Sumber: Google oleh Wisata Jogja

Tempat wisata berikutnya adalah Taman Pintar di Yogyakarta, dekat dengan Museum Benteng Vredeburg. Sesuai dengan namanya, destinasi ini memungkinkan anak-anak belajar sambil bermain banyaknya alat peraga di sana. Jadi anak-anak tidak hanya membaca penjelasan ilmiahnya saja, tapi juga ikut berinteraksi dengan permainan tersebut. Dalam satu area besar tempat ini dibagi menjadi beberapa zona, yaitu zona minyak dan bumi, zona dino, zona pengolahan sampah, zona tata surya, zona air, zona Indonesiaku, dan masih banyak lagi lainnya. Ditambah dengan area playground yang tidak meninggalkan unsur ilmu pengetahuan di dalamnya.

 

5. Jatim Park

Sumber: Google oleh Riska Ramadani

Lokasi wisata edukasi yang satu ini benar-benar luas dan bisa dibilang terlengkap se-Jawa Timur. Berlokasi di Batu, Malang, Jatim Park merupakan wahana bermain yang terdiri dari 4 bagian utama dengan tema berbeda. Khusus pada Jatim Park 2, Moms dan anak-anak bisa menikmati kebun binatang dengan koleksi satwa lengkap. Lalu ada juga museum satwa untuk melihat bentuk hewan yang telah diawetkan lebih dekat. Jangan lupa juga mengunjungi Jatim Park 1, 3, dan 4 untuk merasakan keseruan liburan sambil belajar yang maksimal.

 

6. The Bagong Adventure

Sumber: jtp.id

Masih ada di Malang, The Bagong Adventure menawarkan keseruan menjelajahi tubuh manusia. Kok bisa? Bangunan unik dengan konsep tubuh Bagong ini terdiri dari 6 lantai yang setiap lantainya memiliki beberapa zona bermain dan belajar. Seperti bagian tubuh manusia, pengunjung dapat menjelajahi zona mulut, zona otak, zona pembuluh darah, dan 10 zona lain yang tak kalah keren. Tidak berhenti di situ, Moms dan anak-anak juga dapat merasakan simulasi sederhana menjadi dokter. Bahkan ada juga pemeriksaan kesehatan pada bagian The Value Adventure. Lokasinya yang masih satu komplek dengan Jatim Park membuat perpindahannya lebih singkat. Menarik sekali, bukan?

 


Selain keenam wisata edukasi di atas, sebenarnya masih banyak lagi cara untuk menikmati liburan sambil belajar bersama anak-anak. Misalnya dengan mengajak mereka jalan-jalan ke lingkungan pedesaan, kebun binatang, hingga perkebunan buah dan sayur. Selain mengenalkan banyak hal baru, anak-anak juga bisa aktif turun tangan langsung mencoba hal seru tersebut.

 


Tips utama bagi Moms saat liburan dengan anak-anak adalah menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Anak-anak cenderung akan lebih aktif ketika berada di lingkungan baru. Sehingga Moms harus bisa mengimbangi keaktifan mereka dengan stamina tubuh yang fit. Konsumsi Enervon-C Tablet sebagai suplemen peningkat imunitas tubuh. Dengan kandungan vitamin kompleks dan mineralnya, Moms dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian. Karena aman diminum setiap hari, jangan tunggu saat tubuh lemah ya. Agar tak kehabisan, dapatkan produk yang asli melalui official store Enervon di Tokopedia atau Shopee sekarang juga.

 

Sumber gambar header: Tamanmini.com